5 Contoh Culture Shock Globalisasi Di Penduduk

  • Bagikan
RajaBackLink.com
 Contoh Culture Shock Globalisasi di Masyarakat 5 Contoh Culture Shock Globalisasi di Masyarakat

Sosiologi Info – Apa saja Contoh Culture Shock Globalisasi di Masyarakat dalam kehidupan sehari hari ? Simak disini ulasannya ya.
Pada era yang disebut masa globalisasi ini telah mampu menghipnotis berkembangnya ilmu dan teknologi dengan sungguh pesat. 
Tentunya masyarakat diminta untuk memiliki kesanggupan guna mengejar-ngejar kemajuan tersebut di mana untuk mampu mengembangkan kesanggupan.
Yang memungkinkan penduduk untuk mampu beradapatasi dari segala aspek. Ibaratkan seleksi alam, bagi mereka yang tidak mampu bersaing atau menyesuaikan.
Maka siap-siap akan tertinggal oleh arus globalisasi tersebut. Perubahan yang terjadi di kala globalisasi ini kerap menunjukkan kecemasan bagi individu yang menjalaninya. 
Kecemasan akan takut terasingkan maupun sebagainya. Hal inilah yang disebut dengan gegar budaya (culture shock).
Lalu, Apakah kau pernah mengalami sebuah gegar budaya atau culture shock di abad globalisasi seperti saat kini ini? 
Kalau belum, kamu mampu cek nih ada beberapa contoh dari culture shock atau gegar budayadi periode globalisasi. Kok bisa? Yuk Baca.
Sekilas Mengenal Apa Itu Culture Shock
Gegar budaya ialah reaksi  individu pada  lingkungan baru yang  belum dikenalinya sehingga menyebabkan reaksi awal.
Berupa khawatir akibat individu kehilangan gejala yang dikenalnya di lingkungan usang (Bochner, 2003). 
Gegar budaya (culture shock) sendiri terjadi alasannya  adanya  ketidaksetaraan  persepsi  antara  budaya  satu  dengan  yang lain.
Sehingga menciptakan sebuah budaya baru yang tiba ke budaya lainnya mengalami kehilangan harapan atau antisipasi kepada  kesamaan (Departemen  Kebudayaan  dan Pariwisata,  2008). 
Sehingga dapat kita tarik kesimpulan bahwa culture shock atau gegar budaya ialah suatu keadaan ketidaksiapan.
Atau ketidaksanggupan masyarakat untuk menerima bagian-unsur kebudayaan abnormal yang 
berlawanan dengan kebudayaan sendiri. 
Nah, sudah jelaskan apa itu culture shock atau gegar budaya? Maka dari itu mari kita diskusikan beberapa contoh culture shock globalisasi di penduduk .
Contoh Culture Shock Globalisasi Di Masyarakat
Gegar budaya ialah akibat yang ditimbulkan dari ketidaksiapan masyarakat dalam menrima globalisasi. Contoh gegar budaya antara lain selaku berikut :
1. Penggunaan Sosial Media
Salah satunya yaitu gegar budaya yang diakibatkan oleh globalisasi yang mampu memicu kemajuan teknologi dengan begitu pesat. 
Hal ini mampu menimbulkan maraknya aksi penipuan sebab banyak penduduk yang belum mengerti perihal dunia media sosial dan pertumbuhan teknologi informasi. 
Masyarakat belum siap akan hal itu, tak jarang penduduk yang sering tertipu sebab aksi penipuan merasa khawatir. 
Karena mereka tidak mengerti dan hanya langsung mempraktekkan tanpa mau membaca dampak dari hal tersebut.
2. Cara Berkomunikasi
Perbedaan dalam cara  berkomunikasi dan  minimnya pengertian  dalam berbudaya  juga   ialah salah satu pemicu.
Timbulnya gegar budaya  pada seorang  individu  yang baru berpindah  ke kawasan baru. Gegar budaya  yang  paling jarang disadari.
Oleh makhluk sosial yakni gegar  budaya dalam  berbahasa,  yang mana  berbahasa  sangat  penting  dalam  komunikasi  untuk  menjalin hubungan dengan orang lain.
Seperti; adanya perbedaan penuturan kata, perbedaan pelafalan, perbedaan  intonasi,  dan  adanya  bahasa  gaul.
Sehingga  setiap  individu  yang  mempunyai perbedaan bahasa yang sungguh signifikan akan sungguh bermasalah dengan keadaan tersebut.
3. Saat Menjadi Anak Rantau
Pada dasarnya gegar budaya umum  terjadi pada  individu  rantau yang  memulai  kehidupan  baru di  dareah  baru.
Dengan situasi dan keadaan budaya yang berbeda dengan budaya aslinya. Hal tersebut memungkinkan adanya permintaan untuk mengerti budaya yang gres.
Dan respon yang nampak tidak selalu mampu eksklusif menawarkan hasil yang tepat dengan cita-cita, yang mana kondisi mirip itu  disebabkan.
Karena  adanya  perbedaan  bahasa,  adat  istiadat,  tata  cara  berkomunikasi, yang mana memerlukan proses dalam mempelajari  hal  baru.
Yang lalu akan diketahui dan diterapkan oleh individu perantau di kesehariannya. 
Tak jarang saat berada di kawasan tersebut pastinya akan mengalami gegar budaya karena belum sudah biasa dan mencoba untuk menawan diri dari lingkungan sekitar.
4. Makanan 
Di kurun globalisasi kini ini sudah banyak inovasi yang terjadi khususnya pada kuliner. Bagi kita yang terbiasa memakan kuliner.
Seperti nasi dengan lauk pauk, ataupun nasi Padang akan merasa ajaib kalau sudah dihadapkan dengan keadaan baru. 
Banyaknya kuliner cepat saji yang sudah banyak kita temui di kota-kota besar menciptakan kita selaku seorang pendatang merasa tidak siap akan hal itu. 
5. Teknologi 
Teknologi ialah salah satu hal yang sungguh penting di periode globalisasi ini. Perkembangan teknologi yang cepat.
Menyebabkan banyak pembaharuan di dalam berbagai faktor dalam kehidupan bermasyarakat. Tak ayal banyak dari kita yang seringkali tidak siap untuk hal itu. 
Tetapi bila kita tidak mampu menyesuaikan dengan kemajuan yang ada, tentunya prinsip seleksi alam akan berlaku.
Nah, itulah sekilas ulasan singkat mengenai topik pembahasan ihwal Contoh Culture Shock Globalisasi di Masyarakat. Masih banyak teladan-acuan lain yang dapat kita jumpai saat kini ini.
Penulis Artikel : 

Mahasiswa Sosiologi Universitas Negeri Padang (UNP) Suci Kurnia Putri
Sumber Referensi : 

Bochner,  S.  (2003).  Culture  Shock  Due  to  Contact  with  Unfamiliar  Cultures.  Online Readings in Psychology and Culture, 8(1), 1–12.  

Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. (2008). Pendidikan Multikultural dan Revitalisasi Hukum Adat dalam Perspektif Sejarah. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Maizan, S. H., Bashori, K., & Hayati, E. N. (2020). Analytical theory: Gegar budaya (culture shock). Psycho Idea, 18(2), 147-154.
Baca Juga  Penjelasan 6 Tipe Jenis Kemiskinan Dan 6 Dampaknya
  • Bagikan