Dampak Merkantilisme Juga Dirasakan Oleh Penduduk Di Nusantara

  • Bagikan
RajaBackLink.com

Dampak Merkantilisme Juga Dirasakan oleh Masyarakat di Nusantara Dampak Merkantilisme Juga Dirasakan oleh Masyarakat di Nusantara

Sosiologi Info – Pernah mendengar ungkapan Merkantilisme, apa sih itu ? Untuk menjawab pertanyaan kamu. Berikut kami berikan penjelasan singkat perihal Merkantilisme dan dampaknya bagi Indonesia.

Sekilas Mengenal Merkantilisme

Pemahaman mengenai merkantilisme yaitu ialah teori ekonomi yang menyatakan bahwa dimana kesejahteraan suatu negara.

Hanya ditentukan oleh banyaknya suatu aset atau modal yang disimpan oleh negara yang bersangkutan, bahwa besarnya volume perdagangan global sangat penting. 

Selanjutnya, untuk teori merkantilisme ini mengajarkan bahwa pemerintahan sebuah negara mesti dapat mencapai kesejahteraan.

Dengan melaksanakan dukungan terhadap perekonomian negara tersebut. Dalam pengaruhnya terhadap masyarakat, merkantilisme juga memberi pengaruh terhadap penduduk di Indonesia.

Beberapa Dampak dari Adanya Merkantilisme di Masyarakat Indonesia, ialah sebagai berikut :

1. Kedatangan Belanda pada dikala itu ke Nusantara dimana dengan pembentukan VOC di Batavia untuk menyingkir dari persaingan tidak sehat antar penjualeropo pada dikala itu. 

Tidak hanya itu, VOC juga mempunyai kekuatan monopoli dengan kerajaan kerajaan di Nusantara. Kemudian, VOC berhak untuk ikut campur dalam urusan intern kerajaan pada abad tersebut.

2. Adanya Pemberlakuan Sistem pada Sewa Tanah oleh Raffles

Dimana pemasukan negara pada era pemerintahan Raffles ditemukan dari pajak sewa tanah. Raffles menyampaikan bahwa tanah ialah milik negara.

Rakyat hanya mempunyai hak untuk mengolahnya. Selanjutnya, rakyat dibebaskan untuk menanam apapun, dengan syarat adanya pajak yang lancar dibayar pada ketika itu.

Namun, tata cara itu gagal untuk diterapkan terhadap masyarakat, kemudian rakyat diberikan keleluasaan untuk menanam, justru terjebak pada kebiasaan lama. 

Rakyat yang diberikan keleluasaan itu mereka menjual hasil panennya terhadap bupati, dan bukan terhadap pasar.

Akhirnya sistem sewa tanah pun tidak berhasil sebab hanya menguntungkan para tengkulak saja. 

Baca Juga  Pemahaman Kerjasama, Fasilitas, Asimilasi, Akulturasi Dan Misalnya

3. Adanya Stratifikasi Sosial di Masyarakat

Dimana dalam stratifikasi sosial ini ditetapkan oleh pemerintah belanda pada masa itu yang meliput golongan, ialah selaku berikut :

> Golongan 1 orang belanda dan orang asing kulit putih

> Golongan 2 orang timur aneh

> Golongan 3 orang pribumi

Adanya suatu pembedaan kelas sosial itu dibarengi dengan pembedaan pada hak dan keharusan suatu masyarakat. 

Itu dikerjakan untuk bertujuan menjaga prestise pemerintah kolonial dengan menciptakan superioritas orang kulit putih dan inferioritas orang pribumi di Indonesia.

Nah itulah sekilas klarifikasi dan pemahaman tentang topik pembahasan perihal Dampak Merkantilisme Juga Dirasakan oleh Masyarakat di Nusantara.

  • Bagikan