Karya Michael Foucault : Profil Dan Pemikirannya

  • Bagikan
RajaBackLink.com
 Apa saja yang kamu ketahui tentang karya Michael Foucault  Karya Michael Foucault : Profil dan Pemikirannya

Sosiologi Info – Apa saja yang kau pahami wacana karya Michael Foucault ? Berikut ini penjelasan dan pemaparan perihal profil singkat dan pemikirannya.

Penulis : Alumnus Sosiologi Universitas Riau (Unri), Sandewa Jopanda

Sekilas Biografi Michael Foucault  

Michel Foucault adalah yaitu seorang sosiologi perancis yang cukup besar lengan berkuasa dalam disiplin ilmu sosiologi. 

Pemikirannya tentang kekerabatan kuasa tamat-akhir ini memuncul-kan keingintahuan publik akan sosok pria berkepala plontos ini. 

Well, mari kita kupas biografi singkat si aktivis kekerabatan kuasa ini. 

Nama aslinya adalah Paul Michel Foucault yang lahir tanggal 15 Oktober 1926 di suatu kota berjulukan Poitiers, Perancis. 

Paul, ayahnya seorang profesor atau guru besar bidang anatomi, sementara ibunya Anne berprofesi selaku ahli beda pula. 

Foucault tampaknya kurang menggemari ilmu bedah ini sehingga ia cekcok dengan kedua orang tuanya.

Foucault menyukai sastra beliau pun menentukan jurusan sastra dan sejarah tahun 1943 di salah satu kampus mahir di Perancis, Ecole Normale Superieure. 

Dia menjadi mahasiswa yang cerdas, tetapi akibat adanya pergaulannya langsung adalah golongan atas membuatnya frustasi bahkan Foucault sempat melakukan percobaan bunuh diri. 

Fakta tidak mengenakan yang mesti para mahasiswa sosiologi tau, bahwa beliau seorang homoseks. 

Kelainan seksual ini lalu menyebabkannya mesti diterapi secara psikologi. Lantas sehabis agak pulih dia pun mempelajari ilmu psikologi di universitas yang sama. 

Foucault yang memang pintar kemudian berkarir cemerlang di bidang pendidikan. Dia mengajar di fakultas sastra di Universitas Lille (1950).

Jurusan studi romawi di Uppsala University, Swedia (1955), Direktur Pusat Universitas Warsaw di Perancis (1959), setahun selanjutnya menjadi dosen psikologi Universitas Clermont Ferrand.

Kemudian di tahun 1962 ia menjadi profesor filsafat di universitas yang serupa, 5 tahun berselang dia terpilih.

Baca Juga  Teori Sosiologi Berdasarkan Ahli : Makro, Mikro, Meso

Sebagai guru besar Universitas Paris, di Naterre. Karir terakhirnya sebagai pengajar di Universitas California di Berkeley (1983). 

Louis Althusser sempat mengajaknya masuk ke sebuah partai komunis yang mana di masa itu memang banyak digandrungi.

Kalau merunut kronologis, maka itu terjadi saat ia masih di Perancis, sekitar 1950-1953. 

Awal aksi politiknya ini, berkah baginya dikemudian hari sehingga banyak di undang di berbagai negara seperti AS, Tunisia, Polandia, German, dsb untuk menyampaikan orasi ilmiahnya.

Foucault adalah filsuf, sejarawan, sosiolog, pengajar sastra, yang sungguh senang menulis. Dia menulis banyak karya. 

Walaupun dia penulis, aktif dalam aktivitas politik dan karir cemerlang di dunia akademis, dia tetaplah Foucault yang memiliki kepribadian terganggu. 

Dia dikenal suka mabuk, homoseks, pecandu obat terlarang. Pada 25 Juni 1984 ia meninggal akhir penyakit AIDS-nya.

Karya-karya Foucault

Tampaknya beberapa jago sosiologi memiliki latar belakang keluarga yang kurang baik sehingga mensugesti perkembangan mereka. 

