Solusi Lupa Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud ( Dapodik ) 100% Berhasil

  • Bagikan
Solusi Lupa Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud ( Dapodik ) 100% Berhasil
Solusi Lupa Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud ( Dapodik ) 100% Berhasil
RajaBackLink.com

Solusi Lupa Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud ( dapodik ) 100% berhasil.

Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud atau lebih dikenal dengan kode registrasi Dapodik sangatlah penting karena menjadi bukti jika sekolah taupun lembaga kalian telah terdaftar dan juga menjadi persyaratan registrasi akun sekolah di

Kode registrasi sekolah sangatlah penting karena kode itu merupakan bukti jika sekolah atau lembaga yang kalian miliki terdaftar.

Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud juga diperlukan untuk mendaftarkan sekolah di akun Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT ).

Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud juga diperlukan untuk registrasi akun sekolah di ltmpt
Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud juga diperlukan untuk registrasi akun sekolah di ltmpt ( gambar screenshoot portal.ltmpt.ac.id )

Seperti gambar diatas ketika kalian melakukan registrasi akun sekolah di LTMPT kalian akan diminta untuk memasukkan kode registrasi pusdatin kemdikbud.

Tentunya anda semua pastinya sudah menyimpan kode registrasi tersebut pastinya. Namun gimana jika kita lupa kode registrasi dapodik tersebut ?

Untuk itu pada artikel ini kami akan membahasnya lengkap dengan gambar.

Solusi Lupa Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud ( Dapodik )

Untuk diketahui, kode yang ada pada Dapodik sendiri ada dua dimana yang pertama kode dengan kombinasi huruf dan angka ( Contoh Q7G1E3O83 ) yang digunakan ketika kita melakukan pertukaran akses pengguna pada dapodik dan ada kode registrasi yang terdiri dari angka saja ( contoh 28948969762715 ) yang merupakan kode registrasi pusdatin kemdikbud atau kode registrasi dapodik.

Baca Juga  Cara Update Dapodik Versi 2022.c

Untuk solusi ketika lupa kode-kode tersebut sebenarnya sangatlah mudah adapun langkah untuk mengetahuinya seperti berikut :

Syarat Melihat Kode Registrasi pusdatin kemdikbud atau dapodik

Sebelum kita memulai langkahnya ada syarat yang harus kalian penuhi terlebih dahulu yaitu aplikasi dapodik sudah terinstall pada perangkat komputer ataupun laptop yang anda gunakan. Jika kalian bukan operator sekolah maka informasikan langkah ini kepada operator yang bertanggung jawab menangani Dapodik kalian.

Langkah Melihat Kode Registrasi pusdatin kemdikbud atau dapodik

1. Buka Drive C Pada Perangkat Komputer Atau Laptop kalian

Lupa Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud ( Dapodik )

Yang pertama kali harus kalian lakukan adalah membuka drive C perangkat komputer ataupun laptop yang kalian gunakan, selanjutnya

2. Buka Folder Program Files (x86)

Dalam Drive C tersebut ada banyak sekali folder, yang harus kalian lakukan adalah membuka filder dengan nama Program Files (x86).

3. Buka Folder Dapodik

Didalam folder Program Files (x86) juga ada banyak sekali folder-folder penting. yang harus kalian lakukan adalah membuka folder bernama Dapodik

4. Buka Folder Webserver

Setelah kalian membuka folder dapodik, kalian harus membuka folder Webserver yang ada didalam dapodik seperti gambar diatas.

5. Buka Folder Logs

Silahkan kalian buka folder bernama Logs ( pastikan folder logs seperti gambar diatas )

6. Buka Access.log

Dalam folder logs kalian akan menemukan beberapa file yang berekstensi log. Silahkan kalian buka file bernama access.log dengan notepad. Untuk langkahnya sendiri sangatlah mudah klik kanan pada file tersebut kemudian pilih menu open with dan pilih notepad.

7. Buka Menu Find Pada Notepad

Setelah file access.log berhasil dibuka denan notepad langkah selanjunya adalah klik menu edit kemudian pilih Find seperti gambar diatas.

Baca Juga  Informasi Kuota Belajar Kemdikbud Ristek Lengkap 2021

8. Cari Kode Registrasi

Setelah kalian klik FInd maka akan muncul kolom pencarian. pada kolm Find What silahkan kalian masukkan kode_registrasi kemudian klik find next.

Setalh kalian find next kalian akan mendapatkan informasi kode registrasi dapodik hingga akun email serta passwordnya.

Kalian sendiri akan menemukan dua kode registrasi pada file tersebut seperti gambar dibawah ini

Setelah mendapatkan kedua kode tersebut silahkan kalian catat dan simpan atau seluruh isi file bisa kalian copy paste ke dokumen lainnya yang mudah untuk diingat.

Selain itu pastikan kalian tidak merubah sedikitpun isi file access .log agar tidak terjadi kendala ataupun error pada aplikasi dapodik yang kalian miliki.

Itulah tadi solusi Lupa Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud ( Dapodik ) yang bisa kalian lakukan.

Kesimpulan

Untuk melihat Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud ( Dapodik ) cukup dari komputer atau laptop yang kalian miliki dengan syarat sudah terinstall aplikasi dapodik.

Dilarang mengubah isi dalam file access.log agar aplikasi dapodik anda berjalan dengan normal tanpa adanya error sedikitpun.

  • Bagikan