Klarifikasi Pertentangan Antar Kelas Dan Contohnya

  • Bagikan
RajaBackLink.com
Penjelasan Konflik Antar Kelas dan Contohnya Penjelasan Konflik Antar Kelas dan Contohnya

Sosiologi Info – Apa sih klarifikasi dari pertentangan antar kelas yang pernah terjadi di antar penduduk , mau tahu ?

Simak pengertian beserta pengertian konflik berdasarkan mahir dan acuan kasus fenomena sosialnya berikut ini. 

Sekilas Memahami Konflik

Kehidupan sosial penduduk tidak terlepas dari perselisihan. Setiap individu maupun golongan yang saling berinteraksi pasti akan mengalami konflik tersebut.

Berbagai hal akan terjadi di kehidupan sosial penduduk , begitu juga dengan adanya pertentangan yang sering juga kita temui dalam keseharian.

Konflik yang terjadi juga banyak sekali macam, mulai dari konflik antar individu, golongan, elite dan penduduk yang lebih luas lagi. 

Memang tidak akan mampu dipungkiri lagi, masyarakat yang ada pada antara individu sudah niscaya akan mengalami perselihan tersebut.

Melalui proses sosial yang dilaksanakan sering, secara terus menerus, akan sangat mungkin mengakibatkan berbagai kepentingan, perbedaan persepsi, dan yang lain.

Lalu apa saja kata para ahli tentang pemahaman maupun definisi ihwal pertentangan ? Simak penjelasan dan ulasannya dibawah ini ya.

Pengertian Konflik Menurut Ahli

Ada beberapa ahli yang memperlihatkan pertimbangan dan pandangannya perihal pemahaman konflik itu sendiri, yakni :

1. Berstein menyampaikan bahwa konflik ialah suatu pertentangan atau perbedaan yang tidak dapat dicegah. 

Konflik juga memiliki potensi yang dapat memperlihatkan efek kasatmata ataupun negatif dalam interaksi antara insan. 

2. Soerjono Soekanto menawarkan definisi bahwa pertentangan adalah suatu proses sosial, yang mana orang per orang, atau kalangan manusia.

Berusaha untuk menyanggupi tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan yang disertai dengan adanya ancaman maupun kekerasan.

3. Robert M Z Lawang menerangkan bahwa konflik yaitu perjuangan untuk menemukan status, kekuasaan, nilai.

Dimana tujuan mereka yang berkonflik hanya menemukan sebuah laba. Tetapi juga adanya untuk menundukkan saingannya atau lawannya. 

Baca Juga  Pengertian Paradigma Menurut 11 Para Jago

Nah, lalu bagaimana pengertian pertentangan antarkelas sosial yang terjadi di kehidupan penduduk sehari-hari ? Simak dibawah ini ya penjelasannya. 

Konflik Antar Kelas dan Contohnya

Ada banyak sekali macam bentuk pertentangan atau jenis yang terjadi dalam kehidupan sosial bermasyarakat sehari harinya.

Mulai dari konflik antar individu, antar golongan, antar organisasi, serta aneka macam konflik lainnya, yang sering ditemui.

Nah pada kali ini, kita cuma akan mengulas singkat tentang pertentangan antar kelas beserta contoh kasusnya di penduduk . 

Konflik antar kelas sosial adalah ialah pertentangan yang terjadi antara dua kelas sosial. 

Konflik ini terjadi biasanya diakibatkan karena adanya perbedaan kepentingan antara kedua kelompok tertentu. 

Konflik antar kelas ini juga sering disebut dengan konflik vertikal. Dimana pertentangan terjadi akhir benturan perbedaan kepentingan, antara dua kelas yang berlainan. 

Beberapa pola dari adanya pertentangan antar kelas sosial ini mampu kamu lihat dalam perkara pada buruh yang sering melakukan upaya penegakan keadilan upah, dan lainnya.

Yang disampaikan kepada bos atau perusahaan terkait daerah buruh itu melakukan pekerjaan . Begitu juga dalam contoh masalah pada pertentangan yang pernah terjadi di Aceh, Papua, dan berbagai tempat di Indonesia. 

Konflik di Aceh contohnya yang pernah terjadi antara Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM). 

Sementara yang terjadi di Papua, ialah pertentangan Pemerintah Indonesia dengan Organisasi Papua Merdeka atau OPM. 

Nah itulah sekilas pembahasan mengenai topik Penjelasan Konflik Antar Kelas dan Contohnya yang ada di kehidupan sehari hari masyarakat. 

Sumber Referensi :

Buku Sosiologi untuk kelas XI Sekolah Menengan Atas dan MA pada golongan peminatan ilmu ilmu sosial penulis oleh Dwi Mulyono

Baca Juga  Tipe Golongan Sosial Berdasarkan Emile Durkheim Dan Misalnya
  • Bagikan