Mengenal R1 GYTR VR46, Kado Spesial Yamaha buat Valentino Rossi

  • Bagikan
Yamaha R1 GYTR VR46 Tribute Valentino Rossi. (Yamaha Europe)
Yamaha R1 GYTR VR46 Tribute Valentino Rossi. (Yamaha Europe)
RajaBackLink.com

Sebagai penghormatan terhadap legenda MotoGP Valentino Rossi yang resmi pensiun pada 14 November 2021, Yamaha membuat motor khusus R1 Genuine Yamaha Technology Racing (GYTR) Tribute. Desain motor ini memiliki berbagai elemen sirkuit serta warna yang terinspirasi juara dunia sembila kali tersebut.

Rossi telah menyelesaikan lintasan terakhirnya usai debut 26 tahun yang lalu dan tercatat sebagai sosok paling menonjol dalam sejarah MotoGP.

Kehadirannya berhasil memperlihatkan penampilan paling memukau dan mengesankan. Bahkan ia berhasil memengaruhi dan menginspirasi generasi bintang balap muda.

Atas segala pencapaiannya Yamaha membangun motor berbasis R1 dengan livery khusus yang diproduksi Aldo Drudi, mengutip situs VisorsDown.

Perlu dipahami Aldo Drudi merupakan seorang seniman yang berdedikasi membuat helm spesial buat Rossi balapan.

R1 GYTR VR46

Selain livery khusus, motor ini juga menggunakan suku cadang berdasarkan spesifikasi GYTR 2022. Fitur unik yang terpasang semuanya berdasarkan pengembangan pada WorldSBK Yamaha dan itu berhasil membantu Yamaha mencapai WorldSBK Triple Crown 2021.

Pada motor ini terpasang fairing serat karbon baru dan subframe belakang karbon. Kemudian kapasitas tangki ditingkatkan menjadi 22 liter dan semuanya dirancang mempertimbangkan efisiensi bobot.

Lalu rem Brembo telah dikembangkan untuk menghasilkan tenaga pengereman maksimal, sedangkan ECU REX 140 digunakan buat mengoptimalkan performanya. Suspensi motor ini didukung merek Ohlins.

Meski demikian motor legit ini tidak diproduksi massal dan dijual umum. Pihak Yamaha hanya menyediakan satu unit khusus bakal pebalap dengan julukan The Doctor tersebut.

Baca Juga  Buruan Cek! Jadwal Lengkap WSBK Mandalika 2021
  • Bagikan