Jenis Konflik Berdasarkan Para Ahli Dan Contohnya

  • Bagikan
RajaBackLink.com
Jenis Konflik Menurut Para Ahli dan Contohnya Jenis Konflik Menurut Para Ahli dan Contohnya

Sosiologi Info – Apa saja jenis atau macam konflik yang ada di penduduk ? Berikut ini menurut para mahir yakni ada Soetopo, Furman dan McQuaid, serta Dahrendorf.

Mau tahu penjelasannya, yuk simak ulasan berikut ini tentang topik pembahasan ihwal pertentangan yang ada di penduduk . 

Sekilas Memahami Konflik

Kehidupan sosial penduduk memang tak akan terpisahkan dengan adanya konflik. Bisa saja terjadi dalam proses hubungan di masyarakat.

Tindakan, komunikasi, kontak sosial serta perilaku yang dilaksanakan seseorang di masyarakat sudah pasti akan ada gesekan, pertikaian, dan ketegangan.

Disinilah akan timbul aneka macam konflik yang dihadapi seseorang individu, kalangan, dan penduduk yang lebih luasnya. 

Menurut Robert M Z Lawang menjelaskan pertentangan yakni perjuangan dalam menemukan status, nilai, dan kekuasaan.

Dimana tujuan mereka yang berkonflik hanya mendapatkan keuntungan, namun juga untuk menundukkan saingannya yang ada.

Konflik terjadi di masyarakat juga menjadi bagian penting dalam setiap proses sosial yang dilakukan setiap insan, kelompok, dan penduduk luas. 

Konflik juga mampu mengarahkan terhadap hal nya kasatmata. Begitu juga adanya pertentangan mengarahkan pada imbas negatif juga. 

Oleh karena itu konflik memperlihatkan imbas yang memiliki dua segi berbeda. Ya mampu dikatakan memang pertengkaran itu sangat mustahil untuk dilewatkan.

Pasti ada saja ketegangan yang terjadi di kehidupan sosial antara setiap individu yang bersangkutan, maupun secara luas di penduduk . 

Lalu apa saja penyebab adanya pertentangan ? Nah ada beberapa penyebab yang menjadi sumber adanya konflik di kehidupan sosial masyarakat adalah :

– Perbedaan individu

– Perbedaan latar belakang budaya

– Perbedaan tujuan dan kepentingan

– Berbagai pergantian nilai dan norma yang ada di penduduk

– Adanya kudeta

Baca Juga  Pemahaman Minority Consent, Kompromi, Integrasi, Segregasi Dan Contohnya

– Adanya upaya mencari dan memperoleh sumber daya alam yang berujung pada saling menyingkirkan salah satu pihak

Nah itulah sekilas untuk beberapa faktor penyebab terjadinya konflik yang sering terjadi di masyarakat. 

Jenis Jenis Konflik Menurut Para Ahli

Ada beberapa pembagian jenis atau macam dalam konflik itu sendiri. Nah berdasarkan beberapa para jago berikut ini, adalah :

1. Menurut Ahli Soetopo

Dia mengklasifikasikan jenis pertentangan dalam hal ini dipandang dair segi materinya dibedakan menjadi empat bab, adalah :

– Konflik kebijakan

– Konflik nilai

– Konflik tujuan

– Konflik peranan 

2. Menurut Ahli Dahrendorf

Ia membedakan dan membagikan pertentangan menjadi empat macam atau jenis, yaitu :

– Konflik yang terjadi antarsatuan nasional. Contohnya yang terjadi dalam pertentangan perang saudara yang pernah kita sanksikan atau dengar mirip Mahabarata, dan lainnya.

– Konflik yang terjadi antara kalangan golongan sosial. Contohnya seperti yang terjadi antara keluarga, antara etnis, suku, kalangan, dan lainnya.

– Konflik yang terjadi pada kelompok yang teratur dan tidak terencana. Contohnya seperti pihak kepolisian dikala melawan massa aksi yang melaksanakan demonstrasi.

– Konflik yang terjadi antara atau dalam tugas sosial atau intrapribadi. Contohnya seperti contohnya antara peranan-peranan dalam keluarga atau profesi (konflik peran atau role)

3. Menurut Ahli Furman dan McQuaid

Mereka menunjukkan pandangan dari balasan atau pada cara penyelesaian dan sifatnya, membagikan konflik dalam dua tipe yaitu :

– Konflik destruktif yakni pertentangan yang muncul alasannya adalah adanya perasaan tidak bahagia, rasa benci, dendam yang dari seseorang maupun dari kelompok. 

Bisa dibilang konflik ini merusak sebuah kekerabatan sosial yang telah terjalin dengan baik di penduduk , dan menhancurkan tatanan nilai dan norma yang ada.

Baca Juga  Perspektif Sosiologi : Evolusionis, Fungsionalis, Interaksionis, Pertentangan

– Konflik konstruktif yakni pertentangan yang biasanya bersifat fungsional, terjadi alasannya adalah adanya perbedaan pendapat dari kelompok dalam menghadapi masalah.

Nah itulah sekilas penjelasan dan pemahaman tentang topik Jenis Konflik Menurut Para Ahli Mulai Soetopo Hingga Dahrendorf. Semoga berfaedah ya.

Sumber Referensi :   

Buku Pembelajaran Sosiologi untuk kelas XI SMA dan MA pada Kelompok Peminatan Ilmu Ilmu Sosial penulis oleh Dwi Mulyono

  • Bagikan