Iqro PDF Jilid 1 sampai 6, Cara Cepat Membaca Al-Quran

  • Bagikan
Iqro PDF Jilid 1 sampai 6, Cara Cepat Membaca Al-Quran
Iqro PDF Jilid 1 sampai 6, Cara Cepat Membaca Al-Quran

Dijaman yang serba online seperti saat ini, hampir semua hal dapat kita cari melalui internet, termasuk juga Iqro. Pada artikel ini kami akan membagikan Iqro lengkap mulai jilid 1 sampai jilid 6 dalam bentuk pdf atau iqro.pdf untuk membantu kalian yang sedang mencari Iqro.

Buku Iqro yang akan kami bahas dan berikan pada artikel ini adalah Buku Iqro Karya KH. As’ad Humam.

APA ITU BUKU IQRO?

Buku Iqra’ merupakan buku panduan simpel buat memudahkan berguru membaca Al- Alquran dengan kilat serta instan. Buku panduan ini digunakan oleh sebagian besar pengajar Al- Alquran di Indonesia apalagi sampai penjuru Asean, Malaysia serta sebagian negeri yang lain pula memakainya.

Dengan tata cara yang instan serta simpel diterapkan, buku ini muat panduan langkah demi langkah berguru menguasai bahasa AlQuran. Diawali dari memahami karakter sampai rangkaian karakter yang simpel serta sehabis itu dilanjutkan ketahap yang lebih lingkungan. Buku Iqra tipe cetak sangat banyak di toko buku dengan harga yang relative murah, Buku Iqro dicetak dengan alterasi corak warni cover yang menarik atensi anak Taman Kanak-kanak Al- Qur’ an.

Buku Iqro’ terdiri dari 6 jilid, di mulai dari tingkatan yang simpel, sesi demi sesi sampai pada tingkatan yang sempurna. Di mana dalam tiap jilidnya ada petunjuk mengajar dengan tujuan buat meudahkan tiap partisipan didik( santri) yang hendak memakainya, ataupun ustadz/ ustadzah yang hendak mempraktikkan tata cara tersebut kepada santrinya.

Baca Juga  Surah Al Kaafiruun

Tata cara iqro; ini tercantum salah satu tata cara yang lumayan diketahui digolongan warga, lantaran yakni tata cara ini telah universal digunakan ditengah- tengah masayarakat Indonesia. Dahulu saat sebelum terdapat tata cara iqro, metoda yang digunakan buat berguru membaca alquran biasanya memakai Juz‘ Amma serta Turutan

Tata cara IQRO’

Tata cara iqro’ merupakan sesuatu tata cara membaca Al- Qur’ an yang menekankan pribadi pada latihan membaca, Ada pula proses penerapan pendidikan tata cara ini berlangsung lewat tahap- tahap bagaikan berikut: Ath Thoriqah bil Muhaakah, yakni ustadz/ ustadzah membagikan pola teks yang benar serta santri menirukannya.

Ath Thoriqah bil Musyaafahah, yakni santri memandang gerak- gerik bibir ustadz/ uztadzah serta demikian pula kebalikannya ustadz/ ustadzah memandang gerak gerik mulut santri buat mengarahkan makhorijul karakter dan menhindari kesalahan dalam pelafalan huruf, ataupun buat memandang apakah santri telah pas dalam melafalkannya ataupun belumAth Thoriqoh Bil Kalaamish Shoriih, yakni ustadz/ ustadzah harusmenggunakan perkataan yang jelas serta komunikatif Ath thriqah bus Sual Limaqoo Shidit Ta’ limi, yakni ustadz/ ustadzah mengajukan pertanyaan- pertanyaan serta santri menanggapi ataupun ustadz/ ustadzah menunjuk bagian- cuilan karakter tertntu serta santri membacanya.

Pengenalan Dasar Huruf Hijaiyah

Pengertian Huruf Hijaiyah sendiri ialah huruf yg ejaannya bahasa arab sebagai bahasa asli Al Qur’an, bisa dikatakan bahwa Huruf Hijaiyah seperti Huruf Abjad (A B C D E) di dalam Bahasa Indonesia, sehingga jika kalian ingin lancar dalam membaca Al Qur’an maka kalian harus belajar dan mengerti akan Huruf Hijaiyah dan ejaannya.

Adapun untuk pengenalan dasar tentang Huruf Hijaiyah disini, bahwa Huruf-Huruf Hijaiyah yang digunakan didalam Kitab Suci Al Qur’an terdapat 29 Macam dan jumlah huruf hijaiyah tersebut sudah termasuk Alif.

Baca Juga  Surat Al Fatihah

Berikut ini kami perlihatkan huruf hijaiyah yang pertama sekali dipelajari oleh pemula.

Mengenal Tanda Baca (Harakat)

Kemudian didalam Cara Belajar Membaca Al Qur’an Secara Cepat kedua setelah mempelajari Huruf Huruf Hijaiyah ialah harus mengenal dan mempelajari tanda baca atau harakat didalam Al Qur’an.

