Efek Konkret Globalisasi Di Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Teknologi

  • Bagikan
RajaBackLink.com
Dampak Positif Globalisasi di Bidang Ekonomi Dampak Positif Globalisasi di Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Teknologi

Sosiologi Info – Apa saja ya efek konkret adanya globalisasi dalam kehidupan masyarakat sehari harinya.

Baik di dalam bidang ekonomi, politik, dan sosial budaya. Mau tahu jawabannya, yuk simak klarifikasi dan ulasan berikut ini.

Sekilas Memahami Pengertian Globalisasi

Apa yang sudah kamu pahami dan pahami perihal topik pembahasan globalisasi ? Nah pemahaman globalisasi ialah proses perubahan penduduk yang diakibatkan.

Oleh pertumbuhan ilmu wawasan dan teknologi yang dijalankan oleh penduduk itu sendiri, melalui berbagai proses.

Perubahan yang dilakukan pun sangat luas di aneka macam aspek kehidupan mirip bidang ekonomi, politik, sosial budaya, dan lainnya. 

Globalisasi menjadi fenomena sosial yang paling terkenal ketika ini. Apalagi masa terbaru yang semuanya serba mengambarkan adanya pertumbuhan teknologi digital, dan ilmu wawasan.

Begitu juga globalisasi sudah menenteng perspektif dan pandangan yang baru dalam dunia digital yang diketahui dengan istilah dunia tanpa batas.

Karena setiap insan kini mampu terhubung lewat jaringan internet, dengan adanya smartphone, siapa saja mampu berlalu lintas secara virtual atau di dunia maya. 

Artinya memang globalisasi ialah pembangunan yang kompleks di segala bidang, baik ekonomi, politik, dan teknologi, maupun budaya, menurut Princeton N Lyman.

Nah itulah diatas sekilas pemahaman perihal globalisasi. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas singkat.

Mengenai imbas nyata adanya globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat di bidang ekonomi, politik, sosial budaya dan teknologi. Simak dibawah ini ya penjelasannya.

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Ada beberapa imbas positif yang mampu kita lihat dalam globalisasi yang sekarang telah terjadi di lingkungan penduduk , yakni :

1. Keterbukaan pasar bebas yang ada di seluruh dunia, dimana setiap negara, individu, penduduk bisa ikut terlibat dalam pasar global.

Baca Juga  10 Teladan Interaksi Sosial Yang Mengarah Terhadap Persatuan

2. Memudahkan setiap negara, individu dan masyarakat di seluruh dunia dalam melaksanakan ekspor dan impor aneka macam kebutuhan sehari harinya.

3. Menciptakan dan mempermudah perusahaan asing masuk ke negara tersebut, misalnya seperti di Indonesia.

4. Makin banyaknya dan berkembangnya bisnis dalam dunia industri seperti bermunculan e commerce, banyak hadirnya aplikasi belanja online dan sejenisnya.

5. Bisa dan mampu mengembangkan peluang di sektor pariwisata yang ada di tempat karena para pelancong mancanegara menerima isu dari internet.

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Politik

Ada beberapa pengaruh konkret yang mampu kita lihat dalam globalisasi yang kini sudah terjadi di lingkungan masyarakat, yaitu :

1. Dimana pemerintahan sebuah negara di jalankan secara terbuka, transparan, dan secara demokratis.

2. Semakin timbul dan menyebabkan rasa nasionalisme seseorang kepada negaranya semakin meningkat.

3. Ada banyak cowok pemudi yang terlibat dalam kancang internasional dalam bidang politik dunia, seperti keterlibatan di dalam organisasi internasional, PBB dan sejenisnya.

Maupun dalam gerakan gerakan kemasyarakatan seperti kepedulian lingkungan, alam, dan sampah yang ada.

4. Kebabasan dan makin sadar serta meningkatnya kepada Hak Asasi Manusia (HAM) yang ada di setiap negara.

5. Masyarakat diberikan keleluasaan dalam menentukan sikap politik serta dalam melakukan dan memilih presiden atau pimpinan negaranya tersebut.

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya

Ada beberapa efek kasatmata yang bisa kita lihat dalam globalisasi yang sekarang telah terjadi di lingkungan masyarakat, adalah :

1. Dengan adanya globalisasi maka dapat mempercepat dan memperlancar akan terjadinya modernisasi dalam kehidupan penduduk .

2. Begitu juga mampu memudahkan terusan dalam mendapatkan atau mencari berita serta ilmu wawasan dari berbagai negara

Baca Juga  Sosiologi Komunikasi Berdasarkan Hebat : Sejarah, Ruang Lingkup, Ranah, Objek, Tujuan

3. Adanya globalisasi dapat mempercepat dan memperlancar pengembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi di sebuah negara, kawasan, daerah dalam lingkungan penduduk tersebut.

4. Dapat dengan mudah dan cepat menghubungkan insan antara insan lewat sambungan jaringan internet, dan mampu merubah teladan pikir seseorang.

5. Dapat juga saling menunjukkan semangat dan motivasi dalam proses berguru dan keingin tahuan seseorang.

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Teknologi 

Ada beberapa dampak konkret yang bisa kita lihat dalam globalisasi yang sekarang telah terjadi di lingkungan masyarakat, ialah :

1. Berbagai produk mutakhir muncul untuk membuat lebih mudah masyarakat mirip dalam pertanian ada alat mutakhir untuk menanam padi, memanen padi, dan pola lainnya.

2. Kemudahan dalam terusan untuk bertransaksi online baik ketika belanja maupun melakukan transfer duit via aplikasi mobil banking yang tersedia pada setiap bank.

3. Kemudahan dalam mengakses kebutuhan belanja di marketplace yang ada berbagai macam jenis, di penduduk sebab adanya perkembangan dalam bidang teknologi.

Nah itulah sekilas klarifikasi dan ulasan tentang topik pembahasan perihal Dampak Positif Globalisasi di Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya di masyarakat.

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi untuk kelas XII SMA dan MA pada kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulisnya oleh Dwi Mulyono

Analisa Dampak Globalisasi Terhadap Perdagangan Internasional

Penulis oleh Mastriati Hini Hermala Dewi

Dosen STIE Lembah Dempo

Jurnal Eknomia, Vol 9 No 1, Februari 2019

  • Bagikan