Apa Sih Beda Software Portable dan Non Portable ( Installer )

  • Bagikan
Apa Sih Beda Software Portable dan Non Portable ( Installer )
Apa Sih Beda Software Portable dan Non Portable ( Installer )

Ketika kita hendak mendownload software atau program ada pilahan ingin menginstall versi portable dan non portable atau yang biasa kita sebut installer, lantas apa sebenarnya perbedaannya?

Pada artikel kalia ini kami akan membahas mengenai perbedaan software, aplikasi atau program portable dan non portable.

Aplikasi portabel adalah aplikasi yang Anda jalankan tanpa menginstal apa pun di sistem Anda. Ini berjalan sebagai instance tunggal dari dirinya sendiri, tidak memerlukan pengaturan, dan dapat langsung digunakan. Anggap saja sebagai bola lampu yang dapat Anda colokkan ke dudukan standar apa pun.

Aplikasi Non Portable ( Installer )yang dapat diinstal memerlukan pengaturan. Penyiapan mungkin memakan waktu hanya beberapa menit atau bahkan mungkin satu jam tergantung pada aplikasinya. Aplikasi hanya dapat digunakan setelah penyiapan berhasil diselesaikan. Anggap saja sebagai bohlam khusus yang Anda beli yang mungkin memerlukan dudukan khusus, atau mungkin beberapa kabel baru yang harus dipasang sebelum Anda dapat menggunakannya.

Portable APPS

Semua file yang dibutuhkan aplikasi untuk berfungsi penuh disimpan dalam folder yang sama dengan file EXE aplikasi. Aplikasi yang dapat diinstal akan menyimpan file ke lokasi yang berbeda seperti folder khusus sendiri di dalam folder Program Files di drive C Anda, folder App Data di profil pengguna Anda, dan lokasi lainnya.

File portabel tidak akan mengubah registri Windows dengan cara apa pun. Aplikasi yang Anda instal mungkin, atau mungkin tidak, mengubah registri. Saat aplikasi semacam itu dicopot, perubahan registri tidak selalu dibalik.
Anda dapat memindahkan aplikasi portabel ke drive mana pun atau bahkan ke perangkat penyimpanan eksternal dan itu akan terus berfungsi. Memindahkan aplikasi yang telah terinstal di OS Anda tidaklah mudah. Biasanya, Anda harus menghapus dan menginstalnya kembali. Memindahkan file saja tidak cukup dan akan mengakibatkan jalur file dan tautan terputus. Aplikasi, jika masih dapat berjalan, mungkin tidak dapat menemukan beberapa komponennya dan menunjukkan kesalahan acak.

Baca Juga  Cara Mengatasi Error Microsoft Store cache may be damaged di Windows 2021

Aplikasi portabel tidak akan mengingat preferensi dan pengaturan pribadi Anda. Ini mungkin termasuk file dan direktori terbaru atau yang sering diakses antara lain. Salah satu keuntungan terbesar memasang aplikasi adalah Anda dapat menyesuaikannya agar berfungsi seperti yang Anda inginkan. Photoshop adalah contoh luar biasa dari aplikasi yang akan Anda atur agar berfungsi dengan cara tertentu. Jika Anda harus mengaturnya berulang-ulang, itu akan memakan waktu. Versi penginstalan mengingat alat mana yang Anda gunakan dan bilah alat dan jendela mana yang ditampilkan saat Anda membukanya.

Aplikasi portabel dapat dijalankan dari sumber eksternal. Anda dapat menjalankannya dari USB tanpa perlu menyalinnya ke disk lokal Anda. Aplikasi yang dapat diinstal tidak dapat berjalan kecuali Anda menginstalnya terlebih dahulu. Itu tidak dapat diinstal pada perangkat penyimpanan eksternal. Beberapa aplikasi akan bersikeras bahwa mereka diinstal ke drive yang sama dengan yang Anda instal Windows.

