10 Pola Culture Shock Di Indonesia

  • Bagikan
RajaBackLink.com

Selanjutnya mari coba kita lihat beberapa acuan yang ada di masyarakat tentang culture shock dalam kehidupan sehari hari.
Contoh Culture Shock, Gegar Budaya Akibat Perubahan Sosial
Ada beberapa teladan yang bisa kita lihat dari perubahan sosial di kehidupan masyarakat yang membuat terjadinya culture shock atau gegar budaya.
Apa saja ya contohnya yang ada di penduduk dalam kehidupan sehari harinya ? Mari simak dengan seksama berikut ini, yakni :
1. Pelajar yang galau dalam memulai belajar online atau daring selama pandemi Covid-19 sebab jarang melaksanakan mencar ilmu online.
Biasanya berguru secara eksklusif di sekolah bersama dan bertemu dengan para guru secara tatap muka. 
2. Mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri, yang permulaan awal niscaya akan mengalami kaget atau gegar budaya terhadap kebiasaan penduduk disana.
Yang mana pasti berbeda dengan kebiasaan, kegiatan, budaya, adat, yang ada di Indonesia dengan di luar negeri daerah ia kuliah tersebut. 
3. Kemajuan dunia digital menciptakan penduduk dapat dengan gampang mengakses internet, informasi yang disebar luaskan di media umum.
Namun, karena penduduk masih begitu awam terhadap isu yang benar, atau yang buka atau yang mana hoax.
Masih belum bisa membedakan, sehingga termakan dengan informasi tidak benar itu dan menyebar luaskannya di media umum.
Yang mana berujung pada duduk perkara hukum yang dihadapi seseorang alasannya adalah melanggar UU ITE dan peraturan lainnya. 
4. Ketika penduduk pedalaman diberikan smartphone atau laptop akan sedikit gundah awal mulanya dalam mengoperasikan atau menggunakannya.
Karena belum sudah biasa dalam menggunakan barang atau elektronika digital yang mutakhir mirip halnya hp dan laptop tersebut. 
5. Maraknya aplikasi shoping atau marketplace menciptakan penduduk di Indonesia dengan begitu leluasan dalam membeli barang.
Sehingga masyarakat tidak bisa lagi memilah mana kebutuhan dan keinginannya. Karena kemajuan pesat ini, masyarakat menjadi semakin konsumtif dalam berbelanja barang.
Apalagi berbelanja barangnya dengan mudah ada di hp masing masing, tinggal tekan dan pilih langsung masuk keranjang.
Besok telah pribadi dikirim ke alamat atau lokasi peserta yang telah ada tertera di aplikasi marketplace tersebut. 
Sekarang bisa kita lihat yang muda, bau tanah bahkan gemar belanja di aplikasi marketplace dengan secara berlebihan.
6. Selama pandemi Covid-19 ini para penjualkaki lima harus mengikuti kemajuan untuk memasukan jualannya ke dalam aplikasi mirip Grab, GoFood dan sejenisnya.
Sehingga masyarakat mampu melakukan reservasi disana dengan mudah tanpa perlu berkontak secara fisik.
Sebagian penjualmasih galau dalam melaksanakan registrasi dengan aplikasi tersebut, disinilah juga bagian dari gegar budaya tersebut. 
7. Masih adanya kekeliruan dalam menggunakan tisu bagia sebagai masyarakat Indonesia, yang mana terkadan tisu tolilet dipakai untuk tisu wajah atau tisu di tempat makan.
8. Mahasiswa yang dari kawasan ketika kuliah ke kota juga akan di awal awal mengalami gegar budaya alasannya, niscaya akan ada perbedaan dalam mengerjakan aktivitas sehari harinya. 
Misalnya dikala melaksanakan komunikasi antar sesamanya, pasti akan tidak sinkron jika menggunakan bahasa daerah.
Karena belum pasti seseorang yang diajak berkomunikasi itu bisa mengetahui dan mengetahui bahasa yang dipakai.
9. Adanya kemajuan teknologi info menciptakan hadirnya suatu kebudayaan baru yang menciptakan para dewasa anak millenial.
Hal ini dapat merubah dan menggerus kebudayaan tempat atau setempat, yang mana juga anak anak muda lebih menyukai budaya asing sebut saja budaya k-pop, dan lainnya.
10. Munculnya berbagai kejahatan dalam dunia digital balasan adanya perubahan sosial di masayrakat dan pastinya membuat adanya culture shock.
Sebut saja perjudian online, penipuan, dan masih banyak lagi misalnya yang ada di dalam kegiatan masyarakat tersebut. 
Nah itulah sekilas penjelasan, ulasan dan pembahasan perihal topik materi perihal 10 Contoh Culture Shock di Indonesia dalam kehidupan sehari hari di penduduk . 
Sumber Referensi : 
http://repository.uin-suska.ac.id/6873/3/BAB%20II.pdf
Baca Juga  7+ Pola Gangguan Kesehatan Mental Di Kehidupan Sehari Hari Masyarakat
  • Bagikan