Sosiologi Ekonomi : Pemahaman, Sejarah, Dan Acuan Kajiannya

  • Bagikan
RajaBackLink.com
 Sudah pernah mengenal pembahasan Sosiologi Ekonomi  Sosiologi Ekonomi : Pengertian, Sejarah, dan Contoh Kajiannya

Sosiologi Info – Sudah pernah mengenal pembahasan Sosiologi Ekonomi ? Kalau belum berikut ini klarifikasi sejarah, pengertian, dan teladan fenomena sosialnya.

Kamu bisa melakukan penerapan kajian atau evaluasi dengan memakai pendekatan Sosiologi Ekonomi. Simak ulasannya.

Pengertian Sosiologi Ekonomi

Sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari penduduk , semua hal yang berkaitan dengan interaksi, sosialisasi, tindakan, perilaku, struktur, lembaga, dan lainnya.

Semuanya yang ada di kaitannya dengan itulah mampu menjadi dan dijadikan sebagai kajian sosial dalam sosiologi.

Seiring dengan pertumbuhan dan perubahan yang terjadi di aneka macam kehidupan sosial penduduk . 

Muncul sub disiplin Sosiologi untuk juga mampu melakukan kajian dengan pendekatan yang lebih khusus, mirip ada Sosiologi Kesehatan, Sosiologi Korupsi, Sosiologi Hukum, dan yang lain.

Begitu juga dalam Sosiologi Ekonomi. Hadir untuk dapat menjawab, memperlihatkan analisa, serta menawarkan penyelesaian terhadap banyak sekali gejala sosial di dalamnya. 

Kegiatan ekonomi tidak cuma bikinan, konsumsi, memasarkan barang/jasa, maupun bertransaksi. Lebih dari pada, dalam persepsi sosiologi.

Pendekatannya terhadap masyarakat akan lebih intens dan berpengaruh dalam menunjukkan pandangan terkini mengenai studi sosiologi ekonomi. 

Begitu juga dalam hal tabiat ekonomi yang ada di dalam masyarakat dalam melakukan proses ekonominya di kehidupan sehari-harinya.

Manusia ialah makhluk sosial yang begitu terikat pada moral-susila yang berlaku dalam penduduk . Termasuk juga adanya watak ekonomi. 

Semua sikap individu, termasuk perilaku ekonomi, harus merujuk terhadap norma norma akhlak yang terdapat pada masyarakat itu sendiri.

Lalu apa pemahaman Sosiologi Ekonomi ? Dikutip dari Laman resmi www.etheses.iainkediri.ac.id, Sosiologi Ekonomi yakni studi perihal bagaimana cara orang, golongan, atau masyarakat.

Memenuhi keperluan hidup mereka kepada jasa dan barang langka, dengan menggunakan pendekatan sosiologi.

Baca Juga  5 Syarat Integrasi Sosial Menurut William F Ogburn, Mayer Nimkoff, Lidle

Sosiologi Ekonomi mampu didefinisikan dalam dua cara adalah :

1. Sosiologi Ekonomi adalah sebagai suatu kajian yang mempelajari kekerabatan antara masyarakat, yang di dalamnya terjadi interaksi sosial dengan ekonomi. 

Dimana dalam hubunganya itu, dapat dilihat bagaimana masyarakat mensugesti ekonomi. Begitu juga sebaliknya, bagaimana mampu ekonomi mensugesti penduduk . 

2. Sosiologi Ekonomi yaitu selaku pendekatan sosiologis yang dipraktekkan pada fenomena ekonomi.

Aspek kehidupan sosial penduduk tidak mampu dilepaskan dari adanya dampak ekonomi. Apapun itu pastinya perlu adanya ekonomi selaku upaya dan cara mempertahankan hidup.

Seseorang sudah seharusnya akan melakukan banyak sekali cara untuk memenuhi kebutuhan ekonominya dalam kehidupan sehari hari. 

Berbagai upaya itu terkadang bisa menjadi gejala atau ancaman terhadap keberlangsungan hidup masyarakat.

Misalnya seperti kebutuhan akan energi yang diambil dari pengeboran, kerikil bara, dan contoh kebutuhan ekonomi lainnya. 

Itu mampu saja menjadikan terjadinya ancaman krisis energi jikalau tidak dikerjakan pembiasaan dalam kebutuhan penduduk . 

Dengan melakukan pengurangan energi fosil yang cepat habis, dan tidak bisa di kerjakan pemulihan atau di daur ulang.

Maka insan perlu mencari alternatif juga untuk peganti energi tersebut, maupun melakukan penghematan energi berkelanjutan. 

Pengaruh acara sosial dalam kaitannya dengan ekonomi juga menjadi penting untuk diikut sertakan dalam pengambilan keputusan tersebut.

Mengenal Sekilas Sejarahnya

Memang pada dasarnya, segala aktivitas ekonomi bertitik tumpu pada tiga bidang aktivitas adalah ada bikinan, distribusi dan konsumsi. 

Tiga bidang aktivitas itu akan melingkupi banyak sekali jenis usaha, contoh organisasi dan aneka transaksi yang dijalankan oleh masyarakat. 

Itulah aktivitas yang dipakai untuk menggambarkan maupun menganalisis kegiatan yang dikaitkan dengan ekonomi. 

Kemudian, dalam sosiologi ekonomi ialah pegabungan dua disiplin ilmu yakni ada sosiologi dan ekonomi. 

Baca Juga  Pengertian Kriminalitas Berdasarkan Para Ahli, Ini Penjelasannya

Keduanya dipakai untuk sebagai menyaksikan banyak sekali persoalan sosial penduduk dan ilmu ekonomi yang mengecek berbagai kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi. 

Sejarah perkembangan sosiologi ekonomi sungguh besar lengan berkuasa adalah pada fatwa merkantilis yang mendominasi eropa sepanjang adad ke 17 dan 18.

Merkantilisme yakni kumpulan besar atau conglomeration pendapat mengenai nilai, usulan kebijakan, dan pernyataan tentang sifat kehidupan dalam ekonomi. 

Dimana keragaman merkantilisme inilah disebabkan oleh orang orang yang mendukungnya adalah seperti para filosof, kepala negara, pembuat undang-undang atau legislator, dan para pebisnis.

Contoh Fenomena Sosialnya

Ada beberapa acuan perkara fenomena sosial yang bisa dilaksanakan penerapan dalam penelitian dengan menggunakan sosiologi ekonomi, yakni : 

1. Studi fenomena sosial mengulas tentang Kemiskinan

2. Studi fenomena sosial mengulas wacana Pengangguran

3. Studi fenomena sosial mengulas ihwal Ketenagakerjaan, ada pekerja, buruh, pebisnis/perusahaan, dan yang lain

4. Studi fenomena sosial mengulas perihal sikap manusia saat berbelanja kebutuhan ekonomi di kala pandemi Covid-19

5. Studi fenomena sosial mengulas ihwal ekspresi dominan meningkatnya toko online atau marketplace yang membuat lebih mudah masyarakat dalam bertransaksi

6. Studi yang juga mampu kamu lakukan menyaksikan bagaimana efek kebijakan ekonomi dari pemerintah kepada masyarakat. 

Nah itulah sekilas penjelasan tentang Sosiologi Ekonomi : Pengertian, Sejarah, dan Contoh Kajiannya. Semoga bermanfaat ya. 

Sumber Referensi : 

Modul 1 Perkembangan Sosiologi Ekonomi oleh Drs Pheni Chalid, S.F., M.A., Ph.D

www.etheses.iainkediri.ac.id

  • Bagikan