10 Pola Efek Pertentangan Nyata Dan Negatif Di Masyarakat

  • Bagikan
RajaBackLink.com
 Contoh Dampak Konflik Positif dan Negatif di Masyarakat 10 Contoh Dampak Konflik Positif dan Negatif di Masyarakat

Sosiologi Info – Apa saja imbas konflik yang terjadi di penduduk dalam kehidupan sosial penduduk ? Dampak konflik ini pun ada yang mengarah pada konkret dan negatif. 

Simak penjelasan dan ulasannya berikut ini, beserta contohnya di kehidupan sosial masyarakat sehari harinya. 

Memahami Sekilas Konflik di Masyarakat

Kenapa senantiasa ada kontradiksi ? Itulah yang memang tidak mampu dipisahkan dari kehidupan sosial penduduk .

Dimana pun insan menjalani interaksi, berkontak pribadi, bertindak, berperilaku, dalam korelasi sosial. 

Proses sosial itulah yang terus dikerjakan oleh setiap individu, manusia dalam aktivitas sehari harinya dengan orang lain. 

Dalam lingkup kecil saja, mirip misalnya di dalam keluarga, juga terjadi proses sosial itu, bahkan di keluarga menjadi tahapan permulaan yang utama untuk dilakukan. 

Karena seseorang yang lahir, pertama kali mendapatkan proses sosial itu ya di dalam lingkungan keluarga, barulah ke lingkungan penduduk yang lebih luasnya. 

Disinilah nilai, norma, serta aneka macam proses korelasi sosial itu ditemukan oleh setiap individu, baik dengan sesama individu, maupun dengan sesama kalangan penduduk . 

Nah di dalam menlaksanakan proses sosial ini, tentunya tidak akan gampang dan mudah, alasannya adalah pasti akan ada perbedaan, yang menimbulkan adanya sebuah pertentangan sosial. 

Dilansir dari KBBI menerangkan pemahaman pertentangan ialah percekcokan, pertikaian, atau pertentangan. 

Selanjutnya, dalam Sosiologis, konflik ialah selaku sebuah proses sosial diantara dua orang atau bahkan lebih.

Maupun di dalam kalangan masyarakat yang berusaha menyingkirkan pihak lain, dengan cara merusak maupun menjadikannya tidak berdaya.

Dengan adanya pertentangan menciptakan adanya ketidakteraturan di penduduk . Memang tidak semua pertentangan itu mengarahkan pada segi negatifnya saja.

Misalnya Lewis Coser mengartikan pertentangan sosial yang terjadi di penduduk selaku bentuk konflik yang mengarah kepada hal yang aktual. 

Baca Juga  Pemahaman Keberagaman Dan Misalnya Di Penduduk

Itu artinya tidak semua konflik itu kita artikan mengarah terhadap hal hal yang negatif serta membuat sebuah kehancuran tatanan nilai, norma dan integritas sosial masyarakat. 

Faktor Penyebab Konflik Sosial di Masyarakat

Ada beberapa aspek penyebab terjadi pertentangan sosial diantara individu maupun di masayrakat dalam lebih luasnya, adalah :

1. Adanya perbedaan persepsi, pola pikir, dan perspektif diantara individu/penduduk

2. Adanya kepentingan yang menyebabkan terjadinya konflik

3. Adanya interaksi yang salah atau komunikasi yang terjadi ada mis-komuniasi/kesalahpahaman yang ada di penduduk

4. Adanya pergantian sosial yang mampu juga menjadi balasan pertentangan

5. Adanya pengaruh aspek kebudayaan yang dilakukan oleh setiap individu/penduduk   

Setelah diatas kita mengetahui sekilas pemahaman konflik, dan beberapa faktor penyebabnya. Mari simak dibawah ini beberapa teladan pengaruh konflik baik yang aktual maupun negatif.

Dampak Positif Adanya Konflik Sosial

Ada beberapa teladan imbas konflik kasatmata yang ada di lingkungan kehidupan sosial masyarakat, yaitu :

1. Adanya konflik mampu memperjelas faktor kehidupan yang ada di masyarakat utamanya yang belum jelas atau masih dalam angan-angan yang belum tuntas.

2. Konflik mampu menyesuaikan kembali keberadaan nilai dan norma serta berbagai hubungan sosial di dalam penduduk , baik dengan individu maupun dengan golongan.

3. Adanya pertentangan dapat juga memperlihatkan dan meningkatkan solidaritas sosial yang terjadi antara individu atau masyarakat. 

4. Konflik juga mampu membuat norma baru dan nilai gres dalam kehidupan sosial penduduk , dengan demikian mampu mengubah nilai dan norma yang usang. 

5. Adanya pertentangan mampu membuat keseimbangan sosial di penduduk itu, yang terjadi antara berbagai kekuatan-kekuatan yang ada di dalam penduduk . 

Itulah sekilas mengetahui beberapa pengaruh positif adanya pertentangan sosial yang berlangsung di dalam kehidupan bermasyarakat. 

Baca Juga  Pengertian Persaingan, Kontravensi, Pertentangan, Dan Contohnya Di Penduduk

Dampak Negatif Adanya Konflik Sosial

Ada beberapa teladan dampak konflik negatif yang ada di lingkungan kehidupan sosial masyarakat, ialah :

1. Dapat menyebabkan dan mengakibatkan adanya keretakan maupun rusaknya kebersamaan di dalam penduduk yang mengalami konflik tersebut

2. Dapat menyebabkan hadirnya rasa takut warga yang berada di sekitaran penduduk yang berkonflik, apalagi bila itu sampai menyantap korban.

3. Dapat meminimalisir, atau bahkan menghilangkan rasa saling mengasihi, menghormati, menghargai, antar sesama makhluk hidup, insan di lingkungan kemasyarakatan.

4. Dapat membuat runtuhnya nilai, norma, dan integrasi atau integritas sosial yang berlangsung di masayrakat akibat adanya pertentangan tersebut.

5. Dapat menciptakan timbul rasa kecurigaan, unsur balas dendam diantara masyarakat yang pernah berkonflik.

Serta membuat keinginan untuk balas dendam, dan membuat kekerabatan sosial menjadi tidak serasi. 

Itulah sekilas mengerti beberapa dampak negatif adanya pertentangan sosial yang berlangsung di dalam kehidupan bermasyarakat. 

Bagaimana apakah telah mengetahui kini apa saja imbas faktual dan negatif dari adanya konflik sosial antara masyarakat.

Nah itulah sekilas klarifikasi tentang 10 Contoh Dampak Konflik : Positif dan Negatif di Masyarakat. Sebenarnya ada banyak, silahkan sahabat teman mencari teladan imbas lainnya ya.

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi untuk Kelas XI SMA dan MA Kelompok Peminatan Ilmu Ilmu Sosial Penulis Dwi Mulyono

www.ruangguru.com

www.brainly.co.id

  • Bagikan