Hari Guru Jadi Google Doodle, Sejarah 25 November Jadi Hari Guru Nasional

  • Bagikan
Hari Guru Jadi Google Doodle, Sejarah 25 November Jadi Hari Guru Nasional
Hari Guru Jadi Google Doodle, Sejarah 25 November Jadi Hari Guru Nasional

CR — Tampilan Google Doodle hari ini, Kamis 25 November 2021 Menampilkan Lebah besar yang sedang memperlihatkan isi buku tersebut kepada lebah-lebah kecil yang menggemaskan.

Lebah besar itu kemungkinan merepresentasikan seorang guru yang sedang membimbing anak didiknya, sesuai dengan tema Google Doodle hari ini yang ikut merayakan Hari Guru Nasional.

Google Doodle Hari Guru Nasional tampak semakin menggemaskan karena dipulas dengan warna-warna yang ceria. Seperti diketahui, setiap tanggal 25 November, Indonesia memperingati Hari Guru Nasional.

Sejarah 25 November Jadi Hari Guru

Tampilan Google Doodle memperingati Hari Guru ( gambar Google )
Tampilan Google Doodle memperingati Hari Guru ( gambar Google )

Setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional, sudahkah kalian mengetahui sejarahnya hingga setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional ? Bagi kalian yang belum mengetahuinya berikut sejarah Hari Guru Nasional yang kami lansir dari Kompas.com

Hari Guru

Hari Guru Indonesia ditetapkan melalui Keputusan Presiden No 78 Tahun 1994. Keppres ini menetapkan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sekaligus sebagai Hari Guru Nasional.

Menurut sejarahnya, organisasi PGRI berawal dari Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang berdiri sejak tahun 1912.

PGHB adalah bentuk dari perjuangan para guru pribumi di masa Belanda yang beranggotakan Guru Bantu, Guru Desa, Kepala Sekolah, dan Penilik Sekolah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biasanya, guru yang tergabung dalam PGHB bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angkatan Dua.

Organisasi PGHB didirikan untuk mendorong para guru pribumi memperjuangkan persamaan hak dan posisi dengan pihak Belanda.

Kemudian, pada 1932, PGHB berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Namun, saat masa kependudukan Jepang, PGI dilarang melakukan aktivitas, karena segala jenis organisasi dilarang saat itu.

Baca Juga  31 Desember - 1 Januari 2022, Seluruh Alun-alun Seluruh Wilayah Ditutup

Barulah setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, Kongres Guru Indonesia diadakah pada 24-25 November di Surakarta.

Di kongres itulah, dibentuk PGRI untuk mewadahi seluruh guru di Indonesia. Karena itulah, Hari Guru ditetapkan pada 25 November di Indonesia setiap tahunnya.

Selamat Hari Guru untuk seluruh pendidik di Indonesia!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Hari Guru Jadi Google Doodle, Ini Sejarah 25 November Jadi Hari Guru Nasional”, Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2021/11/25/06281947/hari-guru-jadi-google-doodle-ini-sejarah-25-november-jadi-hari-guru-nasional.
Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi
Editor : Reska K. Nistanto

  • Bagikan