Resmi, Qualcomm Umumkan Chipset Snapdragon 8 Gen 1

  • Bagikan
Chipset Snapdragon 8 Gen 1 disebut mampu hasilkan kecepatan unduh hingga 10Gbps
Chipset Snapdragon 8 Gen 1 disebut mampu hasilkan kecepatan unduh hingga 10Gbps
RajaBackLink.com

Setiap bulan Desember selama beberapa tahun terakhir, Qualcomm mengadakan acara tahunan di Hawaii untuk mengumumkan chipset ponsel andalan terbarunya. Tahun ini pihaknya meluncurkan Snapdragon 8 Gen 1.

Selama dua tahun berturut-turut Qualcomm menjauh dari skema nomor berurutan. Sama seperti Snapdragon 865 diperbarui ke 888, perusahaan sekarang akan mengganti 888 dengan Gen 1.

System-on-a-chip termasuk modem X65 5G milik Qualcomm sendiri. Perusahaan mengatakan hal tersebut mampu hasilkan kecepatan unduh hingga 10Gbps.

Kecepatan tersebut dinilai tidak berarti banyak di dunia nyata, karena beberapa jaringan 5G tercepat tidak memberikan kecepatan lebih dari 4Gbps dalam kondisi normal.

Jika Anda memiliki akses ke router WiFi 6 atau 6E, Gen 1 dapat mempertahankan kecepatan unduh 3,6 Gbps melalui layanan WiFi.

Seperti chipset andalan sebelumnya, Qualcomm telah berupaya maksimal untuk meningkatkan pengalaman kamera. Gen 1 memiliki prosesor sinyal gambar 18-bit.

Ini jadi yang pertama bagi perusahaan bisa memungkinkan komponen memproses data 4.000 kali lebih banyak daripada ISP Spectra 14-bit, yang ditemukan di Snapdragon 888.

Selain itu, ponsel dengan Snapdragon 8 Gen 1 akan memiliki kemampuan mengambil foto pada 3,2 gigapiksel per detik. Dalam praktiknya, itu berarti Gen 1 dapat memproses data dari tiga kamera 36 megapiksel secara bersamaan tanpa jeda shutter.

Pertama untuk level perangkat seluler, perusahaan mengatakan chipset dapat perekam video bisa HDR 8K dan 30 frame per detik. Sekali lagi, ini bukan fitur paling praktis untuk ponsel pada tahun 2021 karena 4K masih menjadi yang teratas untuk sebagian besar konten.

Chipset baru ini mendukung pengambilan UHD pada 120 frame per detik, dan dapat merekam gerakan lambat pada 960 frame per detik pada 720p.

Baca Juga  4 Bocoran Smartphone Baru Nokia Beredar di Dunia Maya

Terpisah dari Spectra ISP, Gen 1 menyertakan prosesor sinyal gambar yang selalu aktif, yang dapat memberi daya pada kamera sambil mengonsumsi daya baterai yang sangat kecil. Ini adalah fitur yang memungkinkan perangkat menawarkan deteksi wajah yang selalu aktif untuk otentikasi biometrik.

Snapdragon 8 Gen 1 akan menawarkan kinerja CPU yang jauh lebih baik dari apa yang sudah dihasilkan dengan Snapdragon 888 Plus. Apa yang dijanjikannya adalah kinerja yang lebih cepat terkait AI.

Hal itu berkat mesin AI generasi ketujuh Qualcomm yang baru, yang menurut perusahaan empat kali lebih cepat dari pendahulunya, berkat lebih banyak memori bersama dan akselerator tensor yang lebih cepat.

Performa gaming menjadi sorotan lain dari Gen 1. Menurut Qualcomm, GPU Adreno terbarunya menawarkan performa rendering 30 persen lebih cepat dan mengonsumsi daya 25 persen lebih sedikit, dikutip The Verge.

Pada bagian audio, Gen 1 menyertakan dukungan untuk codec Bluetooth aptX Lossless Qualcomm yang baru-baru ini diumumkan. Dengan begitu dapat menghasilkan streaming audio 16-bit 44.1kHz berkualitas CD melalui koneksi nirkabel.

Melengkapi daftar fitur Gen 1 adalah Trust Management Engine khusus. Gen 1 adalah chipset seluler pertama yang mendukung standar Google Android Ready SE, yang berarti memiliki kemampuan untuk menyimpan hal-hal seperti kunci dan ID untuk mobil digital.

Dengan perpaduan antara peningkatan kinerja dan fitur-fitur baru, Snapdragon 8 Gen 1 menawarkan tampilan yang menarik pada flagships Android generasi berikutnya.

Secara terpisah, Qualcomm mengumumkan kemitraannya dengan Google untuk membawa platform Neural Architecture Search perusahaan ke dalam portofolio produknya, menurut laporan engadget.

Teknologi yang akan tersedia pertama kali pada Snapdragon 8 Gen 1, memungkinkan perusahaan untuk membuat dan mengoptimalkan model AI secara otomatis, bukan secara manual.

Baca Juga  Selain Google Translate, Ini 3 Aplikasi Penerjemah Inggris Ke Indonesia

Melansir CNNIndonesia

  • Bagikan