Contoh Tata Nilai Sosial Di Masyarakat

  • Bagikan
RajaBackLink.com
Pengertian Nilai Sosial : 6 Ciri Ciri, Klasifikasi, dan Contohnya

Contoh Tata Nilai Sosial di Masyarakat

Ada beberapa contoh yang mampu sobat-sobat lihat dalam mengetahui dan mempelajari tata nilai sosial di kehidupan sosial penduduk , yaitu : 

1. Menerapkan dengan disiplin serta melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 bagi setiap warga di Indonesia juga menjadi bab teladan tata nilai sosial di penduduk . 

2. Sikap saling tolong membantu yang telah menjadi kebiasaan masyarakat juga mampu kita jadikan selaku contoh tata nilai sosial yang ada di kehidupan masyarakat. 

3. Menerapkan tata nilai sosial dalam hal kesopanan kepada orang yang lebih bau tanah. Dengan misalnya tidak kentut sembarangan.

Tidak sembarang pilih dalam lewat didepan orang bau tanah, harus sopan dengan izin permisi melalui, ataupun membungkukan badan.

4. Adanya kebiasaan dalam melakukan musyawarah mufakat di lingkungan kehidupan masyarakat juga menjadi pola pelaksaan tata nilai sosial. 

5. Melestarikan budaya yang ada pada penduduk juga bagian dari pola tata nilai sosial yang ada. Misalnya seperti budaya akhlak orang Bali yang ada di Indonesia.

Atau pada budaya lainnya, seperti Jawa, Melayu, Batak, Minang, dan budaya daerah yang lain. 

Nah itulah klarifikasi singkat tentang Contoh Tata Nilai Sosial di Masyarakat. Semoga mampu menjadi pelengkap referensi ya. 

Silahkan melakukan eksplore lagi kepada aneka macam contoh tata nilai sosial yang ada pada kehidupan penduduk sehari-harinya. 

Sumber Referensi :

Modul Pembelajaran SMA Sosiologi Kelas X KD 3.3 dan 4.3

Baca Juga  Pemahaman Pergeseran Sosial Menurut 12 Para Andal Dan Misalnya
  • Bagikan