Fungsi dan Tugas Orbit Analyst

  • Bagikan
apa fungsi dan tugas seorang orbit analyst
apa fungsi dan tugas seorang orbit analyst
RajaBackLink.com

Apakah kalian pernah mendengar tentang orbit analyst ?  atau kalian ingin mengetahui fungsi dan tugasnya? Pada artikel ini kami akan membahas mengenai Fungsi dan tugas seorang orbit analyst.

Orbit Analyst sendiri mulai populer di Indonesia ketika Bank BRI meluncurkan satelitnya sendiri dimana ada seorang wanita asal Indonesia yang bergabung dalam team orbit Analyst.

Mengutip dari laman BRI TECH wanita itu bernama Pratiwi Kusumawardani .

Wanita kelahiran 1993 yang berasal dari Garut, Jawa Barat tersebut memiliki gelar Magister di bidang Science, Technology, Engineering & Mathematics (STEM) lulusan Institut Teknologi Bandung ( ITB menjabat sebagai Spacecraft Flight Dynamic Engineer atau Orbit Analyst di BRI.

Tak hanya itu, Pratiwi merupakan satu-satunya wanita asal Indonesia yang menjadi perwakilan BRI untuk mengikuti International Visitor Leadership Program pada tahun 2019 lalu yang diundang langsung oleh Departement Luar Negeri Amerika Serikat.

Program itu sendiri bertujuan memberikan kesempatan pada para calon pemimpin masa depan untuk mengunjungi Amerika Serikat agar dapat berinteraksi secara langsung dengan para akademisi maupun industri yang berkaitan dengan profesi di bidang Science, Technology, Engineering & Mathematics (STEM).

Untuk diketahui, Program ini hanya bisa diikuti oleh orang-orang yang sudah direkomendasikan kepada pemerintah Amerika Serikat, melalui kedutaan besar Amerika di Indonesia.

Sungguh prestasi yang sangat membanggakan ya.

Fungsi dan Tugas Orbit Analyst

funsi dan tugas orbit analyst

Seorang orbit analyst memiliki fungsi dan tugas untuk menganalisa astrodinamika penerbangan luar angkasa untuk memastikan peluncuran serta pengoperasaian satelit berjalan sesuai dengan baik dan benar pada lintasan orbit yang telah ditentukan sesuai dengan yang diharapkan.

Dibalik suksesnya peluncuran dan pengoperasian sebuah satelit peran orbit analyst sangatlah penting dikarenakan orbit analyst akan mengkalkulasi posisi satelit setelah berhasil diluncurkan berdasarkan Data Ranging dan Tracking.

Baca Juga  Kuota Belajar Kemendikbud Bulan November Disalurkan, Gini Cara Ceknya

Selain itu ia juga harus membuat rencana serta evaluasi pergerakan dan manuver setelah satelit berhasil diluncurkan kemudian  memperhitungkan  penggunaan bahan bakar satelit, masa hidup satelit dan prediksi kedekatan satelit dengan benda angkasa lainnya.

Jadi seorang orbit analyst menjadi sosok yang penting mulai dari peluncuran hingga masa berakhirnya satelit itu sendiri.

Peluang menjadi Orbit Analyst

Peluang menjadi orbit analyst sangatlah besar mengingat hampir setiap negara bahkan perusahaan telekomunikasi dan penyiaran hampir memiliki satelitnya sendiri. Dengan semakin banyaknya perusahaan menggunakan satelitnya sendiri tentunya posisi orbit analyst akan semakin dibutuhkan.

Kalian tertarik menjadi seorang orbit analyst seperti Pratiwi Kusumawardani? Yuk kunjungi situs BRI TECH karena disana kalian bisa mendapatkan informasi-informasi penting soal dunia teknologi baik yang berkaitan dengan bank BRI ataupun informasi teknologi umum lainnya. Tak hanya itu kalian juga bisa mengetahui informasi lowongan pekerjaan yang tersedia untuk bank BRI di BRI TECH.

Itulah tadi penjelasan singkat yang dapat kami berikan semoga dapat membantu kalian.

  • Bagikan