Teladan Sosiologi Pedesaan : Field Trip Di Kampung Gajeboh Baduy Luar

  • Bagikan
RajaBackLink.com

 Field Trip di Kampung Gajeboh Baduy Luar Contoh Sosiologi Pedesaan : Field Trip di Kampung Gajeboh Baduy Luar

Sosiologi Info – Ada banyak hal mempesona yang mampu dipelajari dalam sub disiplin sosiologi selaku sebuah ilmu wawasan, seperti misalnya sosiologi pedesaan.

Apa saja acuan dari sosiologi pedesaan yang mampu kita lihat pada kehidupan masyarakat sehari harinya di lingkungan sekitar ?

Simak pengalaman mengerti fenomena pada masyarakat pedesaan yang dijalankan Mahasiswa Sosiologi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berikut ini ya. Yuk baca.

Belajar Sosiologi Itu Menyenangkan

Mempelajari penduduk dengan memakai pendekatan sosiologi memang cukup menawan dan seru. Tentunya juga memberikan kesenangan dalam diri sendiri.

Bagi sebagian mahasiswa sosiologi niscaya akan merasakannya. Betapa seru dan menantangnya turun langsung berjumpa dengan masyarakat.

Apalagi bila ada mata kuliah yang ada untuk melaksanakan turun lapangan menyaksikan langsung kondisi penduduk lokal.

Sesuai dengan informasi yang ingin dilihat, serta secara konkret melihat fenomena sosial yang dirasakan dan dialami oleh masyarakat itu di dalam kehidupannya.

Pada setiap penduduk yang dijumpai pasti akan berlainan beda fenomena sosial maupun gejala yang dihadapinya.

Disesuaikan dengan dinamika, perubahan sosial, dan berbagai proses dari korelasi, interaksi, tindakan yang dilakukan setiap individu di dalam golongan tersebut di penduduk .

Nah seperti halnya yang dilakukan oleh Mahasiswa Sosiologi Angkatan 2019 Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang turun eksklusif ke penduduk .

Melihat eksklusif bagaimana fenomena sosial itu terjadi di dalam penduduk tersebut. Emang kemana sih Mahasiswa Sosiologi UNJ ini turun lapangan ?

 Field Trip di Kampung Gajeboh Baduy Luar Contoh Sosiologi Pedesaan : Field Trip di Kampung Gajeboh Baduy Luar

Pengalaman Saat Turun Lapangan

Ada beberapa mata kuliah yang lazimnya mengajak untuk mahasiswa turun pribadi ke lapangan, baik itu di pasar, desa, perkotaan, serta daerah lainnya.

Terpenting disana ada masyarakat yang melaksanakan aktivitas serta adanya interaksi, tindakan, proses, kekerabatan sosial terjalin antara insan, maupun antar kalangan.

Baca Juga  6 Pola Pengendalian Sosial Preventif, Represif Di Masyarakat

Dikutip Sosiologi Info dari Laman website resmi Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (UNJ), pada Senin, 20 Desember 2021.

Publikasi postingan di Laman situs web https://fis.unj.ac.id, dengan judul Field Trip Sosiologi Pedesaan di Baduy Luar, diterbitkan pada 18 November 2021, dengan nama admin usersosiologi.

“Mahasiswa Sosiologi Angkatan 2019 telah melaksanakan field trip di Kampung Gajeboh, Baduy Luar, Kabupaten Lebak. Selama tiga hari, pada tanggal 5-7 November 2021,” tulisnya, mirip dilansir Sosiologi Info.

Dijelaskan bahwa acara field trip ini sendiri merupakan rangkaian wajib dari mata kuliah Sosiologi Pedesaan yang diampu oleh mahasiswa semester 5. 

“Field trip dikerjakan agar mahasiswa mampu melihat pribadi objek yang hendak dipelajari dari mata kuliah Sosiologi Pedesaan, membuatkan pemikiran,” lanjutnya.

Kemudian juga merangsang kreatifitas sebab mahasiswa dapat melihat dan menunjukan sendiri fenomena sosial yang terjadi.

Sebelum turun ke lapangan, mahasiswa yang ikut diberikan pengarahan dulu. 

“Pak Zid memberikan briefing terhadap mahasiswa sebelum melaksanakan perjalanan ke Baduy Dalam,” tulisnya.

Kemudian dalam kesempatan itu juga mahasiswa melaksanakan presentasi dari hasil observasi dan wawancara yang telah dikerjakan. 

“Dimana pada setiap kelompok memiliki topik penelitian yang berlainan,” tutupnya.

Nah itulah sekilas pemahaman wacana topik pembahasan tentang Contoh Sosiologi Pedesaan : Field Trip di Kampung Gajeboh Baduy Luar.

Sumber Referensi dan Sumber Foto :

https://fis.unj.ac.id/sosiologi/2021/11/field-trip-sosiologi-pedesaan-di-baduy-luar/

  • Bagikan