Cara Menangani Ketimpangan Sosial, Mulai Dari Pemerintah, Bank Dunia, Ini Penjelasannya

  • Bagikan
RajaBackLink.com
 Bagaimana upaya dan cara mengatasi ketimpangan atau kesenjangan sosial di lingkungan masy Cara Mengatasi Ketimpangan Sosial, Mulai dari Pemerintah, Bank Dunia, Ini Penjelasannya

Sosiologi Info – Bagaimana upaya dan cara menangani ketimpangan atau kesenjangan sosial di lingkungan penduduk ?

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilaksanakan mulai dari kebijakan pemerintah, penyediaan berbagai akomodasi penunjang, dan yang lain. Yuk simak.

Penjelasan Mengenai Ketimpangan Sosial

Ketimpangan atau juga disebut selaku kesenjangan sosial ialah masalah yang terjadi di aneka macam kehidupan masyarakat. 

Hampir disemua sektor lini kehidupan adanya kesenjangan tersebut. Misalnya seperti dibidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan banyak lagi.

Terjadinya ketimpangan sosial di penduduk . Bahkan, tidak cuma terjadi pada masyarakat kota, pada penduduk pendesaan juga mengalami kesenjangan tersebut. 

Kesenjangan atau ketimpangan sosial ialah merupakan suatu kondisi ketidakseimbangan yang ada di penduduk . 

Misalnya bisa kita lihat dalam kedudukan orang kaya dan orang miskin. Ketimpangan juga memiliki arti ketidaksamaan akses dalam menerima atau juga ikut mempergunakan.

Sumber daya yang tersedia. Padahal sumber daya yang tersedia itu lazimnya untuk kepentingan penduduk luas secara bahu-membahu. 

Ketimpangan juga terjadi sebab tidak adanya potensi dalam melaksanakan pergantian diri seseorang individu.

Atau pun adanya ketegangan dalam menjaga kekayaan alam yang dimiliki oleh masyarakat, untuk bertahan hidup.

Lalu bagaimana, cara menangani masalah ketimpangan atau kesenjangan sosial ? Berikut penjelasannya.

Cara dan Upaya Mengatasi Ketimpangan Sosial

Upaya pencegahan untuk meminimalkan ketimpangan sosial di penduduk harus dijalankan. Jangan sampai kesenjangan sosial ini memberikan imbas jelek terhadap.

Keberlangsungan kehidupan sosial penduduk . Banyak pihak mulai ikut terlibat dalam mengatasi dilema ketimpangan ini. 

Mulai dari pemerintah, komunitas, forum nasional dan internasional, serta lewat aneka macam peraturan resmi dari undang-undang yang berlaku. 

Berikut ini beberapa cara dan upaya serta penyelesaian yang dijalankan untuk mengatasi ketimpangan sosial tersebut, ialah : 

Baca Juga  Teladan Culture Shock Dalam Masyarakat

1. Melalui aneka macam Kebijakan Pemerintah

-Misalnya memajukan kualitas pendidikan dan menjamin serta memberi akses seluas-luasnya terhadap warga yang kurang mampu untuk sekolah. 

-Selanjutnya, upaya dalam mengatur laju kemajuan penduduk yang makin meningkat setiap tahunnya. 

Upaya pencegahan dan menghemat angka kelahiran pun perlu dijalankan lewat kebijakan, contohnya program KB dan sejenisnya. 

-Kemudian, menciptakan lapangan pekerjaan yang berkaitan kepada warga, serta mendukung aktivitas dibidang pertanian, maupun bidang lainnya. 

-Menyalurkan pendistribusian secara merata terhadap penduduk , contohnya seperti sumber daya alam yang kesannya dicicipi semua warga.

Jangan hanya oleh segelintir orang tertentu saja yang berdekatan dengan penguasa atau elit politik.

-Terakhir, dukungan-dukungan sosial dari pemerintah terhadap warga yang kurang mampu mesti merata, tepat sasaran dan tidak dikorupsikan oleh oknum terkait. 

Kebijakan yang tertuang dalam Undang Undang Dasar 1945 adalah pada pasal 33 ayat 1 dan 2. Selanjutnya, pasal 34 ayat 1 dan 2.

Kemudian, Undang Undang No 39 Tahun 1999 ihwal Hak Asasi Manusia, serta adanya Undang Undang No 11 Tahun 2009 wacana Kesejahteraan Sosial. 

2. Saran dari Bank Dunia

Tidak hanya lewat kebijakan pemerintah lokal. Bank Dunia juga menawarkan cara dan penyelesaian dalam menangani ketimpangan sosial tersebut, yakni :

-Menciptakan lapangan kerja

-Merancang acara jaminan sosial

-Memberlakukan pungutan pada pajak

-Melakukan peluncuran aneka macam program kepada masyarakat

3. Versi Buku Pegangan Perencanaan Pembangunan Daerah 

Apa yang bisa dilakukan dalam upaya mengatasi ketimpangan sosial ? Yaitu dengan melaksanakan pemerataan, memperlihatkan kesempatan kepada seluruh warga.

Dalam ikut berperan aktif pada proses pembangunan, ikut menikmati hasil pembangunan, mengembangkan akses dan kualitas pada dunia pendidikan, kesehatan, dan bidang yang lain.

Baca Juga  Tipe Kalangan Sosial Berdasarkan W G Sumner : In-Out Group, Contohnya

Nah itulah penjelasan singkat mengenai Cara Mengatasi Ketimpangan Sosial, Mulai dari Pemerintah, Bank Dunia, Apa Saja ?.

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi Kelas XII SMA dan MA Penulis Dwi Mulyono

http://blog.unnes.ac.id

https://brainly.co.id

  • Bagikan