Apa Itu Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Manfaatnya ?

  • Bagikan
Apa Itu Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Manfaatnya ?
Apa Itu Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Manfaatnya ?
RajaBackLink.com

Mengenal kredit tanpa agunan (KTA) perlu dilakukan oleh pengusaha seperti Anda. Kredit atau pinjaman tanpa agunan bisa memiliki manfaat yang baik untuk mengembangkan usaha Anda. Akan tetapi tidak lantas memiliki risiko yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Kredit Tanpa Agunan

Hal pertama yang perlu Anda ketahui untuk mengenal kredit tanpa agunan adalah pengertian. Kredit tanpa agunan atau biasa disingkat KTA adalah sebuah produk pinjaman yang memungkinkan Anda meminjam uang tanpa perlu menyiapkan aset sebagai jaminan.

Jika Anda tidak perlu mempersiapkan aset sebagai jaminan? Bagaimana pemberi pinjaman mau memberikan uangnya?

Anda memang tidak diharuskan menyiapkan aset untuk mendapatkan kredit tanpa agunan. Akan tetapi pemberi pinjaman akan memberikan pinjaman berdasarkan riwayat pinjaman atau kredit Anda. Mereka akan melihat riwayat kredit motor atau kredit mobil Anda, KPR, dan juga riwayat kartu kredit yang Anda miliki.

Alternatif kredit ini tentu menarik perhatian Anda, bukan? Tidak hanya tanpa agunan, Anda akan mendapat banyak manfaat jika mengajukan pinjaman berupa kredit tanpa agunan.

Manfaat Kredit Tanpa Agunan

Anda kini mungkin mulai tertarik untuk mengajukan kredit tanpa agunan. Sebelumnya, Anda perlu mengenal kredit tanpa agunan lebih dalam. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapat dengan mengambil kredit tanpa agunan.

Persyaratan untuk Mengajukan Kredit Relatif Lebih Mudah

Persyaratan untuk mengajukan pinjaman berbentuk kredit tanpa agunan jelas lebih mudah. Ini karena Anda tidak perlu memiliki aset yang bisa dijadikan jaminan atas pinjaman Anda. Ini sangat mempermudah Anda yang belum memiliki rumah atau kendaraan yang biasanya dijadikan jaminan dalam kredit.

Baca Juga  Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka, Peserta Dapat BLT Rp3,5 Juta

Dalam mengajukan kredit tanpa agunan, Anda hanya perlu mempersiapkan dokumen yang menunjukkan riwayat kredit Anda. Dokumen tersebut misalnya fotokopi kartu kredit, fotokopi buku tabungan, juga dokumen lain yang menunjukkan kredit yang sedang atau pernah Anda lakukan.

Di samping itu, Anda juga perlu menyiapkan dokumen seperti KTP atau KITAS, Kartu Keluarga, slip gaji atau bukti penghasilan, dan juga NPWP. Persyaratan ini tentu lebih mudah untuk Anda siapkan, bukan?

Tidak Perlu Melakukan Penaksiran Agunan

Di dalam produk kredit dengan agunan, Anda perlu mempersiapkan aset yang akan dijadikan jaminan. Dengan begitu, perlu dilakukan penaksiran agunan. Aset yang dijadikan agunan akan ditaksir nilainya. Dengan begitu, pemberi pinjaman bisa memperkirakan apakah aset tersebut memiliki nilai yang sama atau lebih dengan jumlah kredit yang Anda ajukan.

Jika Anda mengambil produk kredit tanpa agunan, proses penaksiran ini tidak diperlukan. Tentu saja karena tidak ada aset yang perlu ditaksir nilainya. Dengan ketiadaan proses penaksiran agunan, pencairan dana pun akan lebih cepat prosesnya.

Masa Pencairan yang Lebih Cepat

Dibandingkan dengan produk kredit lainnya, masa pencairan kredit tanpa agunan lebih cepat. Proses pencairannya bisa berlangsung sekitar satu hingga tujuh hari. Dalam waktu yang lebih cepat, Anda bisa mendapatkan uang yang Anda perlukan untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Mengapa proses pencairan kredit tanpa agunan ini cepat? Ini karena tidak ada proses penaksiran agunan. Dengan adanya proses yang tidak perlu dilakukan, pencairan dana akan lebih cepat.

Meskipun begitu tetap ada proses yang harus dilalui sebelum Anda menerima uang dari kredit tanpa agunan. Ini karena calon debitur memerlukan proses verifikasi terhadap dokumen yang Anda serahkan. Di sisi lain, kelengkapan dokumen yang diperlukan mempercepat proses pencairan dana. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengajukan kredit tanpa agunan, usahakan melengkapi dokumen yang disyaratkan dengan cepat.

