Imbas Negatif Globalisasi Di Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Teknologi

  • Bagikan
RajaBackLink.com
Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Teknologi

Sosiologi Info – Apa saja imbas negatif adanya globalisasi di banyak sekali bidang kehidupan sosial masyarakat. Mau tahu ?

Yuk simak klarifikasi dan ulasannya berikut ini pada bidang ekonomi, sosial budaya, politik dan teknologi berita di penduduk . 

Sekilas Pengertian Globalisasi 

Proses menjadi bagian penting dalam perkembangan dan perkembangan peradaban manusia di dunia. Sebagai makhluk sosial, setiap individu mesti melewati banyak sekali proses yang ada.

Begitu juga dalam hal globalisasi di lingkungan masyarakat dimana pun berada. Pasti akan menikmati adanya globalisasi.

Beserta dengan efek dan dampaknya, tidak akan bisa terlepaskan dari seluruhnya itu, bagi kelancaran kehidupan penduduk . 

Secara historis globalisasi memang memiliki artian yang sangat luas pengaruhnya bagi sebuah kebudayaan dan ilmu pengetahuan dan teknologi ke seluruh wilayah di dunia. 

Globalisasi adalah suatu himpunan proses global dari berbagai jenis objek yang melibatkan berbagai bidang, aktivitas manusia.

Baik itu objek yang berbentukfisik maupun non fisik. Dimana objek objek yang mengalami globalisasi juga prosesnya berlainan-beda. 

Pengertian lain tentang globalisasi ialah proses bagaimana seluruh dunia di negara manapun mampu menjadi satu kesatuan.

Oleh alasannya adalah adanya pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat di masyarakat. 

Adanya pertumbuhan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi juga memperlihatkan perkembangan pada alat transportasi yang ada balasan globalisasi. 

Globalisasi yang terjadi biasanya secara menyeluruh terjadi dalam berbagai bidang atau sektor kehidupan di masyarakat.

Adanya globalisasi juga tidak cuma menunjukkan dampak kasatmata atau baiknya saja. Ada juga efek negatif yang timbul atau muncul sebab adanya globalisasi, apa saja ?

Simak dibawah ini penjelasan atau beberapa acuan globalisasi dalam bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Teknologi. Yuk baca.

Baca Juga  Pelecehan Seksual Dalam Perspektif Sosiologi : Teori Dan Misalnya

Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Ada banyak pengaruh negatif yang bekerjsama terjadi ketika adanya globalisasi di lingkungan kehidupan sosial penduduk , ialah : 

1. Globalisasi membuat terjadinya hambatan dalam perkembangan dan pertumbuhan industri setempat, alasannya adalah pasar dunia terbuka luas.

2. Dimana kegiatan dan aktivitas impor yang hendak melampaui kegiatan ekspor yang dijalankan oleh sebuah negara, untuk menyanggupi keperluan masyarakatnya.

3. Makin tampakdan meningkatnya kesenjangan sosial yang terjadi di lingkungan penduduk tersebut

4. Membuat tumbuhnya dan kian meluasnya kapitalisme di kehidupan penduduk yang menawarkan efek serta imbas negatif.

5. Adanya pergeseran dalam pola hidup, dimana seseorang akan mengarah pada budaya luar atau adanya westernisasi.

Itulah beberapa contoh pengaruh negatif dari adanya globalisasi pada bidang ekonomi yang sering dijumpai di penduduk . 

Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Politik

Ada banyak imbas negatif yang bahwasanya terjadi dikala adanya globalisasi di lingkungan kehidupan sosial masyarakat, yaitu : 

1. Semakin berkurang dan hilangnya nasionalisme seseorang akhir adanya efek globalisasi di bidang politik.

2. Masuknya banyak sekali ideologi yang dengan mudah dan mampu saja diterima oleh sebagian penduduk sebagai ideologi gres di suatu negara tersebut.

3. Adanya praktik kotor dengan banyak sekali cara curang yang dilakukan dalam kudeta di dunia politik.

4. Bisa mengakibatkan berbagai konflik antara negara maupun antara daerah dan daerah yang ada di dunia.

5. Makin bebasnya seseorang untuk bersuara dan tidak ada batasannya lagi

Itulah beberapa teladan imbas negatif dari adanya globalisasi pada bidang politik yang sering ditemui di penduduk . 

Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya

Ada banyak efek negatif yang bahwasanya terjadi saat adanya globalisasi di lingkungan kehidupan sosial penduduk , yakni : 

Baca Juga  Hilangnya Norma Norma Di Penduduk Imbas Negatif Globalisasi Bidang

1. Globalisasi juga dapat memberi pengaruh negatif bagi perilaku dan tindakan individu atau penduduk , yaitu seperti hadirnya perilaku individualisme, perilaku konsumtif, dan materalisme.

2. Akan mampu melunturkan nilai nilai keagamaan yang sudah ada di penduduk , sebab ada globalisasi, mampu saja akan berganti dan mungkin bisa hilang.

3. Dapat menimbulkan hilangnya jiwa seni dan kesenian yang telah ada di masyarakat, misalnya dalam hal permainan tradisional, sebut saja permainan gasing, dan lainnya.

4. Dapat merusak moral, nilai dan norma yang ada di masyarakat pada setiap individu yang ada di lingkungan kehidupan insan tersebut.

5. Semakin pudarnya nilai nilai budaya penduduk yang sudah ada sejak dulu, atau tergerusnya budaya setempat

Itulah beberapa contoh pengaruh negatif dari adanya globalisasi pada bidang sosial budaya yang sering ditemui di penduduk . 

Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Teknologi

Ada banyak dampak negatif yang bahu-membahu terjadi saat adanya globalisasi di lingkungan kehidupan sosial penduduk , yaitu : 

1. Adanya media sosial dan kemajuan teknolog membuat individu makin malas karena sudah ada aneka macam pelayanan, fasilitas untuk mendapatkan keperluan.

2. Makin hilang dan tergerusnya acara serta aktivitas bantu-membantu yang pudar di lingkungan penduduk .

3. Individu dalam penduduk akan lebih bertindak dan mementingkan diri sendiri semakin mencuat di kehidupan sosial insan di dunia.

4. Dengan adanya teknologi membuat ancaman kejahatan makin mudah untuk dilakukan, misalnya dalam kejahatan siber, dan kejahatan pembobolan rekening nasabah, dan lainnya.

5. Individu kian diperbudak oleh fasilitas dan terusan isu yang cepat menyebar membuat, masyarakat tidak bisa lagi membedakan kebenaran dan kebohongan atau artifisial.

Itulah beberapa teladan efek negatif dari adanya globalisasi pada bidang teknologi yang sering ditemui di penduduk . 

Baca Juga  Pengertian Kriminalitas Berdasarkan Para Ahli, Ini Penjelasannya

Nah itulah sekilas klarifikasi dan ulasan tentang topik pembahasan tentang Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Teknologi.

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi untuk Kelas XII Sekolah Menengan Atas dan MA pada kalangan peminatan ilmu ilmu sosial penulisnya oleh Dwi Mulyono

http://administrasi.uma.ac.id/2021/10/efek-globalisasi-di-bidang-pendidikan-beserta-contohnya

https://perpustakaan.bsn.go.id/index.php?p=news&id=1436

https://brainly.co.id

  • Bagikan