9 Faktor Penghambat Perubahan Sosial Di Masyarakat

  • Bagikan
RajaBackLink.com
 Faktor Penghambat Perubahan Sosial di Masyarakat 9 Faktor Penghambat Perubahan Sosial di Masyarakat

Sosiologi Info – Apa saja faktor penghambat adanya suatu pergantian sosial di penduduk , kenapa mampu masyarakat tidak mendapatkan adanya sebuah pergantian tersebut ?

Mau tahu jawabannya, simak klarifikasi dan ulasannya singkat berikut ini semoga dapat dengan gampang mengerti topik diatas. Yuk baca.

Sekilas Memahami Perubahan Sosial

Proses yang terus berlangsung di kehidupan penduduk membuat akan terjadinya suatu pergeseran sosial.

Masyarakat pada akibatnya akan mendapatkan sebuah pergeseran sosial tersebut untuk dijadikan sebuah hal yang baru.

Dalam jalinan atau kekerabatan acara sosial di antara semua masyarakat yang ada dalam satu struktur atau dalam satu lingkungan.

Namun, ternyata ada saja beberapa aspek penyebab terjadinya penghambat suatu pergeseran sosial di masyarakat. 

Nah sebelum jauh untuk mengetahui pergeseran sosial yang menjadi penghambat apa saja. Mari kita ketahui dahulu sekilas pemahaman dari pergantian sosial tersebut. 

Menurut tokoh atau andal Soedjono Dirdjosisworo menjelaskan bahwa pergeseran sosial ialah sebuah pergeseran yang fundamental dimana yang terjadi dalam struktur sosial, sistem sosial, dan organisasi sosial.

Selanjutnya, berdasarkan Wilbert Moore menyampaikan pergantian sosial itu mencakup perubahan pada struktur perihal contoh contoh sikap dan integrasi yang ada di masyarakat. 

Kemudian menurut Selo Soemardjan menyebut pergeseran sosial ialah segala perubahan pada lembaga kemasyarakatan dalam sebuah penduduk . 

Yang mana mensugesti pada metode sosial masyarakat tersebut, termasuk di dalamnya nilai, perilaku, dan teladan kelakuan di antara golongan dalam penduduk yang ada tersebut.

Nah itulah sekilas pengertian untuk mengerti pergeseran sosial yang terjadi di penduduk secara perlahan dan terus menerus.

Faktor Penghambat Terjadinya Perubahan Sosial

Ada beberapa faktor penting yang menjadi penyebab terhambatnya suatu terjadinya perubahan sosial di penduduk , adalah :

Baca Juga  Gegar Budaya Imbas Negatif Dan Konkret Di Kehidupan Masyarakat

1. Adanya suatu budbahasa atau kebiasaan di dalam penduduk bisa menjadi penyebab terhambatnya proses pergeseran sosial tersebut.

2. Sikap penduduk yang masih sungguh tradisional dalam menerima hal hal baru di lingkungan dan dalam kehidupan sehari harinya. 

3. Kurangnya interaksi dan relasi dengan masyarakat lain yang ada di luar lingkungan individu atau golongan masyarakatnya tersebut.

4. Adanya sebuah perkembangan ilmu wawasan yang sungguh lambat untuk sampai di tempat penduduk tersebut.

5. Adanya suatu kepentingan kepentingan yang telah tertanam dengan kuat atau vested interests.

6. Adanya rasa takut yang berlebihan dari penduduk akan terjadinya atau goyahnya sebuah integrasi kebudayaan yang ia miliki, dikala masuknya sebuah pergantian tersebut.

7. Adanya suatu prasangka praduga terhadap hal hal baru atau yang abnormal sehingga membuat seseorang menjadi lebih tertutup dalam menerima gosip dari luar.

8. Adanya hambatan kendala dalam hal yang bersifat idologis di suatu penduduk dalam mendapatkan hal gres dari luar.

9. Adanya nilai bahwa hidup pada hakikatnya buruk dan tidak nya mungkin  mampu diperbaiki, juga bisa menjadi penghambat perubahan sosial di penduduk . 

Nah itulah sekilas pengertian dan penjelasan tentang ada 9 Faktor Penghambat Perubahan Sosial di Masyarakat. 

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi untuk Kelas 12 SMA dan MA kalangan peminatan ilmu ilmu sosial penulisnya oleh Dwi Mulyono

  • Bagikan