Acuan Culture Shock Dalam Komunikasi Antarbudaya

  • Bagikan
RajaBackLink.com

Contoh Culture Shock Dalam Komunikasi Antarbudaya Contoh Culture Shock Dalam Komunikasi Antarbudaya

Sosiologi Info – Contoh Culture Shock Dalam Komunikasi  Antarbudaya. Komunikasi antarbudaya kadang-kadang terdengar susah untuk dikerjakan.

Karena contoh hidup dan kebudayaan yang saling berbeda. Akan membuat kesalahpahaman diantara kedua individu. 

Sehingga perlu adanya sesuatu yang dapat menurunkan tingkat kesalahpahaman diantara dua individu. Agar tidak terjadi hambatal dalam berkomunikasi. 

Peranan bahasa ialah alat yang sangat penting dalam komunikasi antarbudaya. Tak ayal terjadi yang namanya gegar budaya (culture shock) dalam komunikasi antarbudaya itu sendiri. 

Lalu, Apakah kau pernah mengalami sebuah gegar budaya atau culture shock  dikala berjumpa dnegan orang yang kebudayan nya  berlainan dengan kita?

Apakah terjadi gegar budaya seperti perasaan ketidaksiapan dalam hal itu? 

Kalau belum, kamu bisa cek nih ada contoh dari culture shock atau gegar budaya dalam komunikasi antarbudaya. Kok bisa? Yuk Baca.

Sekilas Mengenai Culture Shock

Penjelasan terkait apa itu cultur shock telah kita bahas pada artikel sebelumnya. Untuk mengingatkan kembali terkait pengertian cultur shock.

Alangkah lebih baiknya kita menjelaskan kembali apa itu cultur shock. Culture Shock yakni suatu keadaan atau keandaan mental yang timbul.

Akibat adanya transisi dari situasi atau lingkungan yang sudah diketahui dengan baik ke lingkungan gres yang berlainan, dan aneka macam kebiasaan yang kita pahami selama ini tidak efektif untuk diterapkan pada lingkungan yang baru. 

Culture shock atau gegar budaya juga dapat disebabkan oleh adanya sebuah pertentangan antara nilai budaya yang dipegang penduduk berhadapan dengan budaya gres. 

Sehingga dapat kita tarik kesimpulan bahwa culture shock atau gegar budaya adalah suatu kondisi ketidaksiapan.

Atau ketidaksanggupan masyarakat untuk menerima komponen-bagian kebudayaan ajaib yang berlainan dengan kebudayaan sendiri.

Baca Juga  Pengertian Modernisasi : Syarat, Pengaruh Positif Dan Negatif

Nah, telah jelaskan apa itu culture shock atau gegar budaya? Maka dari itu mari kita diskusikan beberapa teladan culture shock dalam komunikasi  antarbudaya

Contoh Culture Shock Dalam Komunikasi Antarbudaya

Menurut Liliweri (2009:12-13) komunikasi antar budaya merupakan interaksi dan komunikasi antar langsung yang dilaksanakan oleh beberapa orang yang mempunyai latar belakang kebudayaan yang berlainan. 

Dalam menjalani proses komunikasi antar budaya pasti akan mengalami sebuah keterkejutan budaya yang berlawanan dengan budaya asal kita. 

Keberadaan dua suku bangsa dengan latar belakang budaya berlainan dan bertempat tinggal dalam satu kawasan tentu saja mengakibatkan terjadinya.

Proses sosial berkenaan dengan perjuangan pembiasaan diri dengan mendapatkan acuan-contoh dan aturan-hukum komunikasi dominan yang yang ada pada masyarakat pribumi.

Komunikasi antar budaya ialah komunikasi yang terjadi di antara orang-orang yang memiliki kebudayaan yang berlawanan (bisa beda ras, etnik, atau sosioekonomi, atau campuran dari semua perbedaan ini). 

Menurut Stewart komunikasi antarbudaya adalah komunikasi yang terjadi dalam sebuah kondisi yang menawarkan adanya perbedaan budaya, seperti bahas, nilai-nilai, budpekerti dan kebiasaan (Sobur,2014:399). 

Contoh dari gegar budaya dalam komunikasi antarbudaya ini mirip ketika kala perkuliahan kita akan berjumpa dengan sahabat-sahabat yang berlainan suku bangsa. 

Keberadaan dua suku bangsa dengan latar belakang budaya berlawanan dan bertempat tinggal dalam satu kawasan tentu saja menjadikan terjadinya proses sosial.

Berkenaan dengan usaha penyesuaian diri dengan menerima contoh-teladan dan hukum-hukum komunikasi secara umum dikuasai yang yang ada pada penduduk pribumi. 

Hal ini pastinya sering kita jumpai, utamanya selaku anak rantau yang kuliah ataupun melakukan pekerjaan di kawasan lain. 

Dihadapkan dengan berbagi contoh kebudayaan daerah tersebut membuat kita sering kali merasa tidak siap untuk membaur dengan hal tersebut. 

Baca Juga  Pemahaman Minority Consent, Kompromi, Integrasi, Segregasi Dan Contohnya

Dapat kita lihat bila kita satu kontrakan dengan sahabat yang berasal dari suku bangsa sunda yang identik dengan tutur kata yang lemah lembut.

Kemudian kita juga bertemu dengan teman yang berasal dari suku bangsa batak yang tutur katanya boleh dibilang cukup keras.

Dari hal ini kita berpikir, kalau kita dari suku bangsa minang tidak bisa dengan hal itu. Ketidaksiapan inilah yang memunculkan yang namanya gegar budaya. 

Hal ini juga disebabkan oleh adanya unsur-bagian baru yang menghampiri kita. Tak jarang, kita kadang-kadang menarik diri dari lingkungan kebudayaan yang berbeda tersebut. 

Hal ini juga berlaku bagi orang mancanegara yang belum terbiasa dengan kebudayaan kita. Mereka yang cenderung bebas, sedangkan kita memiliki yang namanya nilai dan norma sebagi alat kendali dalan bertingkah. 

Meskipun begitu, gegar budaya tak selamanya juga memperlihatkan dampak yang negatif selama kita terpelajar memilahnya. 

Dengan bertemunya kita bersama suka bangsa lain, kita akan mendapatkan pengalaman gres. Meskipun awalnya kita membutuhkan adaptasi.

Nah, itulah sekilas ulasan singkat perihal topik pembahasan perihal Contoh Culture Shock dalam Komunikasi Antarbudaya. Masih banyak acuan-pola lain yang dapat kita jumpai tentunya.

Penulis Artikel : 

Mahasiswa Sosiologi Universitas Negeri Padang (UNP) Suci Kurnia Putri

Sumber Referensi : 

Liliweri, Alo. (2009). Makna Budaya dalam Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: LkiS.

Nasution, I. A. (2020). Gegar Budaya Dalam Konteks Komunikasi Antarbudaya Politisi Muda di DPRD Provinsi Sumatera Utara.

Sobur, Alex. (2014). Ensiklopedia Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tahir, P. E. (2019). Culture Shock Dalam Komunikasi Antarbudaya (Studi Deskriptif Kualitatif Pada mahasiswa Papua di Atma Jaya Yogyakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta).

Baca Juga  Pengaruh Negatif Globalisasi Di Bidang Pendidikan, Komunikasi, Transportasi
  • Bagikan