Cara Install Windows 11 Di VirtualBox

  • Bagikan
Cara Install Windows 11 Di VirtualBox
Cara Install Windows 11 Di VirtualBox
RajaBackLink.com

Ingin mulai mengembangkan aplikasi Windows 11? Menginstal Windows 11 Enterprise di VirtualBox memungkinkan Anda memprogram tanpa memengaruhi PC utama Anda.

Pengembang Windows, kabar baik! Microsoft telah merilis mesin virtual Windows 11 Enterprise, memungkinkan Anda untuk mulai membangun aplikasi Windows dengan cepat. Sementara versi Windows 11 lainnya tersedia untuk diunduh dan diinstal pada kotak virtual yang berbeda, mesin virtual khusus ini ditargetkan untuk pengembang. 

Ini akan memberi Anda cara untuk menjalankan OS tanpa mengubah sistem Anda saat ini dan menguji aplikasi jika perlu.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang mesin virtual evaluasi Windows 11, bagaimana Anda dapat menginstalnya di VirtualBox Anda, dan masalah umum yang mungkin Anda hadapi saat meluncurkan mesin.

Apa Yang Ada di Mesin Virtual Windows 11 Enterprise

Selain Windows 11 Enterprise, ISO ini juga menyertakan berbagai alat yang dapat dimanfaatkan oleh pengembang. Inilah yang termasuk dalam mesin virtual:

  • Window 11 Enterprise (versi evaluasi).
  • Windows 10 SDK, versi 2004 (10.0.19041.0).
  • Visual Studio 2019 (terbaru pada 10/09/21) dengan alur kerja UWP, .NET desktop, dan Azure diaktifkan dan juga menyertakan ekstensi Windows Template Studio.
  • Kode Visual Studio (terbaru pada 10/09/21).
  • Subsistem Windows untuk Linux diaktifkan dengan Ubuntu diinstal.
  • Mode pengembang diaktifkan.
  • Terminal Windows diinstal.
Baca Juga  Apasih Bedanya Stock Android, Android One dan Android Go

VM Windows 11 Enterprise dapat mendukung berbagai mesin virtual, khususnya VMWare, Hyper-V, VirtualBox, dan Parallels. Ini adalah unduhan 20GB dan akan kedaluwarsa pada 9 Januari 2022.

Cara Mengunduh dan Menginstal Mesin Virtual Windows 11 Enterprise di VirtualBox

Sebelum menginstal mesin virtual ini, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki sumber daya perangkat keras fisik yang cukup untuk digunakan. 

Microsoft tidak menyebutkan persyaratan apa pun untuk mesin ini, tetapi kami merekomendasikan setidaknya 4 GB memori dan cukup penyimpanan lokal yang tidak digunakan untuk menampung instalasi penuh Windows, aplikasi, dan file lainnya (32GB atau lebih).

Anda juga dapat mengikuti persyaratan sistem minimum untuk menginstal Windows 11 untuk memastikannya berjalan dengan lancar. Terakhir, jika komputer Anda dapat menangani mesin virtual, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menginstal Windows 11 Enterprise VM:

Unduh dan Instal VirtualBox

Pertama, unduh dan instal VirtualBox dari wiki VirtualBox. Perangkat lunak ini gratis untuk diunduh dan tersedia untuk penggunaan non-komersial. Setelah file .exe diunduh, klik dan ikuti petunjuk di layar untuk menginstalnya dengan benar di sistem Anda. Langkah opsional: Unduh dan instal paket ekstensi Virtualbox dari halaman Unduhan VirtualBox. Anda dapat melewati langkah ini, tetapi menginstal ini dapat meningkatkan dan menambahkan fitur tambahan ke mesin Virtualbox Anda. 

Melalui paket ini, Anda bisa mendapatkan fitur seperti Integrasi Mouse, Konektivitas Internet, dukungan USB, dan fitur hebat lainnya. Anda dapat menginstal paket dengan mengklik file yang diunduh dan mengikuti instruksi.

Unduh Mesin Virtual Windows 11 Enterprise

Selanjutnya, unduh salinan file instalasi Windows 11 dalam format OVA. Anda bisa mendapatkan file-file ini dari halaman unduhan Mesin Virtual Microsoft. Pastikan untuk mengunduh Gambar Disk Virtual untuk VirtualBox.

