Pengertian Kriminalitas Berdasarkan Para Ahli, Ini Penjelasannya

  • Bagikan
RajaBackLink.com
Pengertian Kriminalitas Menurut Para Ahli Pengertian Kriminalitas Menurut Para Ahli, Ini Penjelasannya

Sosiologi Info – Kriminalitas telah tidak gila lagi. Lalu apa sih pengertian kriminalitas menurut para jago dalam melihat langkah-langkah kejahatan seseorang tersebut ?

Nah berikut ini ulasan dan penjelasannya, simak terus ya guys.

Tindakan Kriminalitas di Kehidupan Sosial Masyarakat

Permasalahan sosial penduduk tidak akan terlepas dari adanya langkah-langkah kriminalitas. Bahkan tindakan kejahatan ini terjadi di kota, desa.

Dimana ada masyarakat disitu  juga pastinya akan ada langkah-langkah kejahatan atau tindakan kriminalitas. 

Dimana tindakan ini dijalankan oleh sebagian orang, baik secara individu, maupun secara kelompok. Tindakannya sudah melenceng dari nilai dan norma sosial masyarakat. 

Begitu juga tindakan kriminalitas yang sering kita temui pada tindakan cukup umur maupun para cowok. Mulai dari kekerasan, pencurian, pertengkaran, tawuran, bentrok, pemerkosaan, dan lainnya.

Tindakan para cukup umur ini kadang menjadi persoalan yang serius sebab sering terjadi secara berulang-ulang dikerjakan. 

Itulah sekilas citra mengenai tindakan kriminalitas yang masih saja sering terjadi di penduduk . Bahkan itu bisa berulang ulang yang menjadi kebiasaan.

Pengertian Kriminalitas

Memang segala fenomena sosial kemasyarakat tidak bisa lagi kita elakan dalam kehidupan ini. Begitu juga adanya langkah-langkah kriminalitas atau disebut juga tindakan kejahatan. 

Nah, kriminalitas sendiri berasal dari kata crimen yang mempunyai arti kejahatan. Oh iya langkah-langkah kriminalitas ini mampu dijalankan oleh seseorang baik secara sadar maupun tidak sadar. 

Seseorang melakukan langkah-langkah kriminalitas ini alasannya adanya tantangan untuk bertahan hidup serta keperluan ekonomi yang mendesak, dan aneka macam hal lainnya.

Menurut Abdulsyani, kriminalitas merupakan sebuah perbuatan yang mampu menjadikan persoalan masalah dan kerisauan bagi kehidupan di masyarakat. 

Sementara, berdasarkan Soesilo menyampaikan kajahtan memiliki dua macam pengertian. Pertama secara yuridis, kejahatan adalah tingkah laris yang melanggar aturan pidana yang ada. 

Baca Juga  Contoh Kepedulian Sosial Di Lingkungan Masyarakat, Sekolah, Rumah

Kemudian, pengertian secara sosiologis, kejahatan meliputi segala tingkah laris insan, meskipun tidak atau belumnya diputuskan dengan undang-undang.

Tindakan kriminalitasi atau langkah-langkah kejahatan ini lazimnya terjadi sebab adanya ketidakseimbangan lagi.

Serta adanya imbas budaya itu sendiri yang mengakibatkan terjadi pergeseran langkah-langkah perilaku yang dilaksanakan individu/masyarakat.

Kaprikornus terperinci bahwa, tindakan kriminalitas atau krimal ini yakni tindakan yang melanggar aturan yang langkah-langkah kejahatannya sudah diluar norma sosial di penduduk .

Seseorang yang melakukan tindakan kriminalitas disebut dengan kriminal. Nah, orang-orang yang disebut kriminal ini meliputi maling, pencuri, perampok, pembunuh, teroris, dan lainnya.

Ingat tindakan kriminalitas ini mampu dilaksanakan oleh siapa pun tanpa memandang ia siapa. Bisa terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu.

Lalu bagaimana pemahaman para jago dalam menatap kriminalitas yang terjadi pada kehidupan sosial masyarakat ? 

Berikut ini beberapa para mahir yang menawarkan pengeritan tersendirinya wacana kriminalitas atau kejahatan ialah :

1. Menurut R Soesilo

Ia berpandangan bahwa secara yuridis memperlihatkan arti kejahatan sebagai sebuah tindakan atau tingkah laris yang berlawanan dengan undang-undang.

Kemudian, secara sosiologis, beliau memperlihatkan pengertian kejahatan yaitu tindakan atau tingkah laris yang selain merugikan penderita atau korban.

Juga merugikan penduduk , ialah berbentukhilangnya keseimbangan ketentraman dan ketertiban sosial penduduk .

2. Menurut Mr W A Bonger

Dia menjelaskan kejahatan ialah perbuatan yang sangat antisosial, yang menemukan tantangan dengan sadar dari negara, berupa derma penderitaan. 

3. Menurut M A Elliot

Baginya kejahatan yaitu duduk perkara dalam masyarakat terbaru atau tingkah laku yang gagal dan melanggar hukum. 

Pelanggar ini mampu dijatuhi hukuman, mirip hukuman penjara, hukuman mati, dan eksekusi dena, atau yang lain.

4. Menurut Dr J E Sahetapy dan B Mardjono Reksodiputro

Baca Juga  Berikut Yang Ialah Biro Sosialisasi Politik : Ada 5, Ini Jawabannya

Mereka memberika persepsi bahwa kejahatan merupakan setiap perbuatan (tergolong kelalaian) yang tidak boleh oleh hukum publik untuk melindungi masyarakat.

Dan diberi sanksi berbentukpidana oleh negara. Dimana tindakan tersebut dieksekusi, alasannya melanggar norma-norma sosial di dalam masyarakat.

Nah itulah sekilas penjelasan pengertian kriminalitas berdasarkan para jago yang bisa kamu jadikan landasan berpikir untuk mengetahui aneka macam langkah-langkah kriminalitas di penduduk .

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi Kelas 10 SMA/MA

  • Bagikan