Mulai Besok, BlackBerry OS Disuntik Mati

  • Bagikan
Ilustrasi. Operating System atau OS BlackBerry akan disuntik mati per 4 Januari 2022. (Foto: Getty Images via AFP/KEVORK DJANSEZIAN)
Ilustrasi. Operating System atau OS BlackBerry akan disuntik mati per 4 Januari 2022. (Foto: Getty Images via AFP/KEVORK DJANSEZIAN)
RajaBackLink.com

Mulai 4 Januari 2022, OS Blackberry akan disuntik mati. Blackberrypun menghentikan sejumlah layanan utamanya termasuk semua layanan untuk ponsel.

Blackberry sendiri sempat populer dan mejadi ponsel pilihan karena adanya layanan pessan ekslusif yaitu Blackberry Messenger (BBM).

Sayangnya kehadiran serta kemajuan dari iPhone dan Android kurang bisa diantisipasi oleh Blackberry yang akhirnya membuat mereka tidak bisa bersaing.

Perusahaan mencoba mencari cara untuk mengatasi hal tersebut dengan melisensikan merek mereka, namun tampaknya sudah terlambat, sehingga tidak mengejutkan bahwa BlackBerry akhirnya memutuskan untuk berhenti dari pasal ponsel.

Pada 2017 telah Blackberry berkomitmen untuk setidaknya memberikan dukungan layanan untuk Blackberry 10 dan setidaknya dua taun dukungan juga untuk akses jaringan BlackBerry pada perangkat BBOS.

Kini Blackberry secara resmi telah mengumumkan bahwa pada 4 Januari 2022, mereka akan menghentikan OS BlackBerry dan berbagai layanan utama yang mendukung perangkat selulernya.

Dilansir dari laman resmi BlackBerry, mereka mengatakan: “Sebagai pengingat, layanan lawas untuk BlackBerry 7.1 OS dan versi sebelumnya, perangkat lunak BlackBerry 10, BlackBerry PlayBook OS 2.1, dan versi sebelumnya, tidak akan tersedia lagi setelah 4 Januari 2022.”

“Mulai tanggal ini, perangkat yang menjalankan layanan dan perangkat lunak lawas ini melalui baik koneksi operator atau Wi-Fi tidak akan lagi berfungsi dengan andal, termasuk untuk fungsi data, panggilan telepon, SMS, dan 9-1-1,” tambahnya.

Meski demikian, BlackBerry sebagai perusahaan tidak akan tutup sepenuhnya.

Perusahaan akan tetap beroperasi, dan kini fokus mereka adalah pada penyediaan perangkat lunak dan layanan keamanan cerdas untuk perusahaan dan pemerintah di seluruh dunia, seperti dikutip dari Ubergizmo.

“Saat ini BlackBerry berfokus pada penyediaan perangkat lunak dan layanan keamanan cerdas untuk perusahaan dan pemerintah di seluruh dunia,” tulis Blackberry dalam laman resminya.

Baca Juga  Mengatasi Remove BG Error 2021

Sumber CNNIndonesia

  • Bagikan