Contoh Sikap Menyimpang (Coki Pardede) Dalam Perspektif Sosiologi

  • Bagikan
RajaBackLink.com
 Contoh Perilaku Menyimpang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari Contoh Perilaku Menyimpang (Coki Pardede) dalam Perspektif Sosiologi

Sosiologi Info – Contoh Perilaku Menyimpang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari di penduduk . Misalnya dalam perkara Coki Pardede atau Reza Pardede.

Ia tertangkap basah dan tertangkap oleh pihak kepolisian saat menyalahgunakan narkoba. Apa yang dilakukannya telah melenceng dari norma dan nilai yang ada. 

Bagaimana perspektif sosiologi memandang masalah Coki Pardede ini ? Yuk simak ulasanya. 

Penulis : Mahasiswa Sosiologi Universitas Negeri Padang (UNP) Novran Juliandri Bhakti

Memahami Contoh Fenomena Sosial Kasus Penyalahgunaan Narkoba

Perilaku menyimpang yang dikerjakan oleh seseorang publik figure baru-baru ini sering terjadi. Sebut saja beberapa ahad kemudian.

Publik dihebohkan dengan ditangkapnya Stand Up pelawak asal kota Depok, adalah Coki Pardede atau Reza Pardede nama aslinya. 

Dia digerebek oleh pegawapemerintah Polres Metro Tangerang Kota pada dini hari tanggal 1 September 2021 atas penyalahgunaan Narkotika. 

Barang bukti yang ditemukan oleh abdnegara kepolisian adalah, narkotika jenis sabu seberat 0,5 gram. 

Hal-hal wacana kronologi penangkapan Coki, saya baca-baca dari beberapa sumber informasi, serta postingan-artikel yang beredar di Instagram dan Twitter. 

Setelah beberapa lama mengikuti berita Coki, hingga doi melaksanakan sesi minta maaf terhadap publik yang sempat menjadi headline news di situs informasi-informasi nasional. 

Aku pun ingin mengangkat kasus Coki, dengan mengkaitkannya kepada suatu rancangan dalam sosiologi. 

Tujuan goresan pena ini tidak serta merta menggiring opini, tidak ada unsur pro atau kontra kepada Coki Pardede, tetapi saya akan objektif dalam memandang dan mengkaitkan perkara Coki tersebut.

Sebelum Coki atau Reza Pardede ini populer dengan guyonan gelapnya (dark jokes), ia memulai karir pada ajang pencarian talenta Stand Up Comedy Season 4 atau SUCI 4 yang diselenggarakan oleh Kompas TV. 

Baca Juga  Penjelasan Empat Tipe Langkah-Langkah Rasionalitas Max Weber

Dia memang tidak juara, tetapi karirnya terus melejit dan naik daun saat bergabung ke dalam sebuah grup dan perusahaan yang bergerak pada industri komedi ialah PT Jenaka Sumber Rejeki atau yang publik kenal dengan Majelis Lucu Indonesia. 

Coki tidak sendiri dalam membesarkan namanya dan MLI, ia berduet bareng Tretan  Muslim (finalis Stand Up Comedy season 3 atau SUCI 3 Kompas TV). 

Coki Pardede dan Tretan Muslim, atau yang erat dengan nama Coki-Muslim. Mereka berdua mampu dikatakan selaku pencetus makin booming-nya komedi gelap (dark jokes) di Indonesia. 

Komedi gelap atau dark jokes, merupakan sebuah genre komedi yang guyonan atau leluconnya ke arah tabu dan selalu menuai pro-kontra di publik. 

Singkatnya, dark jokes itu menghidangkan sebuah guyonan dari hal-hal yang kurang mampu di angkat ke publik. 

Namun di publish ke khlayak dan mempunyai sifat offensive atau menyinggung baik individu ataupun kalangan. 

