Pemahaman Kesenjangan Sosial : 3 Analisis Pendekatannya

  • Bagikan
RajaBackLink.com
 Apa yang kamu pahami mengenai pengertian dari kesenjangan sosial  Pengertian Kesenjangan Sosial : 3 Analisis Pendekatannya

Sosiologi Info – Apa yang kamu ketahui tentang pemahaman dari kesenjangan sosial ? Bagaimana analisisnya yang bisa digunakan.

Mau tahu jawabannya, yuk simak klarifikasi dan ulasannya berikut ini dan ada tiga analisis pendekatan yang mampu kau coba ketahui.

Sekilas Memahami Kesenjangan Sosial

Bagaimana pengertian kesenjangan sosial yang perlu kau ketahui, dimana kesenjangan sosial yaitu suatu ketidakseimbangan.

Maupun ketimpangan sosial yang terjadi di dalam penduduk . Dimana memang kondisi ini akan menyebabkan suatu perbedaan yang signifikan di antara masyarakat. 

Kesenjangan sosial ini bisa kita lihat dalam kemiskinan, rendahnya tingkat pendidikan, problem dilema sosial yang bekerjasama dengan tindakan kriminal, dan lainnya.

Misalnya juga dalam hal kebutuhan akan kesehatan, ekonomi, pekerjaan, juga bisa kita lihat ada banyak kesenjangan disana. 

Lalu bagaimana kita untuk melihat mendeskripsikan maupun menganalisis perihak kesenjangan sosial di dalam kehidupan penduduk di Indonesia. Yuk simak dibawah ini ya.

Analisis Pendekatan Kesenjangan Sosial

Ada beberapa pendekatan yang bisa dipakai dalam melaksanakan atau menganalisis maupun mendeskripsikan tentang kesenjangan sosial di kehidupan penduduk , yaitu :

1. Pendekatan Historis

Buat kamu yang ingin mengetahui kesenjangan sosial juga wajib untuk mengenali adanya kesenjangan sosial yang muncul balasan adanya perbedaan dalam kehidupan.

Baik dari sisi sosial, ekonomi, dan politik yang ada dan sering kita temui dalam keseharian aktivitas penduduk sehari harinya. 

Misalnya kalau teman teman ingat, pada era 19 kemudian dimana terjadi perang besar di Eropa, adalah perang dunia II.

Dimana terjadinya perang ini juga menjinjing banyak perubahan sosial kehidupan masyarakatnya, serta menenteng kehancuran sebagain besar negara di dunia pada kehancuran.

Nah kehancuran inilah yang juga menyebabkan dan menimbulkan adanya kemiskinan, kesenjangan sosial, dan kesengsaraan. 

Baca Juga  Ada 2 Pendekatan Ilmiah, Ini Klarifikasi Dan Contohnya

Teman sobat pasti masih ingat di Indonesia sendiri kesenjangan sosial itu mulai di rasakan ketika masa Presiden Soeharto. 

Melalui kepemimpinannya, jurang antara si miskin dan kaya makin melebar. Kolusi korupsi dan nepotisme (KKN) terjadi dimana mana, baik oleh pejabat maupun kelompok tertentu.

Dimana pada kala itu juga masyarakat tidak begitu menerima daerah untuk melakukan maupun dalam mengeksplorasi dirinya sendiri.

Karena masih kuatnya imbas pemerintahan yang mana Tentara Nasional Indonesia ialah pemegang kekuasaan penuh pada masa itu.  

2. Pendekatan Sosiologis

Sudah tentu, kesenjangan yang terjadi di Indonesia pada utamanya telah membuat sebagian penduduk gundah dan khawatir akan masalah sosial tersebut. 

Dalam kenyataannya memang, terlihat bagaimana adanya kelas kalangan bawah dan atas dalam kehidupan masyarakat.

Antara si kaya dan miskin yang semakin mengambarkan jurang perbedaan yang begitu jauh. Dimana pendistribusian sumber kekayaan yang kian tidak menyasar pada masyarakat kecil.

Justru para kaum atas yang semakin bersahabat dengan kekuasaan yang menerima keuntungan dalam berbagai penggunaan kekayaan tersebut.

Kemiskinan yang terjadi di Indonesia menjadi contoh bagaimana kesenjangan sosial itu nampak nyata dan berbanding begitu jauh kalau dilihat, penguasaan harta kekayaan tersebut.

Dimana dibilang sebuah bangsa mampu dianggap maju apabila ia telah berhasil memajukan kemakmuran masyarakatnnya. 

Namun, begitu pula negara maju akan terlepas dari masalah kemiskinan yang telah dihadapan oleh banyak negara seperti Indonesia.

3. Pendekatan Yuridis 

Kesenjangan sosial yang kita lihat dalam kehidupan masyarakat yang ada disekitar kita yakni salah satu hal yang tidak merefleksikan adanya suatu keadilan. 

Apalagi di Indonesia yang mempunya pondasi dasar bernegara adalah adanya Pancasila dan UUD 1945 serta aneka macam semboyan yang sebaiknya dapat memberikan kemakmuran bagi semua warganya.

Baca Juga  14 Cara Menyelesaikan Pertentangan Di Masyarakat, Berikut Tipsnya

Namun, secara fakta dan realitas seakan seluruhnya berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di masyarakat dikala ini.

Misalnya pada sila ke lima Pancasila disebutkan berbunyi bahwa Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia. 

Begitu juga dalam pondasi dasar lainnya yang memberikan klarifikasi perihal dasar dasar bernegara untuk selalu mensejahterakan masyarakatnya. 

Tapi bila kita lihat, kesenjangan sosial itu masih saja menjadi kegalauan banyak orang dan sebagai ‘hantu’ yang menakutkan.

Nah itulah sekilas mengenai pembahasan dan penjelasan serta ulasan topik Pengertian Kesenjangan Sosial : 3 Analisis Pendekatannya.

Sumber Referensi :

Buku Sosiologi untuk Kelas XI Sekolah Menengan Atas dan MA golongan peminatan ilmu ilmu sosial penulis oleh Dwi Mulyono

  • Bagikan