Tipe Golongan Sosial Menurut Robert Bierstedt Dan Misalnya

  • Bagikan
RajaBackLink.com
Tipe Kelompok Sosial Menurut Robert Bierstedt dan Contohnya Tipe Kelompok Sosial Menurut Robert Bierstedt dan Contohnya

Sosiologi Info – Ada berapa pembagian dari tipe golongan sosial menurut Robert Bierstedt yang muncul di penduduk ?

Mau tahu simak pengertian dan penjelasan dibawah ini beserta dengan misalnya yang ada di masyarakat tersebut, yuk baca.

Memahami Kelompok Sosial di Masyarakat

Setiap individu yang melakukan aktivitas baik mengerjakan proses dan kekerabatan sosialnya telah pasti akan berdampingan dengan orang lain.

Baik itu dalam individu antara individu maupun individu antara kalangan, dan kelompok antara kelompok, niscaya akan saling bekerjasama. 

Oleh alasannya itu individu tidak akan bisa dipisahkan dalam lingkung kalangan sosialnya di masyarakat. 

Menurut Mayor Polak kalangan sosial yakni sejumlah orang yang saling berafiliasi dalam suatu struktur di masyarakat tersebut. 

Beberapa tipe atau jenis dalam golongan sosial juga menjadi bab penting untuk kau ketahui sebagai pelengkap tumpuan mengerti topik golongan sosial. 

Nah pada potensi kali ini kita akan mengulas sekilas tentang tipe kelompok sosial menurut Robert Bierstedr. 

Tipe atau Jenis Kelompok Sosial Menurut Robert Bierstedt

Menurut Robert, beliau mengklasifikasikan ada beberapa tipe dalam kalangan sosial, ialah setidaknya ada empat. 

Lanjutnya, kelompok sosial mempunyai banyak jenis dan dibedakan berdasarkan ada tidaknya sebuah organisasi, kekerabatan sosial antara kelompok, dan kesadarannya.

Dia membagi keempat golongan sosial itu menjadi berbagai tipe, ialah sebagai berikut :

1. Kelompok Statistik

Dimana pada tipe atau jenis kalangan yang ada di penduduk ini yang buka merupakan organisasi, ia tidak mempunyai kekerabatan sosial dan kesadaran jenis diantaranya. 

Misalnya teladan kalangan penduduk pada usia 10-15 tahun yang ada di suatu desa, kecamatan, kabupaten maupun tingkat provinsi di sebuah negara.

2. Kelompok kemasyarakatan

Dimana pada tipe kelompok jenis ini memiliki persamaan tetapi tidak mempunyai organisasi dan hubungan sosial diantara anggota masyarakatnya tersebut.

Baca Juga  Perilaku Menyimpang : Ada 5 Faktor Penyebab, 4 Bentuk, Dan Misalnya

3. Kelompok sosial

Dimana pada tipe atau bentuk golongan sosial ini yaitu kalangan yang anggotanya memiliki kesadaran jenis dan hubungan satu dengan yang yang lain. 

Namun, tidak mempunyai ikatan atau tidak terikat dalam ikatan organisasi. Misalnya acuan kelompok persahabatan, saudara, dan lainnya.

4. Kelompok asosiasi

Dimana pada kelompok bentuk atau macam ini ialah golongan yang anggotanya mempunyai kesadaran jenis dan persamaan akan kepentingan eksklusif maupun bareng .

Nah dalam tipe ini para anggotanya melakukan hubungan sosial, kontak serta melaksanakan komunikasi serta mempunyai ikatan organisasi yang resmi.

Misalnya pola kelompok partai politik, kelompok organisasi pengusaha, dan banyak lagi misalnya mampu kau lihat sendiri ya di penduduk . 

Nah itulah sekilas mater klarifikasi tentang topik pembahasan perihal Tipe Kelompok Sosial Menurut Robert Bierstedt dan Contohnya.

Sumber Referensi :  

Buku Sosiologi untuk kelas 10 Sekolah Menengan Atas dan MA pada kelompok peminatan ilmu ilmu sosial yang ditulis oleh penulis Dwi Mulyono

  • Bagikan