Baca Juga  Mengatasi Error Setup NSIS di Windows 11

Impor File OVA

Buka dan ekstrak file yang diunduh. Selanjutnya, klik dua kali file yang diekstrak untuk membukanya. Ini akan secara otomatis membuka VirtualBox Anda dan kotak dialog Import Virtual Appliance. 

Di sini Anda dapat mengubah pengaturan dan lokasi Folder Basis Mesin. Pastikan Anda mencentang kotak yang bertuliskan Import hard drives as VDI. Jika Anda senang dengan pengaturannya, klik Import.

Tunggu mesin virtual untuk mengunggah di VirtualBox Anda. Setelah selesai, Anda sekarang dapat membuka dan menggunakan Mesin Virtual Windows 11 Enterprise.

Masalah Umum Yang Dihadapi Saat Membuka Mesin Virtual Windows 11 Enterprise di VirtualBox

Anda akhirnya menginstal lingkungan pengembangan Windows 11 di VirtualBox Anda. Tapi, sayangnya, Anda tidak dapat membuka mesin virtual dan menjalankan OS. Ini bisa membuat frustrasi, terutama setelah mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas dengan benar.

Tapi jangan khawatir, kami telah mencantumkan di bawah ini masalah umum yang dihadapi saat membuka mesin virtual Windows 11 Enterprise di VirtualBox dan cara memperbaikinya.

Gagal Membuka Sesi untuk Kesalahan Mesin Virtual

Jika Anda mengalami kesalahan yang mengatakan “Cannot enable nested VT-x/AMD-V without nested-paging and unrestricted guest execution!!”, kemungkinan besar Hyper-V Anda, mesin virtual asli di sistem Windows 10 Anda , diaktifkan. Dalam beberapa kasus, menonaktifkan ini akan berhasil. Berikut cara memperbaiki masalah ini:

  • Tekan tombol Windows + S untuk membuka bilah pencarian Windows, ketik cmd, lalu klik kanan hasil pencarian Command Prompt dan pilih Run as Administrator.
  • Di Command prompt, ketik bcdedit /set hypervisorlaunchtype off dan tekan Enter. Tutup jendela ini.
  • Selanjutnya, Matikan fitur Windows “Virtual Machine Platform”. Untuk melakukan ini, tekan tombol Windows + S untuk membuka Pencarian Windows. Ketik Windows Feature dan tekan Enter. Sekarang, cari opsi Virtual Machine Platform, dan pastikan tidak ada tanda centang di sampingnya. Nyalakan ulang komputer Anda.
  • Setelah me-reboot komputer Anda, buka VirtualBox dan mesin virtual Windows 11 Enterprise. Mesin Anda biasanya harus berjalan sekarang.
Baca Juga  10 Printer Terbaik Lengkap Harga Per November 2021

Shell Interaktif UEFI Dibuka Alih-alih Mem-boot Windows 11

Masalah lain yang mungkin Anda temui saat membuka mesin virtual ini adalah mendapatkan jendela shell interaktif UEFI alih-alih mem-boot sistem. 

Jangan khawatir; tidak ada yang salah dengan mesin yang Anda pasang. Anda mungkin secara tidak sengaja mengaktifkan pengaturan EFI di mesin Anda. Untuk memperbaiki masalah ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pilih mesin virtual Windows 11 dan klik ikon Settings .
  • Buka System settings yang ditemukan di panel sisi kiri dan hapus centang pada kotak di samping Enable EFI (special OSes only). Klik OK.
  • Mulai mesin virtual Anda lagi. Ini akan mem-boot sistem Windows 11 Enterprise Anda.

Mesin Virtual Windows 11 Enterprise Untuk Pengembang

Mesin virtual ini khusus dibuat untuk pengembang agar mereka dapat mulai membuat aplikasi untuk Windows 11. Non-pengembang juga dapat mengunduh dan menginstal mesin virtual ini sehingga mereka dapat melihat dan merasakan sistem operasi Microsoft terbaru. 

Namun, mesin virtual ini akan kedaluwarsa pada 9 Januari 2022. Artinya, Anda tidak akan dapat menggunakan image VM ini dan mungkin perlu menyiapkan image baru lagi. Jika Anda ingin terus menggunakan Windows 11 dengan aman tanpa mengubah sistem utama Anda, Anda masih dapat melakukannya dengan mengunduh dan menginstal Windows 11 ISO dari halaman unduhan Microsoft di VirtualBox Anda. 

Namun, Anda harus memiliki kunci produk yang siap untuk terus menikmati sistem operasi ini, bahkan sebagai mesin virtual.

  • Bagikan