Teori Evolusi Sosial Herbert Spencer, Ada 10 Fakta Mengagetkan

  • Bagikan
RajaBackLink.com
Inilah Bapak Sosiologi dan Teorinya

Pemikiran Auguste Comte : Tiga Tingkatan Intelegensi Manusia Disaat Pandemi Corona

Selanjutnya, pada tahap teoritis evolusi menganggap penduduk sebagai pertumbuhan dari bentuk yang sederhana menjadi bentuk yang lebih kompleks. 

Mereka percaya bahwa masyarakat yang berada pada tahap pengembangan yang lebih maju, akan lebih progresif dan pada masyarakat yang lain. 

Teori evolusi condong bersifat etno sentries sebab mereka menilai penduduk terbaru lebih hebat dari pada masyarakat sebelumnya.

Evolusi berjalan lewat aneka macam dan beberapa siklus. Namun, tidak ada proses umum yang mempengaruhi seluruh penduduk secara sama. 

Beberapa masyarakat mampu mendukung evolusi, semetara lainnya, mungkin terjerat oleh konflik internal atau kekurangan-kekurangan lainnya. 

Itulah yang menghalangi proses dari evolusi sosial atau bahkan akan memperburuknya. Herbert Spencer terpesona dengan teori evolusionernya Darwin. 

Dimana dia melihat adanya persamaan dengan evolusi sosial. Perubahan masyarakat adalah melalui serangkaian tahap yang berawal dari tahap kalangan suku yang homogeny.

Dan sederhana ke tahap masyarakat modern yang lebih kompleks. Spencer menyampaikan konsep yang terkuatlah yang akan menang terhadap penduduk .

Ia berpandangan bahwa orang-orang yang capap dan bergairah akan memenangkan perjuangan hidup. Sementara orang yang malas dan lemah akan tersisih. 

Pandangan ini kemudian dikenal dengan Darwinisme Social, pandangan ini banyak di anut oleh kalangan orang kaya. 

Evolusi sosial ialah serangkaian pergeseran sosial dalam masyarakat yang berjalan dalam waktu usang.

Yang berawal dari golongan suku atau masyarakat yang masih sederhana dan homogen. Kemudian secara sedikit demi sedikit menjadi kalangan suku. Atau penduduk yang lebih maju, kesannya menjadi penduduk terbaru yang lebih kompleks. 

Ini 10 Fakta Penjelasan Herbert Spencer Tentang Teori Evolusi Sosial

Baca Juga  Contoh Soal CPNS - Tes Penalaran Analitis – SOAL CPNS INFOASN.ID

Dadang Supardan menerangkan dalam buku yang berjudul Principles of Sociology Herbert Spencer mengemukan Teori Evolusi Sosial sebagai berikut : 

1. Masyarakat ialah suatu organisme, berevolusi berdasarkan kemajuan manusia mirip badan yang hidup. 

Masyarakat bermula seperti basil yang beradal dari massa yang dalam, segala hal dapat daripada massa itu dan sebagian diantaranya hasilnya dapat didekati. 

2. Perumbuhan masyarakat tidak sekadar menyebabkan perbanyak dan penyatuan kelompok. Tetapi, juga memajukan kepadatan masyarakatatau meningkatnya solidaritas, bahkan massa yang lebih bersahabat lagi.

3. Suku primitif meningkat melalui peningkatan jumlah anggotanya. Perkembangan itu mencapai suatu titik dimana sebuah suku terpisah menjadi beberapa suku. 

Dimana yang secara bertahap timbul beberapa perbedaan satu sama yang lain. Perkembangan ini mampu terjadi.

Seperti pengulangan maupun terbentuk dalam proses yang lebih luas dalam penyatuan beberapa suku. 

Penyatuan itu terjadi tanpa melenyapkan pembagian yang sebelumnya disebabkan oleh pemisahan.

4. Suku nomaden mempunyai ikatan alasannya adalah dipersatukan oleh ketundukan kepada pemimpin suku. 

Ikatan ini mengikat hingga meraih penduduk yang beradab yang cukup untuk diintegrasikan bareng selama 1000 tahun lebih.

5. Dalam tahapan penduduk yang belum beradab itu bersifat homogen sebab mereka terdiri dari kumpulan.

Manusia yang mempunyai kewenangan, kekuasaan, dan fungsi yang relatif sama terkecuali dilema jenis kelamin.

6. Kepemimpinan timbul selaku konsekuensi hadirnya keluarga yang sifatnya tidak tetap atau nomaden. 
7. Jenis kelamin pria, diidentikan dengan simbol simbol yang menuntut kekuatan fisik seperti keprajuritan, pemburu, nelayan, dan sejenisnya.
8. Peningkatan kapasitas pun menandai proses kemajuan masyarakat. Organisasi sosial yang awalnya masih samar-samar. 
Pertumbuhannya mulai mantap pelan-pelan. Kemudian budpekerti menjadi hukum, hukum menjadi semkain khusus dan institusi sosial semakin terpisah berlainan-beda. 
Kaprikornus, dalam aneka macam hal menyanggupi formula evolusi. Dimana adanya perkembangan menuju ukuran, ikatan, keanekaragaman bentuk dan kepastian yang kian besar. 
9. Wewenang dan kekuasaan seseorang ditentukan oleh kekuatan fisik dan kebijaksanaan seseorang. 
Selanjutnya, kewenangan dan kekuasan tersebut memiliki sifat yang diwariskan dalam keluarga tertentu.
10. Perkembangan ditandai oleh adanya pemisahan bagian religius dan sekuler. Begitupun metode pemerintahan bertambah kompleks. 
Diferensiasi pun timbul dalam organisasi sosial, termasuk tumbuhnya kelas kelas sosial dalam masyarakat ditandai oleh suatu pembagian kerja. 
Lebih lanjut, Spencer memperlihatkan klarifikasi bahwa penduduk yaitu organisme yang bangun sendiri dan berevolusi sendiri lepas dari kemauan dan tanggung jawab anggotnya, dan dibawah kuasa sebuah aturan.
Nah itulah beberapa penjelasan mengenai teori evolusi mulai dari pemahaman, dan beberapa fakta yang dipaparkan oleh Herbert Spencer.
Sumber Referensi :

http://ikadbudi.uny.ac.id/gosip/herbert-spencer-dan-evolusi-budaya
http://digilib.uinsby.ac.id/
https://ejournal.undip.ac.id/
  • Bagikan