Ciri Ciri 5 (Fase) Tahap Pembangunan Menurut Rostow

  • Bagikan
RajaBackLink.com
Lima Tahap Pembangunan Menurut Walt Whitman Rostow, Ini Penjelasannya

Ciri dari 5 Fase Tahapan Pembangunan Menurut Rostow

Ada beberapa ciri yang dipaparkan oleh ahli ekonomi dan politikus Rostow dalam menyaksikan proses pembangunan dari suatu negara. Berikut klarifikasi dari masing-masing ke lima tahapan pembangunan tersebut, yakni :

1. Tahapan Masyarakat Tradisional

Fase pembangunan pada tahapan pertama ini memiliki ciri-ciri adalah sebagai berikut : 

a. Tingkat buatan per kapita dan tingkat produktivitas para pekerja masih sungguh terbatas. Sebagian besar sumber daya masyarakatnya digunakan untuk sektor pertanian.

b. Struktur sosial dalam pertanian masih bersifat hierarkis. Dimana anggota masyarakat kemungkinan kecil menyelenggarakan mobilitas vertikal. 

Hubungan keluarga dan kesukuan sungguh besar pengaruhnya kepada organisasi penduduk dan dalam memilih kedudukan terhadap organisasi.

c. Kebijaksanaan pemerintah sentra dipengaruhi oleh tuan tanah yang berkuasa di tempat tersebut.

2. Tahapan Prasyarat Masyarakat Lepas Landas
Ada dua ciri yang dipaparkan oleh Rostow pada tahapan kedua pembangunan di masyarakat, adalah :
a. Tahapan yang dicapai oleh negara-negara mirip eropa, asia timur, timur tengah, afrika yang dilakukan dengan merombak masyarakat tradisional usang yang telah ada.
b. Tahapan yang dicapai oleh negara-negara mirip amerika serikat, kanada, australia, selandia gres (born free) yang dikerjakan tanpa merombak penduduk tradisional lama yang sudah ada. 
3. Tahap Lepas Landas
Ia memberikan beberapa ciri ciri yang menawarkan bagaimana tahap ketiga fase pembangunan yang terjadi disebuah negara/masyarakat, yakni : 
a. Berlakuknya kenaikan dalam penanaman modal yang produktif dari 5 persen atau kurang menjadi 10 persen dari produk nasional neto.
b. Terjadi pertumbuhan satu atau beberapa sektor industri dengan tingkat laju kemajuan yang tinggi.
c. Terciptanya sebuah kerangka dasar politik, sosial dan institusional.
d. Segala gejola untuk menciptakan ekspansi di sektor terbaru.
e. Potensi eksternalitas ekonomi yang ditimbulkan oleh kegiatan lepas landas sehingga menjadikan kemajuan akan terus menerus terjadi.
4. Tahap Menuju Kematangan

Menurutnya pada tahap ini kondisi perekonomian terus menerus bertumbuh. Meskipun kadang dibarengi dengan laju yang fluktuatif. 
Terjadinya perluasan pemakaian teknologi modern secara menyeluruh pada aktivitas-aktivitas perekonomian. 
Munculnya industri baru dengan cepat dan tertinggalnya industri lama. Dengan demikian barang barang yang dulunya impor kini sudah bisa dibuat di dalam negeri sendiri. 
5. Tahap Konsumsi Tinggi

Tahap fase kelima pembangunan ini dimana konsumsi tinggi dengan pemasukan rill perkapita meningkat.
Sampai pada sebuah titik dimana sejumlah besar orang mampu berbelanja barang-barang konsumsi. Selain kebutuhan utama mirip sandang, pangan, dan papan. 
Menurut Rostow, ia menerangkan bahwa ada tiga macam tujuan masyarakat yang saling bersaing untuk mendapatkan sumber daya dan dukungan politik, yakni : 
a. Memperbesar kekuasaan dan pengaruh negara tehadap negara lain
b. Menciptakan suatu welfare state yakni kesejahteraan yang lebih merata terhadap penduduknya. Dengan cara mengusahakan terciptanya pembagian pendapatan yang lebih merata melalui metode perpajakan yang progresif
c. Meningkatkan konsumsi masyarakat dari konsumsi kebutuhan primer menjadi konsumsi kebutuhan sekunder dan tersier.
Nah itulah beberapa klarifikasi mengenai ciri ciri fase tahap pembangunan berdasarkan Rostow yang dibagi menjadi lima tahap.
Baca Juga  perdagangan internasional indonesia dengan negara lain
  • Bagikan