Penjelasan Metode Eksperimen : Ini Tujuan Dan Prosedurnya

  • Bagikan
RajaBackLink.com
 Metode percobaan yang memberikan kesempatan kepada siswa dalam melakukan sendiri Penjelasan Metode Eksperimen : Ini Tujuan dan Prosedurnya

Sosiologi Info – Apa sih metode eksperimen ? Metode percobaan yang menunjukkan peluang terhadap siswa dalam melakukan sendiri, mengamati objek, menganlisis serta menerangkan sendiri. 

Itulah salah satu cara pengajaran yang dlakukan kepada siswa. Lalu bagaimana pemahaman, tujuan dan prosedurnya. Yuk simak guys.

Memahami Pengertian Metode Eksperimen

Mengajak siswa untuk terlibat langsung dalam proses eksperimen menjadi penitng dan seru untuk dilakukan. 

Dimana para siswa akan menjajal banyak sekali percobaan yang dijalankan untuk mengamati sebuah objek, menganlisis, dan membuktikan aneka macam kebenaran dari hasil eksperimen. 

Lalu apa sih pengertian dari metode eksperimen ? Metode eksperimen merupakan cara penyajian materi pelajaran di mana siswa melaksanakan percobaan. Dengan mengalami untuk menandakan sendiri sesuatu pertanyaan/hipotesis yang dipelajari. 

Metode eksperimen ini yaitu suatu cara mengajar, dimana siswa melakukan suatu percobaan ihwal sesuatu hal.

Mengamati prosesnya serta menuliskan hasil percobaannya. Kemudian, hasil observasi itu disampaikan ke kelas dan dievaluasi oleh guru.

Dengan diberikannya tata cara eksperimen ini, maka siswa akan mencoba dan mendapatkan sendiri berbagai dilema yang ada, serta menerima jawabannya sendiri. 

Sementara itu, menurut Moh Sholeh Hamid menunjukkan persepsi sistem eksperimen ialah metode bantuan kesempatan kepada siswa.

Baik secara perseorangan atau kelompok, untuk dilatih melaksanakan sebuah proses atau percobaan. 

Dimana dengan adanya tata cara ini siswa diperlukan mampu terlibat dalam merencanakan dan melaksanakan eksperimen.

Menemukan fakta, mengumpulkan data, mengendalikan variabel dan memecahkan aneka macam duduk perkara yang dihadapi secara kasatmata. 

Metode eksperimen suatu bentuk pembelajaran yang melibatkan siswa bekerja dengan benda-benda, materi, dan peralatan laboratorium, baik secara perseorangan ataupun kelompok. 

Disinilah menawarkan potensi terhadap peserta asuh dalam melaksanakan percobaan yang sengaja dirancang, dan tercana. 

Baca Juga  Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik Di Palembang

Tujuannya untuk menandakan banyak sekali kebenaran sebuah teori dengan menempuh atau menggunakan cara terencana, sistematis.

Meliputi proses antisipasi, mengamati, mengecek dan menyimpulkan hasil percobaannya tersebut.

Tujuan Metode Eksperimen

Proses mencar ilmu mengajar yang dikerjakan siswa pasti sudah mengalami dan melaksanakan percobaannya sendiri. 

Cara inilah membuat siswa menjadi aktif serta menunjukkan makna tersendiri bagi siswa tersebut. 

Metode eksperimen bermaksud untuk memajukan kesanggupan berpikir siswa dalam menemukan dan mengetahui konsep maupun teori pelajaran itu sendiri. 

Dimana kesanggupan berpikir siswa ihwal adanya aneka macam pertanyaan seperti apa, kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana terjadi sebuah fenomena baik alam maupun sosial.

Ada beberapa tujuan metode eksperimen berdasarkan Sitiatava Rizema Putra, yakni :

Pertama, siswa mampu mengumpulkan fakta fakta, gosip, atau data data yang diperoleh

Kedua, melatih siswa dalam merancang, mempersiapkan, melaksanakan dan melaporkan percobaan

Ketiga, melatih siswa dalam menggunakan logika berpikir induktif mereka, guna menawan kesimpulan dari fakta, berita atau data yang terkumpul melalui percobaan

Kemudian untuk bagaimana prosedur yang dilakukan dalam tata cara eksperimen, akan dijelaskan dibawah ini ya.

Prosedur Metode Eksperimen

Metode ini memberikan kesempatan untuk siswa lebih inovatif. Pembalajaran dengan sistem eksperimen ini pun, mesti dilakukan dengan mekanisme. 

Berikut ini prosedur yang diperlihatkan oleh guru, perlu mengamati, ialah :

Pertama, perlu dijelaskan terhadap siswa perihal tujuan eksperimen. Ia harus mengerti persoalan-problem yang mau dibuktikan lewat eksperimen

Kedua, siswa perlu mengenali ihwal alat serta materi yang akan digunakan dalam percobaan tersebut

Ketiga, selama proses eksperimen berlangsung, guru mesti mengawasi pekerjaan siswa

Keempat, setelah eksperimen simpulan, maka guru harus mengumpulkan hasil penelitian tersebut, mendiskusikan di kelas, serta mengecek dengan tes atau sekadar tanya jawab.

Baca Juga  10 Judul Skripsi Sosiologi Kuantitatif, Kualitatif, Misalnya Modern

Nah itulah sekilas penjelasan tentang sistem eksperimen yang ialah cara pembelaran oleh siswa semoga lebih kreatif, mampu mengamati langsung serta menunjukan fenomena dengan percobaan.

Sumber Referensi :

http://digilib.uinsby.ac.id

http://eprints.stainkudus.ac.id

  • Bagikan