Jelaskan Bentuk Pengendalian Sosial Menurut Sifatnya, Beri Pola

  • Bagikan
RajaBackLink.com
Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli

Mulai dari pejabat yang korupsi, warga yang menyimpang dengan melakukan tindakan pemerkosaan, serta banyak sekali masalah penyimpangan lainnya.

Oleh sebab itu, perlu untuk melakukan sebuah pengendalian sosial di penduduk . Pengendalian sosial ialah pengawasan dari sebuah kalangan terhadap kelompok yang yang lain.

Maupun antara individu dengan individu, atau individu dengan golongan dan sebaliknya demikian. Itulah suatu pengendalian sosial di penduduk .

Baca Juga : Sifat dan Ciri Pengendalian Sosial Beserta Contohnya di Masyarakat

Menurut Peter L Berger menerangkan bahwa pengendalian sosial yaitu banyak sekali cara yang dipakai oleh masyarakat untuk melakukan penertiban kepada anggotanya yang menyimpang. 

Lalu apa saja bentuk dari pengendalian sosial yang ada di penduduk ? Nah berikut dibawah ini bentuk pengendalian sosial menurut sifatnya. Yuk baca.

Bentuk Pengendalian Sosial

Memang ada beberapa bentuk atau jenis dari pengendalian sosial di penduduk , mulai dari pengendalian sosial menurut caranya, hingga berdasarkan pelaku dan sasarannya.

Namun, pada kesempatan kali ini kita cuma akan membahas bentuk pengendalian sosial menurut sifatnya, ialah :

1. Upaya Preventif

Bentuk pengendalian sosial ini yakni upaya yang dilakukan untuk menghalangi terjadinya gangguan terhadap kedamaian serta ketertiban di masyarakat.

Nah lazimnya upaya ini dilaksanakan dengan cara lewat proses proses sosialisasi yang digenjot di masyarakat tersebut. 

Baca Juga : Pola dan Bentuk Pengendalian Sosial dan Contohnya di Masyarakat

Contohnya contohnya mirip ketika kini yang sedang abad pandemi Covid-19. Pemerintah lewat iklan, spanduk, dan sosialisasi kepada warga untuk patuh protokol kesehatan.

Agar tidak banyak lagi warga yang terpapar virus Covid-19. Begitu juga usul untuk mengikuti suntik vaksin Covid-19 yang gencar dikerjakan pemerintah.

Baca Juga  Imbas Pengangguran Bagi Ekonomi, Sosial, Pembangunan, Penduduk , Negara

2. Upaya Represif

Bentuk pengendalian sosial ini yakni upaya yang dijalankan untuk mengembalikan kedamaian dan ketertiban penduduk yang pernah ada sebelumnya.

Namun, terganggu. Nah upaya upaya represif dijalankan dalam bentuk menunjukkan seseorang hukuman kepada warga atau masyarakat yang menyimpang tersebut. 

Baca Juga : Jelaskan Bentuk Pengendalian Sosial Berdasarkan Caranya dan Beri Contoh

Atau seseorang yang melanggar sebuah norma yang sedang berlaku di penduduk . Misalnya acuan jatuhan hukuman penjara terhadap pelaku oknum pemerkosaan.

Oknum pejabat, gubernur, bupati, walikota, anggota dewan yang melakukan tindakan melawan hukum korupsi yang diberikan hukuman kurungan penjara oleh penegak aturan.

Nah itulah sekilas penjelasan untuk memahami pembahasan wacana Bentuk Pengendalian Sosial Berdasarkan Sifatnya Beri Contohnya di Masyarakat. Jelaskan ! Itulah jawabannya.

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi untuk kelas 11 Sekolah Menengan Atas dan MA pada kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulisnya oleh Dwi Mulyono

  • Bagikan