Ada 2 Pendekatan Ilmiah, Ini Klarifikasi Dan Contohnya

  • Bagikan
RajaBackLink.com
 Sudah pernah membaca dan mengetahui dua pendekatan ilmiah dalam melakukan proses kebenara Ada 2 Pendekatan Ilmiah, Ini Penjelasan dan Contohnya

Sosiologi Info – Sudah pernah membaca dan mengenali dua pendekatan ilmiah dalam melaksanakan proses kebenaran dari sebuah penelitian ?

Nah jika gitu kamu bisa membaca klarifikasi dan ulasan perihal dua pendekatan ilmiah, yuk baca lebih lanjutnya.

Sekilas Memahami Penelitian

Secara arti penelitian atau riset berasal dari kata research yang dari kata re artinya kembali dan search artinya mencari.

Dengan demikian, secara etimologi observasi mempunyai pemahaman mencari kembali, yaitu mencari bukti bukti gres yang dikembangkan menjadi teori untuk memperdalam dan memperluas ilmu tertentu.

Penelitian adalah bab dari rangkaian kegiatan ilmiah dalam rangka pemecahan suatu masalah yang ada di masyarakat. 

Ketika seseorang melaksanakan observasi, untuk mencari dan mendapatkan solusi dari hasil temuan temuan di lapangan tersebut. 

Menurut Soerjono Soekanto menjelaskan penelitian sosiologi yakni proses untuk mengungkapkan kebenaran yang didasarkan pada penggunaan rancangan dasar.

Dalam sosiologi yang dikenal luas sebagai sebuah ilmu pengetahuan sosial di masyarakat guna menemukan problem dan solusinya.

Nah di dalam proses observasi untuk meraih atau mendapatkan suatu kebenaran maka ada dua pendekatan baik ilmiah maupun non ilmiah.

Pada potensi kali ini kita akan membicarakan perihal pendekatan secara ilmuah, dibagi menjadi dua contoh pikir. Simak penjelasannya dibawah ya.

Pendekatan Ilmiah dalam Proses Mencapai Kebenaran

Ada beberapa hal penting dalam mengerti suatu fenomena sosial di masyarakat. Mulai dengan cara pola pikir yang dipakai untuk meraih kebenaran tersebut. 

Hingga banyak sekali hal yang dijalankan guna menandakan adanya suatu kebenaran yang ada di lingkungan kehidupan masyarakat sehari harinya. 

Nah pada kesempatan kali ini kita hanya akan mengulas singkat perihal dua pendekatan ilmiah yang ada, yaitu :

Baca Juga  10 Acuan Culture Shock Di Indonesia

1. Pendekatan Ilmiah Berpikir secara Rasional dan Sistematis

Pola pikir dalam meraih kebenaran dengan pendekatan ilmiah ini dimana di dasarkan pada wawasan yang diperoleh melalui berpikir secara rasional.

Begitu juga tidak terlepas dari pengalaman insan yang dikerjakan secara faktual dalam kesehariannya, dalam mendapatkan kebenaran tersebut. 

2. Pendekatan Ilmiah Berpikir secara Emperis

Pola pikir dalam pendekatan ini dimana kebenaran yang diperoleh melalui pengalaman. Oleh sebab dalam dua pendekatan ilmiah ini.

Perlu digabungkan guna menerima hasil tamat dalam sebuah observasi yang maksimal, sehingga adanya rasionalisme mampu memberikan kerangka aliran yang logis.

Serta emperis dalam memberikan kerangka untuk dapat memastikan suatu kebenaran yang ada di lingkungan masyarakat. 

Beberapa contoh yang mampu kita lihat di penduduk dalam teladan pikir dengan pendekatan ilmiah dalam penelitian yakni :

1. Ketika seseorang menderita penyakit atau sakit akan pergi ke Dokter maupun pergi berobat secara ilmiah, diperiksa, dan mencari atau berbelanja obat ke puskesmas dan apotik.

2. Kemudian dikala ada wabah atau virus Covid-19 maupun wabah virus lainnya maka seorang peneliti atau dokter akan mencari data di lapangan.

3. Melakukan uji atau tes laboratorium yang dilakukan para andal mengenai temuan di lapangan contohnya dalam hal ini memperoleh jenis virus apa.

4. Kemudian dijalankan untuk mendapatkan obat atau ramuan yang tepat untuk menghilangkan virus wabah penyakit tersebut di masyarakat.

Itulah hal hal yang dijalankan sebagai contoh dengan contoh pikir, pada pendekatan ilmiah untuk memperoleh dan menetralisir wabah virus penyakit di masyarakat.

Demikain klarifikasi dan ulasan perihal topik pembahasan tentang Ada 2 Pendekatan Ilmiah, Ini Penjelasan dan Contohnya.

Sumber Referensi :

Buku Sosiologi diperuntukan terhadap kelas X Sekolah Menengan Atas dan MA kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulisnya oleh Dwi Mulyono

Baca Juga  Dua Peristiwa Penting Yang Mendorong Lahirnya Sosiologi Di Dunia, Sebutkan !
  • Bagikan