3 Macam Persoalan Sosial Dan Contohnya Di Kehidupan Masyarakat

  • Bagikan
RajaBackLink.com
 Macam Masalah Sosial dan Contohnya di Kehidupan Masyarakat 3 Macam Masalah Sosial dan Contohnya di Kehidupan Masyarakat

Sosiologi Info – Apa saja macam-macam problem sosial yang sering dijumpai dalam kehidupan masyarakat sehari-hari ? 

Simak berikut ulasan dan klarifikasi, beserta contohnya di penduduk . 

Sekilas Mengenal Masalah Sosial

Masalah sosial ialah suatu ketidaksesuaiannya antara bagian bagian kebudayaan penduduk , dimana mampu membahayakan kehidupa sosial golongan penduduk tersebut.

Misalnya ketika terjadi bentrokan antara aneka macam komponen yang mampu mengakibatkan dan menjadikan gangguan korelasi sosial. 

Seperti retak, goyahnya jalinan komunikasi/kekerabatan antara individu atau golongan sosial akhir adanya dilema sosial tersebut.

Nah, persoalan sosial ini muncul alasannya adalah adanya ketidaksamaan, perbedaan yang mencolok antara nilai yang ada di penduduk , dengan realita yang ada di kehidupan sosial.

Kehadiran dilema sosial menyangkut dengan nilai nilai sosial dan budpekerti yang tidak lagi sesuai dengan konsensus atau komitmen terhadap norma yang berlaku. 

Adanya ketidaksepakatan untuk melakukan nilai dan norma itulah selaku awalan hadirnya dilema sosial yang melanggar hukum, serta tindakan sikap individu/kelompok yang menyimpang.

Dengan demikian, duduk perkara sosial adalah peristiwa yang ada di masyarakat yang melanggar nilai dan norma, serta eksistensi masalah sosial ini tidak diharapkan oleh penduduk . 

Masyarakat tak mau adanya persoalan sosial karena akan menimbulkan kegoyahan nilai dan norma yang telah menjadi kebiasaan untuk dikerjakan.

Haru tercoreng dengan adanya ulah segelintir individu maupun kelompok masyarakat yang tidak lagi sesuai dan tidak lagi menjalankan sesuai dengan komitmen bareng . 

Berdasarkan Rung Lingkupnya Masalah Sosial Ada Tiga

Masalah sosial menurut golongannya, sesuai dengan ruang lingkup kehidupannya, mencakup masalah sosial dalam ruang lingkup individu, keluarga, dan penduduk . 

1. Masalah Sosial dalam Lingkup Individu

Pada duduk perkara sosial ini dimana dilema persoalan sosial yang muncul dalam kehidupan penduduk .

Baca Juga  Gerakan Sosial Yang Pernah Terjadi Di Indonesia

Meliputi contohnya mirip pengangguran, kriminalitas, kemiskinan, perbedaan ekonomi dan sosial yang terlihat di penduduk . 

Karena beliau lebih kepada objeknya sendiri (individu), dimana duduk perkara sosial individu bersumber sendiri dari masalah pribadinya tersebut. 

2. Masalah Sosial dalam Lingkup Keluarga

Keluarga tidak akan bisa dipisahkan dari persoalan sosial yang terjadi dikehidupan bermasyarakat. 

Masalah sosial ini disebabkan alasannya adanya bagian atau aturan tertentu yang tidak berfungsi dengan baik, sehingga mengakibatkan ketidakpuasan dan penyesalan.

Ada tiga penjelasan persoalan sosial dalam keluarga yaitu :

a. Faktor Ekonomi

Misalnya contohnya tingkat kemiskinan yang masih terjadi di dalam beberapa keluarga. 

b. Faktor Biologis

Misalnya misalnya saat orang tua bercerai akan menawarkan imbas kepada anak yang ditinggalklan. 

c. Faktor Psikologi

Misalnya contohnya sifat-sifat pengengkangan atau otoriternya orang bau tanah, dan acuan lainnya.

3. Masalah Sosial dalam Lingkup Masyarakat

Dimana problem sosial dalam lingkup masyarakat mampu terjadi dimana saja, baik di desa dan di masyarakat perkotaan. 

Kita mampu menyaksikan dilema sosial yang terjadi seperti contohnya ada pengangguran, kemiskinan, perselisihan, bentrok, serta berbagai problem sosial yang muncul di kota maupun di penduduk desa itu sendiri. 

Nah itulah sekilas mengenal penjelasan macam macam dilema sosial beserta contoh-contohnya yang ada di kehidupan bermasyarakat sehari-harinya. 

Sumber Referensi :

Buku Sosiologi Kelas 10 Sekolah Menengan Atas/MA

  • Bagikan