Sebut saja, Marx yang anak seorang Rabi Yahudi dari kelompok menengah atas, namun memilih agamanya sendiri dan memperjuangkan kelas bawah. 

Begitu juga dengan Max Weber memiliki seorang ayah birokrat dengan jabatan politis sehingga menyenangi hal-hal duniawi, sementara ibunya seorang Calvinis yang taat, amat jauh dari hal itu (Jopanda, 2021). 

Perkembangan kepribadian para sosiolog ini rupanya menciptakan karya-karya dan pedoman mereka amat anggun dan bernas untuk dimakan. 

Foucault memang dikenal atas hubungan kuasanya, tetapi tidk banyak yang mengenali buku-buku buah pemikirannya.

Dia setidaknya menerbitkan buku dan beberapa karya kompilasi serta sama mirip sosiologi.info ia punya ratusan artikel. 

Foucault pertama kali mempublikasikan buku yang terkait dengan penyakit kejiwaan, ya ini ada hubungannya dengan dirinya pula. 

Baca Juga  Lirik lagu bagaimana kalau aku tidak baik-baik saja JUDIKA

Buku tersebut berjudul Maladie Mentale et Personalite yang sebab beberapa kekurangan direvisi dan berganti judul Maladie Mentale et Psychologie (1954). 

Nah waktu beliau mengajar di Swedia, Foucault bahagia menyambangi dan berlama-usang di perpustakaan bahkan mengoleksi banyak buku kejiwaan lagi. 

Buku keduanya terbit tahun 1961 berjudul Folie et Deraison: Histoire de la folie a L’age classique atau yang lebih masyhur dikenal dengan Madness and Civilization: a history of insanity in the Age of Reason. 

Dua tahun berikutnya dia mempublikasikan Naissance de la Clinique atau The birth of The Clinic: An Archaeology of Medical Perception. 

Masih pada tahun 1963, beliau pun menulis Death and The Labyrinth, buku ini tidak berkisah soal kejiwaan melainkan analisis atas persepsi sastrawan surealis Perancis, Raymond Rousell. 

Pada 1966, beliau menerbitkan Les Most et Les Choses (The order of Things), dia mengkritik penyalahgunaan otoritas wawasan.

Yang dimana konsep episteme dan relasi kuasa yang banyak dibicarakan itu ada dalam buku ini.

Setelah buku ini, akademisi dan banyak golongan lalu mulai memperhatikan karya-karya Foucault. 

Foucault masih melanjutkan buku selanjutnya yang berjudul L’archeologie du Savoir (Archeology of Knowlede). 

Ditahun 1971, ia mempublikasikan 2 buah karya yang berjudul The Discourse on Language, dan Nietzche, Genealogy, and History. 1973, beliau menuliskan This is not A pipe. 

Foucault menulis Surveiller et Punir (Discipline and Punish) dan Historie de la Sexualite I: La Volonte de Savoir (History of Sexuality) (pada tahun 1975). 

Sebelum meninggal dia meluncurkan 2 volume lanjutan History of Sexuality Historie de la Sexualite II: L’Usage des Plaisirs (The Use of Pleasure) dan Historie de la Sexualite III: Le Souci de Soi (The Care of The Self).

Baca Juga  Ada 6 Bentuk Ketimpangan Sosial, Ini Pengertian Menurut Para Ahli

Kita mampu mengambil banyak manfaat dari aliran Foucault dan menghindari keburukan yang dia lakukan. 

Nah itulah sedikit biografi singkat Foucault dan karya-karyanya. Semoga menjadi pelengkap wawasan kita semua.  

Sumber Referensi :

Umanailo, M. C. B. (2019). Pemikiran Michel Foucault.

Jopanda, Sandewa. 2021. “Peran Lembaga Dakwah Fakultas LSMI Al-Madani dalam Pemberdayaan Potensi Kader Dakwah”. Skripsi. Tidak diterbitkan. Pekanbaru: Universitas Riau

  • Bagikan