Dengan begitu banyak konten di YouTube MLI yang menyinggung yang dibentuk oleh Coki-Muslim beserta tim kreatornya, menciptakan namanya menjadi terkenal sampai ketika ini.           

Memahami Teori Dramaturgi dalam Kasus Penyalahgunaan Narkoba

Mungkin sebagian publik dan fans yang mengikuti coki, tidak menduga bila beliau akan tertangkap dan didakwa bersalah atas penggunaan narkoba. 

Ya begitulah hidup, kita tidak mampu mematok dan menilai kehidupan seseorang yang tampakoleh mata kita saja. 

Jika menganggap masalah coki ini, aku sangat ingat dengan suatu teori dari Erving Goffman ialah dramaturgi. 

Sebelumnya saya telah membicarakan teori dramaturgi pada artikel “Teori Dramaturgi Erving Goffman, Ini Penjelasan dan Contohnya Terbaru.” 

Inti dari teori tersebut bahwa, insan dalam sebuah kehidupan itu mirip seorang pemain drama/artis yang sedang bermain peran dalam suatu teatrikal drama. 

Baca Juga  Teori Faktor Penyebab Kekerasan Dan 5 Jenis Golongan, Beserta Misalnya

Dalam teater drama, ada front stage dan back stage. Dua hal ini yang menjadikan tolak ukur dari langkah-langkah insan itu sendiri, manusia bertindak berbeda ketika di front stage dan back stage. 

Makara dapat di interpretasikan bahwa, Coki Pardede adalah seorang individu yang berbeda saat berhadapan di depan publik.

(di depan kamera, daerah kerja, panggung stand up) dengan ia sedang di rumah, dengan teman dekatnya, atau dikala dia sendiri dan menyindiri. 

Meskipun Coki Pardede diketahui dengan individu yang ceplas ceplos, dan kurang bermoral. Tapi ia tahu memposisikan dirinya ketika di depan publik dengan di belakang publik. 

Penggunaan narkoba, dan ketergantungan dia akan adiksi, yakni coki dikala berada di posisi back stage. 

Ada beberapa alasan yang menjadikannya mirip itu diantaranya barang tersebut yang ilegal, dia dilanda urusan.

Dia tak maumemperburuk image-nya dimata penduduk dan fans, dan sudah menjadi kebutuhan (dalam tanda kutip kertegantungan).  

Kaprikornus mau bagaimanapun juga, terperinci penggunaan narkoba ialah sebuah langkah-langkah yang menyalahi aturan yang sudah ditetapkan oleh Badan Narkotika Nasional.

Jelas secara hukum, Coki mesti diberikan sanski atau hukuman yang berupa rehabilitasi. Kaprikornus buat para fans Coki pardede garis keras, jangan terlalu fanatik mendukung doi. 

Cukup support dan doakan ia agar kembali sehat dan selamat serta terhindar dari penyalahgunaan narkoba. 

Sebelum menutup, aku mau memberikan bahwa dalam hidup kita jangan cepat menganggap seseorang, dia ialah orang yang berbeda ketika kamu tidak melihatnya. Sekian, Terimakasih. 

Sumber Referensi :

Fitri, A. (2015). Dramaturgi: Pencitraan Prabowo Subianto Di Media Sosial. Jurnal Interaksi, 4(1), 101–108.

(Melati, 2016)Melati, M. R. (2016). ANALISIS KONSEP DRAMATURGI ERVING GOFFMAN DALAM POLA PENGGUNAAN RUANG PUBLIK KAFE OLEH MAHASISWA DI KOTA SURAKARTA. Skripsi, III(2), 2016.

Baca Juga  gambar kucing dan tupai imut

https://cubic.id/journals/dramaturgy-theory, diakses 21 September 2021.

Sumber Foto:

https://www.insertlive.com/hot-gossip/20210904174737-7-237480/cerita-kelam-coki-pardede-yang-terjerat-perkara-narkoba

  • Bagikan