Duh, Sticker Instagram ‘ADD YOURS” Bisa Curi Informasi Pribadi

  • Bagikan
Fitur Instagram Add Yours. Instagram menyebut akan menghapus konten stiker Add Yours yang mengumpulkan dan membagikan data pribadi.(dok. Instagram)
Fitur Instagram Add Yours. Instagram menyebut akan menghapus konten stiker Add Yours yang mengumpulkan dan membagikan data pribadi.(dok. Instagram)

Belakangan banyak pengguna Instagram yang meramaikan tren di Instagram Stories. Tren itu memanfaatkan fitur baru, yakni “Add Yours” atau “Balasan Anda”.

Fitur stiker Add Yours  masih dalam tahap uji coba di Indonesia dan Jepang mulai bulan Oktober lalu. Dengan stiker ini, pengguna bisa memulai tren atau tantangan baru, baik berupa foto atau video melalui Instagram Stories.

Nantinya, followers (pengikut) bisa membalas dengan membagikan foto/video sesuai topik yang sedang diangkat lewat stiker. Sebagai contoh, pengguna ditantang membagikan tangkapan layar HP, fesyen hari ini, atau masakan favorit.

Maka siapaun followers yang melihat following (akun yang diikuti)-nya memasang tren stiker Add Yours Instagram Stories, bisa ikut membalas dengan mengirim foto atau video sesuai tantangan yang diminta.

Tampak menarik bukan? Apalagi, pengguna tidak cuma bisa ikut membagikan foto atau video saja. Mereka juga bisa melihat-lihat balasan dari peserta yang ikut tantangan ini, asalkan akunnya bersifat publik, sehingga orang bisa menonton unggahanya di Instagram Strories.

Akan tetapi, pengguna Instagram perlu berhati-hati dan lebih bijak untuk ikut tren stiker Add Yours. Pasalnya, beberapa topik tantangan stiker Add Yours ditengarai bisa menjadi “jebakan”.

Misalnya, Anda ditantang menyebutkan kota asal, kota tempat tinggal, di mana saja Anda pernah tinggal dan informasi lain yang merujuk pada jejak lokasi.

Kemudian ada tantangan lain yang meminta peserta menyebut nama panjang anak atau pasangannya, usia mereka, bahkan tanggal lahir mereka.

Ada pula tantangan untuk mengungkap nama panggilan semasa kecil atau panggilan akrab di tempat nongkrong atau tempat kerja. Tampak asyik, lantas apa yang bikin panik?

Berisiko dimanfaatkan pelaku kejahatan

Menurut pakar keamanan siber dari lembaga riset nonprofit CISSReC, Pratama Persadha, informasi “kecil-kecil” yang dikumpulkan dari tren stiker Add Yours Instagram Stories di atas bisa dimanfaatkan untuk profiling.

Stiker Add Yours yang Kumpulkan Data Pribadi Bakal Dihapus Instagram

Instagram menyebut akan hapus konten yang membagikan dan mengumpulkan informasi identitas pribadi yang bermunculan menggunakan stiker Add Yours di Instagram Stories.

Baca Juga  Bisa Hapus Foto Multiple Pada Fitur Baru Instagram

Perwakilan Meta Indonesia mengatakan akan menghapus sederet informasi pribadi yang menyebabkan kerugian fisik hingga kerugian keuangan, tempat tinggal dan medis. Tak luput, pihaknya juga akan menghapus informasi pribadi yang diperoleh dari sumber ilegal.

“Kami akan menghapus konten yang membagikan, menawarkan, serta mengumpulkan informasi identitas pribadi atau informasi pribadi lainnya yang dapat menyebabkan kerugian fisik atau keuangan, seperti informasi keuangan, tempat tinggal dan medis, serta informasi pribadi yang diperoleh dari sumber ilegal,” ujar Meta melansir CNNIndonesia.com lewat pesan teks, Selasa (23/11) sore.

Fitur Add Yours diketahui merupakan tools terbaru yang bisa digunakan di Instagram Story. Lewat Add Yours, pengguna bisa saling berbalas pesan lewat postingan Instagram Story. Belakangan, fitur itu kerap dijadikan kuis atau challange oleh para pengguna.

Meta menilai privasi dan keamanan informasi data pribadi pengguna merupakan hal fundamental yang sangat penting bagi Instagram. Pihaknya berupaya untuk menjaga informasi dan identitas pribadi pengguna.

Lebih lanjut ia juga tak memperbolehkan pengguna memposting informasi pribadi atau bersifat rahasia, baik tentang diri mereka sendiri maupun orang lain.

Sebelumnya sebagian pengguna mengeluhkan bahwa lewat fitur Add Yours berpotensi menjadi celah kebocoran data hingga menjadi modus operandi di jagat maya. Salah satu pengguna membeberkan bahwa rekannya baru saja menjadi korban kejahatan yang diduga imbas penggunaan kuis di Add Yours di Instagram Stories.

Lewat akun Twitter @ditamoechtar, ia menjelaskan bahwa rekanya diminta sejumlah uang untuk ditrasfer. Dita mengatakan rekannya itu percaya mengirimkan uang, lantaran penipu memanggilnya dengan nama panggilan akrab.

Diduga, nama panggilan akrab itu diambil ketika korban mengikuti challenge di Instagram.

Konteks penipuan lewat fitur Add Yours pun diungkapkan salah satu kreator konten Eza Hazami. Ia menyebut bahwa fitur Add Yours dengan mudah membuat pengguna latah memberikan data pribadi.

Baca Juga  10 HP Realme 1 Jutaan Terbaik dan Berkualitas

“Enggak sekalian besok-besok masukin nama Ibu Kandung, sama 3 nomor belakang CVV/CVC kamu?” tulis Eza, Selasa (23/11).

Unggahan tersebut pun direspons beragam oleh netizen. Namun, sebagian di antaranya mengaku sempat menerima komunikasi mencurigakan usai mengunggah dan ikut fitur Add Yours di Instagram.

Pakar keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya mengatakan bahwa fitur Add Yours bukan menjadi akar masalah dalam modus kejahatan. Kecerobohan pengguna lah yang menjadi penyebab dari maraknya kejahatan rekayasa sosial itu.

Alfons menjelaskan biasanya dari sisi ancaman pengguna tak banyak yang menyadari bahwa individu telah membagikan informasi yang bersifat rahasia, lewat kuis atau fitur tambahan seperti contohnya Add Yours.

Ia menyarankan pengguna media sosial agaknya lebih sensitif dan menghindari untuk membagikan data kependudukan yang sifatnya pribadi. Hal itu lantaran dapat berpotensi melancarkan aksi kejahatan lewat rekayasa sosial.

  • Bagikan