Hal tersebut dikarenakan Tanda Baca (Harakat) ini berfungsi untuk menentukan bagaimana Huruf-Huruf Hijaiyah didalam Al Qur’an diucapkan atau dilafalkan. Sebagai contohnya jika didalam Bahasa Indonesia terdapat A I U E O, dan Tanda Baca (Harakat) didalam Al Qur’an (Bahasa Arab) sendiri antara lain

Tanda Baca Fathah, Tanda Baca Alif Khanjariah, Tanda Baca Kasrah, Tanda Baca Dammah, Tanda Baca Sukun, Tanda Baca Tasydid, Tanda Baca Tanwin dan Tanda Baca Wasal. Adapun untuk pengenalan lebih detail mengenai Tanda Baca Harakat ini, kalian bisa mencarinya Buku Tajwid Al Qur’an yang banyak di Jual di Toko Buku, atau bisa tanya (belajar) langsung ke Ustad disekitar anda.

Mengenal Bacaan Tajwid Al Qur’an

Lalu langkah Cara Belajar Membaca Al Qur’an dengan lancar selanjutnya ialah dengan lebih mengenal Bacaan – Bacaan Tajwid Al Qur’an, dan Ilmu Bacaan Tajwid Al Qur’an ini adalah ilmu yang digunakan untuk mengetahui bagaimana membunyikan Huruf-Huruf (Bacaan) Al Qur’an secara baik dan benar.

Seperti dibacakan secara Mendengung, Samar Samar atau Jelas. Secara sederhana bahwa Bacaan Tajwid ini bisa dikatakan sebagai Grammar nya didalam Bahasa Inggris, dan adapun Grammar didalam Bahasa Arab sendiri (Macam-Macam Bacaan Tajwid) antara lain Bacaan Idzhar, Bacaan Idgham, Bacaan Iqlab dan masih banyak yang lainnya.

Sangat direkomendasikan oleh kami bahwa jika kalian ingin lebih mengenal dan memahami tentang Bacaan-Bacaan Al Qur’an maka sangat baik sekali jika kalian sebagai seorang Muslim Muslimah untuk membeli Buku-Buku tentang Bacaan Tajwid Al Qur’an yang banyak di Jual di Toko Buku, dan setelah itu bisa juga dengan belajar secara langsung dengan Ustad disekitar rumah kalian.

Baca Juga  Surat Yasin, Arab, Latin, Terjemahan dan PDF

Belajar Secara Sunguh-Sungguh dan Rajin

Kemudian untuk Cara Belajar Membaca Al Qur’an Bagi Pemula agar cepat lancar selain langkah langkah diatas ialah, harus belajar dengan sungguh sungguh, rajin dan tidak putus asa karena harus selalu diingat bahwa didalam belajar membaca Al Qur’an itu termasuk kedalam Ibadah dan akan mendapatkan Pahala.

Oleh karena itu, sudah sangat pasti bahwa Ikhtiar tersebut pastinya akan selalu diganggu oleh Setan dan pasti akan selalu ada halangannya seperti Malas, Mengantuk dan lain lain. Namun harus selalu diingat sekali lagi bahwa ini termasuk kedalam Ibadah dan akan mendapatkan Pahala sehingga kalian harus belajar secara ikhlas dan rajin.

Saran kami, ada baiknya bagi kalian untuk membeli Buku Buku terkait Bacaan Tajwid, Kasrah dan Huruf Hijaiyah agar kalian bisa belajar dan cepat hafal bacaan tajwid dan huruf hijaiyah. Selain itu kalian juga bisa belajar secara langsung kepada Ustad atau Muslim Muslimah yang sudah bisa dan lancar dalam membaca Al Qur’an, agar kalian cepat dan lancar dalam membaca Ayat Ayat Al Qur’an.

Kalau anak-anak sudah belajar Iqra 6 berarti anak-anak telah belajar yang sebelumnya. Ini merupakan langkah maju karena iqa 6 merupakan pembelajaran Bahasa Arab atau belajar membaca Al-qur’an tingkat tinggi.

Link Download Iqra.pdf

Download Iqra 1.pdf Karya KH. As’ad Humam

Download Iqra 1.pdf Karya KH. As’ad Humam

Download Iqra 2.pdf Karya KH. As’ad Humam

Download Iqra 2.pdf Karya KH. As’ad Humam

Download Iqra 3.pdf Karya KH. As’ad Humam

Download Iqra 3.pdf Karya KH. As’ad Humam

Download Iqra 4.pdf Karya KH. As’ad Humam

Download Iqra 4.pdf Karya KH. As’ad Humam

Download Iqra 5.pdf Karya KH. As’ad Humam

Download Iqra 5.pdf Karya KH. As’ad Humam

Download Iqra 6.pdf Karya KH. As’ad Humam

Download Iqra 6.pdf Karya KH. As’ad Humam

Penulis: AnggaEditor: dwg
  • Bagikan