Aplikasi portabel tidak mungkin merusak file penting di sistem Anda. Selalu ada kemungkinan bahwa file berbahaya mungkin dibundel dalam file EXE tetapi itu berasal dari aplikasi itu sendiri yang berasal dari sumber yang tidak dapat diandalkan. Aplikasi portabel tidak akan mengubah apa pun di registri sehingga kemungkinan terjadi kesalahan lebih kecil.

Non Portable / Installer Apps

Aplikasi yang dapat diinstal akan menyimpan file ke lokasi yang berbeda seperti folder khusus sendiri di dalam folder Program Files di drive C Anda, folder App Data di profil pengguna Anda, dan lokasi lainnya.


Aplikasi yang Anda instal mungkin, atau mungkin tidak, mengubah registri. Saat aplikasi semacam itu dicopot, perubahan registri tidak selalu dibalik.

Memindahkan aplikasi yang telah terinstal di OS Anda tidaklah mudah. Biasanya, Anda harus menghapus dan menginstalnya kembali. Memindahkan file saja tidak cukup dan akan mengakibatkan jalur file dan tautan terputus. Aplikasi, jika masih dapat berjalan, mungkin tidak dapat menemukan beberapa komponennya dan menunjukkan kesalahan acak.

Baca Juga  Cara mudah Install Plesk di Windows Server 2019

Salah satu keuntungan terbesar memasang aplikasi adalah Anda dapat menyesuaikannya agar berfungsi seperti yang Anda inginkan. Photoshop adalah contoh luar biasa dari aplikasi yang akan Anda atur agar berfungsi dengan cara tertentu. Jika Anda harus mengaturnya berulang-ulang, itu akan memakan waktu. Versi penginstalan mengingat alat mana yang Anda gunakan dan bilah alat dan jendela mana yang ditampilkan saat Anda membukanya.

Aplikasi yang dapat diinstal tidak dapat berjalan kecuali Anda menginstalnya terlebih dahulu. Itu tidak dapat diinstal pada perangkat penyimpanan eksternal. Beberapa aplikasi akan bersikeras bahwa mereka diinstal ke drive yang sama dengan yang Anda instal Windows.

Menginstal aplikasi dapat mengakibatkan kerusakan pada file penting di sistem Anda hanya karena aplikasi diizinkan untuk memodifikasinya dan melakukannya agar dapat diatur dengan benar. Tidak ada cara untuk menyisih darinya.

Perbedaan antara kedua jenis aplikasi ini membuatnya tampak seolah-olah aplikasi portabel lebih baik, tetapi penting untuk diingat bahwa aplikasi yang perlu diinstal memiliki persyaratan ini karena mereka membutuhkan kerangka kerja yang jauh lebih luas untuk dijalankan. Anda tidak dapat menganggap versi Lingkungan Pengembangan Android yang dapat diinstal sebagai portabel. Bahkan versi portabel Photoshop diberi label ‘Lite’.

Untuk alat yang dimaksudkan untuk tindakan sederhana, cepat dan sedikit atau tanpa pemrosesan, aplikasi portabel berfungsi tetapi apa pun yang membutuhkan prosesor intensif, versi yang dapat diinstal adalah yang biasanya dikembangkan. Mungkin di masa depan, aplikasi portabel akan menjadi norma. Saat ini, aplikasi web semakin menjadi lebih kuat dan berjalan di dalam browser sehingga itu bisa terjadi. Itu sangat tergantung pada apakah layak untuk membuat aplikasi portabel dan apakah itu masih dapat bekerja dengan baik, atau lebih baik. Windows 10, ketika masih dalam versi Beta, memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan aplikasi yang diinstal dari satu drive ke drive lain. Fitur tersebut tidak berhasil mencapai versi stabil final dan malah ditunda. Ini adalah bukti bagaimana fungsi seperti itu, meskipun berguna, sulit untuk dijalankan.

  • Bagikan