Baca Juga  Informasi Kartu Prakerja 2021

Bisa Digunakan untuk Dana Darurat

Manfaat lain dari kredit tanpa agunan adalah Anda dapat menggunakan kredit tanpa agunan sebagai dana darurat. Ini karena proses pencairannya yang relatif cepat sehingga mampu memenuhi kebutuhan darurat Anda yang mendesak.

Misalnya ada keluarga Anda yang dirawat karena kecelakaan dan membutuhkan dana operasi. Dana dari kredit tanpa agunan ini bisa menjadi alternatif pinjaman yang Anda pilih. Selain itu, kredit tanpa agunan juga bisa digunakan sebagai modal usaha atau dana pendidikan.

Anda Bisa Mendapatkannya di Berbagai Bank

Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, ada satu lagi kemudahan yang Anda dapatkan dari kredit tanpa agunan. Anda bisa mendapatkan kredit tanpa agunan dengan cepat karena hampir semua bank menyediakan layanan ini. Mulai dari bank milik negara hingga bank swasta menawarkan produk KTA.

Pinjaman KTA diberikan oleh bank melalui promosi yang sangat gencar. Dengan begitu Anda bisa memilih produk kredit tanpa agunan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Akan tetapi, Anda juga perlu mempertimbangkan kemampuan Anda untuk mendapatkan dana pinjaman dari kredit tanpa agunan.

Risiko Kredit Tanpa Agunan

Setiap produk pinjaman atau kredit tentu memiliki kelebihan sekaligus kekurangan. Jika Anda hanya mengetahui kelebihan dari kredit tanpa agunan, Anda belum benar-benar mengenal kredit tanpa agunan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui risiko yang harus Anda terima jika memutuskan untuk mengajukan kredit tanpa agunan (KTA).

Bunga Pinjaman yang Lebih Tinggi

Bunga yang ditawarkan oleh produk kredit tanpa agunan relatif tinggi. Jangan kaget dengan risiko yang satu ini, ya. Ini adalah salah satu cara dari pihak bank atau pemberi pinjaman lain untuk meminimalisasi kerugian akibat memberikan kredit tanpa agunan.

Baca Juga  Kapan pendaftaran Gelombang 12 Prakerja Dibuka ?

Ini adalah hal yang masuk akal karena kredit tanpa agunan tidak memerlukan aset dari peminjam sebagai jaminan. Dalam produk kredit dengan agunan, risiko yang dimiliki bank atau pemberi pinjaman hampir nol persen. Oleh karena itulah, pemberi pinjaman memberikan bunga kredit yang tinggi. Tentu ini merupakan beban yang lebih berat ketika Anda harus membayar cicilan kredit tanpa agunan.

Tenor atau Masa Pinjam yang Lebih Pendek

Risiko lain yang perlu Anda perhatikan ketika mengajukan kredit tanpa agunan adalah masa pinjamnya yang lebih pendek. Masa tenor atau masa pinjam dari kredit tanpa agunan lebih pendek daripada produk kredit dengan agunan.

Ini dilakukan oleh calon debitur untuk mengantisipasi kredit macet atau gagal bayar. Tentunya, dengan masa pinjaman yang pendek, besarnya cicilan yang harus Anda bayar juga lebih besar. Biasanya masa tenor kredit tanpa agunan maksimal lima tahun.

Jumlah Pinjaman yang Lebih Rendah

Selain bunga yang lebih tinggi dan masa tenor yang pendek, ada kekurangan lain dari kredit tanpa agunan. Jika ingin melakukan pengajuan kredit tanpa agunan, Anda memiliki limit dalam pinjaman. Artinya, ada batasan jumlah pinjaman yang bisa Anda dapatkan.

Ini juga merupakan bentuk antisipasi dari calon debitur terhadap kredit macet ataupun gagal bayar. Jika Anda ingin mendapatkan uang dari kredit tanpa agunan, jumlah uang yang bisa Anda pinjam maksimal 200 Juta Rupiah. Jika jumlah pinjaman yang ingin Anda dapatkan lebih dari 200 Juta Rupiah, Anda perlu mencari alternatif pinjaman lain.

Dalam artikel ini telah dibahas secara tuntas mengenai apa itu kredit tanpa agunan. Anda juga telah mengetahui kelebihan dan juga kekurangan kredit tanpa agunan ini. Dengan begitu, Anda sudah mengenal kredit tanpa agunan lebih dalam. Setelah ini Anda bisa kembali mempertimbangkan apakah kredit tanpa agunan merupakan pilihan Anda untuk mendapatkan uang.

  • Bagikan