Pemahaman Minority Consent, Kompromi, Integrasi, Segregasi Dan Contohnya

  • Bagikan
RajaBackLink.com
 Apa saja bentuk akomodasi dalam suatu penyelesaian konflik sosial di lingkungan kehidupan Pengertian Minority Consent, Kompromi, Integrasi, Segregasi dan Contohnya

Sosiologi Info – Apa saja bentuk fasilitas dalam suatu solusi pertentangan sosial di lingkungan kehidupan masyarakat ?

Nah untuk itu simak penjelasan dan ulasan perihal pengertian Minority Consent, Kompromi, Integrasi, Segregasi dan Contohnya. Yuk baca

Upaya Penyelesaian Konflik

Manusia akan hidup berdampingan dengan individu yang lain. Ia akan terus berdampingan. Bahkan hingga membentuk suatu kalangan sosial.

Individu dalam kesehariannya beraktivitas di masyarakat telah pasti akan melakukan proses sosial yang saling berafiliasi.

Hubungan-hubungan itu yaitu bab dari menjaga serta mengerjakan sebuat konsensus bersama tentang nilai, norma, dan budaya. 

Setiap orang yang berinteraksi, bertindak, bertingkah sudah pastinya sesuai dengan norma norma yang sudah ada.

Bagi mereka yang menyimpang dari pemikiran nilai dan norma akan disebut sebagai orang yang melaksanakan penyimpangan. 

Oleh sebab itu, dalam setiap perilaku yang dilakukan oleh individu, ia akan melaksanakan sesuai dengan komitmen bersama di penduduk .

Semua acara sosial, mulai dari berkomunikasi, berkontak sosial, bahkan dalam hal yang lebih intens pun insan melakukan hubungan sesuai dengan kaidahnya masing-masing.

Mejalin hubungan sosial sesama insan, baik antara individu dengan individu, individu dengan kalangan, atau kalangan dengan individu, dan seterusnya.

Hubungan timbal balik ini akan terus menjadi suatu kebiasaan yang dikerjakan sesuai dengan kebutuhan dan cita-cita dalam mencapai tujuan bareng . 

Nah memang dalam suatu proses sosial yang dilaksanakan oleh setiap individu, atau kalangan. Pasti juga akan ada ukiran, pertengkaran, ketegangan, dan berkonflik antar sesamanya.

Itu menjadi hal yang umum dan sering terjadi, bisa kita lihat dalam kehidupan sehari harinya di penduduk . Pasti ada saja warga setempat antara individu, atau kelompok berkonflik.

Penyebab atau aspek adanya konflik pun beragam, mulai dari akhir perbedaan pandangan, kudeta, berkompetisi dalam banyak sekali hal, adanya kesalahpahaman.

Baca Juga  Tipe Kelompok Sosial Berdasarkan Ferdinand Tonnies Dan Contohnya

Atau mis-komunikasi yang terjadi antara kedua belah pihak yang sedang berkonflik pun mampu saja menjadi penyebab seseorang bersitegang.

Semuanya itu mungkin saja terjadi, dalam keseharian penduduk . Apalagi di Indonesia dengan berbagai ragam suku, etnis, agama, budaya, budbahasa istiadat, dan perbedaan lainnya.

Itu semua mungkin saja menjadi salah satu penyebab dalam penduduk yang sering terjadi pertentangan diantara keduanya. 

Selepas dari proses sosial yang terjadlin akhir adanya kekerabatan sosial timbal balik antara individu, atau kalangan di masyarakat. 

Dalam upaya penyelesaian pertentangan pun di tembuh untuk meredakan suasana yang sempat memanas tersebut. 

Bahkan selaku cara untuk menyatukan kembali, menciptakan komitmen perdamaian antara keduanya juga menjadi penting. Bagi mereka yang sedang berselisih paham.

Nah cara solusi ini biasanya diketahui dengan istilah kemudahan. Pengertiannya yaitu upaya dalam aneka macam bentuk dilaksanakan untuk menyelesaiakan pertentangan di masyarakat. 

Bentuk bentuk dalam fasilitas ada banyak, mulai dari mediasi, koersi, arbitrasi, genjatan senjata, konsiliasi, dan ada beberapa lagi.

Upaya ini dijalankan sebagai kesadaran bersama untuk tidak terus bersitegang melakukan konflik yang hendak merugikan kedua belah pihak.

Bentuk akomodasi selaku komitmen dalam menyatukan kembali penduduk yang sedang mengalami pertentangan.

Tujuan ialah untuk menuju kearah persatuan dan kesatuan serta merealisasikan perdamaian antara kedua belah pihak tersebut yang sedang bersitegang.

Nah pada ulasan kali ini kita hanya akan membicarakan ihwal Pengertian Minority Consent, Kompromi, Integrasi, segregasi dan Contohnya.

Sekilas Memahami Pengertian dan Contohnya

Ada beberapa upaya yang dilakukan dalam solusi pertentangan sosial di penduduk dalam kehidupan sehari hari.

