Hore! Google Sediakan Pinjaman Rp 20 Juta untuk Perempuan Pelaku UMKM Indonesia

  • Bagikan
ilustrasi UMP (Gambar motorplus-online)
ilustrasi UMP (Gambar motorplus-online)
RajaBackLink.com

Seperti kita ketahui sebelumnya Google telah meluncurkan program “Small Business Resilience Fund” pada tahun 2020 lalu untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan tersebut sendiri memiliki nilai yang cukup besar yaitu $10 juta dollar AS ( sekitar 147 Miliar Rupiah ) serta penyalurannya dibantu oleh organisasi non-profit internasional yang biasa memberikan pinjaman modal usaha berupa uang lewat internet, KIVA.

Teranyar, dalam gelaran “Google for Indonesia 2021” Google kembali mengumumkan jika KIVA akan mengucurkan dana $3,5 Juta dollar AS ( sekitar 50 Miliar Rupiah ) dari 10 juta dollar AS kepada koperasi simpan pinjam lokal, koperasi mitra dhuafa (Komida).

Nantinya, Komida bakal menyalurkan lagi dana puluhan miliar rupiah tersebut kepada perempuan pelaku UMKM di berbagai pelosok daerah di Indonesia, tetapi sebagai modal pinjaman usaha dengan bunga yang rendah.

“Mulai hari ini, pengusaha perempuan berpenghasilan rendah dapat mulai mengajukan permohonan pinjaman lewat Komida,” ujar Marketing Director Google dan YouTube Indonesia, Filipina, dan Asia Tenggara, Veronica Utami dalam acara virtual yang digelar pada Kamis (2/12/2021).

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati dalam acara Google for Indonesia yang digelar virtual, Kamis (2/12/2021).

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati dalam acara Google for Indonesia yang digelar virtual, Kamis (2/12/2021).(KOMPAS.com/BILL CLINTEN)

Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati juga menyampaikan apresiasinya terkait bantuan Google kepada UMKM ini.

“Kolaborasi Google dan KIVA, termasuk dengan Komida, telah menyalurkan bantuan pembiayaan dengan bunga rendah dengan nilai 10 juta dollar AS atau Rp 147 miliar,” kata Sri Mulyani di kesempatan yang sama.

“Angka ini memang kecil dibandingkan program pemerintah, yaitu Ultra Mikro (UMi) yang mencapai Rp 17 triliun, namun ini akan sangat membantu UMKM di Indonesia yang jumlahnya begitu besar,” imbuh Sri Mulyani.

Baca Juga  Cek Yuk! 104 Daftar Pinjol Resmi Terbaru

Sri Mulyani berharap bantuan dari pihak swasta ini bisa membantu memulihkan ekonomi Indonesia, terutama untuk pengembangan UMKM-nya, supaya mereka bisa bangkit dan pulih kembali setelah diterjang pandemi Covid-19.

Sekadar informasi, penyaluran dana Kiva ke Komida sendiri merupakan tahap awal dari serangkaian penyaluran dana Google kepada UMKM.

Melansir Kompas.com

  • Bagikan