Cara Mendapatkan kode registrasi Pusdatin Kemdikbud 2022

  • Bagikan
Cara Mendapatkan kode registrasi Pusdatin Kemdikbud 2022
Cara Mendapatkan kode registrasi Pusdatin Kemdikbud 2022
RajaBackLink.com

Cara Mendapatkan kode registrasi Pusdatin Kemdikbud mulai banyak dicari ketika registrasi LTMPT sekolah dibuka per 4 Januari 2021.

Pada laman registrasi LTMPT untuk sekolah disaat kita akan mendaftar maka dibutuhkan Nomor Pokok Sekolah Nasional ( NPSN ) serta kode registrasi Pusdatin Kemdikbud atau sering disebut Kode registrasi DAPODIK. Tanpa adanya kedua kode tersebut tentunya kalian tidak akan bisa registrasi seoklah pada LTMPT.

Selain digunakan untuk registrasi LTMPT, fungsi kode registrasi Pusdatin Kemdikbud juga sangatlah penting karena kode tersebut digunakan di Dapodik dan aplikasi lainnya.

Pada dasarnya kode registrasi tersebut telah diberikan ketika sekolah telah mendaftar pada Dinas Pendidikan dan di saat registrasi Dapodik.

Meski demikian, ada kalanya kita lupa menyimpan kode registrasi sekolah tersebut dan bingung bagaimana cara mendapatkannya, untuk itu pada artikel ini kami akan membahas mengenai cara mendapatkan kode registrasi Pusdatin Kemdikbud.

Untuk diketahui, kode registrasi tersebut sangatlah rahasia sehingga tidak semua orang dapat melihat dan mengetahui kode registrasi tersebut. Hanya pemilik sekola, dan operator yang telah di setujui yang dapat melihat kode registrasi sekolah tersebut.

Cara Mendapatkan kode registrasi Pusdatin Kemdikbud

Untuk melihat kode registrasi Pusdatin Kemdikbud silahkan ikuti langkah berikut ini:

Langkah pertama

Kunjungi situs https://sdm.data.kemdikbud.go.id/

langkah melihat kode registrasi Pusdatin Kemdikbud
Gambar scrrenshoot sdm.data.kemdikbud.go.id

Langkah Kedua

Klik Login pada pojok kanan atas pada laman utama situs sdm.datakemdikbud.go.id dilanjutkan memasukkan email yang telah terdaftar di dapodik dan gunakan password yang sama dengan login dapodik kemudian klik tombol Login.

Baca Juga  Solusi Lupa Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud ( Dapodik ) 100% Berhasil
login ke sd.data.kemdikbud.go.id untuk mendapatkan kode registrasi Pusdatin Kemdikbud
gambar scrrenshoot sdm.data.kemdikbud.go.id

Langkah Ketiga

Setelah berhasil login maka kalian akan diarahkan ke halaman utama situs sdm.datadik.kemdikbud.go.id lagi, namun kali ini ada perbedaan dimana pada pojok kanan atas tidak lagi bertuliskan login melainkan email dari akun kalian.

Silahkan kalian klik akun yang terdapat di pojok kanan atas kemudian pilih menu profil seperti gambar dibawah ini

klik akun kemudian pilih profil untuk melihat kode registrasi Pusdatin Kemdikbud
Gambar screenshoot sdm.data.kemdikbud.go.id

Langkah Keempat

Setelah kalian klik profil seperti langkah ketiga diatas maka kalian akan diarahkan ke laman profil dimana pada laman tersebut terdapat banyak sekali informasi penting terkait data sekolah kalian.

Untuk melihat kode registrasi Pusdatin Kemdikbud silahkan kalian klik tombol KODE REGISTRASI yang ada pada laman tersebut maka kalian akan secara otomatis kalian diarahkan ke laman rincian kode registrasi sekolah kalian.

Itulah tadi cara melihat kode registrasi Pusdatin Kemdikbud yang dapat kalian lakukan. Meski terlihat mudah, ada beberapa permasalahan yang terkadang dihadapi oleh operator sekolah ketika hendak melihat kode registrasi tersebut diantaranya munculnya notifikasi The specified URL cannot be found.

Untuk mengatasinya ada beberapa langkah yang dapat kalian lakukan

Cara Mengatasi Lupa kode registrasi Pusdatin Kemdikbud

Apabila kalian lupa kode registrasi tersebut ataupun muncul notifikasi The specified URL cannot be found kalian bisa mengikuti langkah berikut ini :

mengatasi masalah kode registrasi Pusdatin Kemdikbud The specified URL cannot be found.

Cara pertama

  1. Kunjungi https://sdm.data.kemdikbud.go.id/
  2. Klik Tombol Lupa Password yang terletak pada menu atas laman sdm data kemdikbud
  3. Cek email terdaftar
  4. Ikuti Instruksi selanjutnya

Apabila cara pertama gagal atau tidak ada email masuk dan tidak ada instruksi yang diberikan, kalian bisa mengikuti cara kedua dibawah ini.

  1. Kunjungi https://sdm.data.kemdikbud.go.id/
  2. Pilih menu Registrasi Anggota
  3. Pilih menu Operator Sekolah
  4. Lengkapi data yang diminta
  5. Upload SK dari kepala Sekolah
  6. Klik Tombol Registrasi
Baca Juga  Cara Update Dapodik Versi 2022.c

Setelah melakukan registrasi kalian harus menunggu hingga admin memeriksa biodata dan memverifikasinya. Untuk melihat status registrasi kalian bisa klik menu Status Pendaftaran.

Sudah mengikuti kedua langkah diatas namun masih juga terkendala masalah kode registrasi maka langkah terakhir yang bisa kalian lakukan adalah berkomunikasi dengan Operator Kabupaten atau Operator Dinas ataupun kalian bisa mengunjungi Dinas Pendidikan dan meminta solusi serta pengecekkan kode registrasi sekolah kalian.

Setelah kalian mengetahui kode registrasi Pusdatin Kemdikbud 2022, pastikan kalian menyimpan kode tersebut dan mengingatnya karena sangat pentingnya kode registrasi tersebut.

Kesimpulan

Untuk melihat kode registrasi Pusdatin Kemdikbud 2022 kalian cukup mengunjungi situs sdm data kemdikbud dan lakukan login kemudian pada profil silahkan klik kode registrasi maka kalian akan mendapatkan kode registrasi tersebut.

Ketika kalian mengalami kendala silahkan ikuti langkah yang telah kami berikan.

  • Bagikan