Baik antara individu dengan individu atau antar kalangan, begitu pula dalam yang lebih luas antara negara. 

Baca Juga  Ungkapan Sosiologi Pertama Kali Ditemukan-Dikemukakan Oleh

Berikut ini pemahaman dari Minority Consent, Kompromi, Integrasi, segregasi dan Contohnya, yakni :

1. Minority Consent

Dalam upaya solusi perseilihan, cara ini dilakukan dengan arti kemenangan golongan dominan yang mana diterima oleh kelompok yang minortias atau yang kalah. 

Selanjutnya, golongan minoritas tidak mempermasalahkan kemenangan kelompok secara umum dikuasai. Bahkan kelompok minoritas mendapatkan keputusan itu dengan lapang dada. 

Kelompok minoritas juga sama sekali tidak merasa dikalahkan dan beliau akan sepakat untuk melakukan banyak sekali kerjasama dengan kelompok mayoritas tersebut.

Contohnya :

Bisa kita lihat dalam pesta demokrasi, seperti pemilihan presiden. Bagaimana perselihan dalam waktu penyeleksian atau menjelang pemilihan.

Semua tim dari kedua kubu akan melakukan serangan, dan saling berkonflik untuk memenangkan suara pemilih yakni konstituennya atau penduduk .

Nah dalam prosesnya, nanti dikala yang satu menang. Maka akan ada kelompok opisis. Namun, lazimnya sebagian yang kalah akan mengikut atau gabung bersama pemerintah, atau berkolasi.

Teman sobat bisa lihat saja ya pada setiap era penyeleksian presiden. Ya memang tidak bisa dipastikan. Namun itu sering terjadi. 

Begitu juga dengan kalangan masyarakat yang mendukung salah satu pasangan, maka akan mengikhlaskan kemenangan lawannya dalam pemilihan tersebut. 

2. Kompromi

Kemudian dalam bentuk kemudahan penyelesaian pertentangan dengan cara kompromi sering kita lihat dalam banyak masalah perselihan di masyarakat.

Kompromi ialah jalan tengah yang diseleksi dan diraih oleh kedua belah pihak yang sedang mengalami gesekan, atau terlibat pertentangan. 

Kedua belah pihak memilih setuju dan menyelesaikan atau saling mengurangi berbagai permintaan tentang perseilihan atau adanya persengketaan yang dialami penduduk tersebut.

Contohnya :

Bisa juga sahabat sobat lihat dalam bidang politik, saat partai politik saling berkompromi usai kalah dalam pesta demokrasi. 

Baca Juga  Cara Menanggulangi Kemiskinan Di Indonesia, Ini 12 Solusinya

Pasti akan ada yang awalannya menjadi oposisi. Tidak akan ikut menjadi oposisi, malah ia berkompromi dengan para elit di pemerintah. Masuk deh ikut gabung koalisi. 

3. Integrasi

Upaya solusi pertentangan ini dengan cara mendiskusikan, menelaah, dan menimbang-nimbang kembali aneka macam pendapat.

Sampai ada diperolah sebuah keputusan, yang mana akan memaksa semua pihak yang sedang berkonflik. 

Begitu juga adanya proses dalam menyesuaikan lagi komponen sosial yang berlawanan menjadi satu kesatuan di dalam penduduk . 

Misalnya seperti perbedaan ras, etnis, agama, bahasa, dan sistem sosialnya, sehingga memberi ruang untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan. 

Contohnya : 

Teman teman mampu lihat dulu dikala para perjaka melakukan aneka macam aksi dalam mengatasi penjajahan. Munculnya Sumpah Pemuda menjadi teladan pentingnya integrasi sosial.

Baik antara individu maupun kelompok di masyarakat sehingga terwujudnya kesamaan tujuan yang sama, serta upaya menyatukan persatuan dan kesatuan tujuan pada kala itu.

4. Segregasi

Dalam bentuk solusi konflik dijalankan dengan menerapkan upaya saling memisahkan diri antara kedua belah pihak yang sedang berselisih atau bersitegang, maupun bertentangan.

Contohnya :

Bisa kita lihat dalam kasus beberapa demonstrasi yang sering terjadi di Indonesia. Maka akan ada pemisahan yang dilaksanakan oleh pihak kepolisian dalam menghemat konflik disana. 

Apalagi kedua kubu yang mengajukan pendapatnya itu bisa saja saling bergesekan yang mengakibatkan adanya konflik yang merugikan.

Nah itulah sekilas penjelasan dan ulasan perihal Pengertian Minority Consent, Kompromi, Integrasi, Segregasi, dan Contohnya. Semoga menambah bacaan sobat sobat ya.

Sumber Referensi :

Buku Pelajaran SMA dan MA kelas XI pada Kelompok Peminatan Ilmu Ilmu Sosial penulis oleh Dwi Mulyono

https://suka-suka.web.id/bentuk-bentuk-fasilitas

  • Bagikan