Metaverse University , Sejarah, Kelebihan dan Kekurangannya

  • Bagikan
sejarah, kelebihan dan kekurangan metaverse dalam dunia bisnis dan pendidikan
sejarah, kelebihan dan kekurangan metaverse dalam dunia bisnis dan pendidikan
RajaBackLink.com

Metaverse belakangan menjadi ramai dibicarakan terlebih disaat Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaannya menjadi Meta Platforms Inc., atau disingkat Meta pada Kamis (28/10/2021). Tapi apakah kalian sudah mengetahui sejarah, kelebihan dan kekurangan dari metaverse yang lagi booming ini ? untuk itu pada artikel ini kami akan membahasnya.

Apa Itu Metaverse ?

Mengutip The Verge, Metaverse adalah realitas digital yang menggabungkan aspek media sosial, game, augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan cryptocurrency yang memungkinkan pengguna berinteraksi secara virtual.

Sejarah Metaverse

Istilah Metaverse pertama kali oleh Neal Stephenson dalam nover ber-genre cyberpunk “ Snow Crash” yang diterbitkan pada ahun 1992. Dalam Snow Crash Metaverse sendiri merupakan dunia virtual yang dapat dikunjungi menggunakan perangkat VR.

Sejak saat itu, ada banyak sekali perusahaan tertarik untuk mengembangkan metaverse.

Perusahaan Yang Mulai Berfokus Menerapkan Metaverse

Facebook

Seperti kita ketahui jika Facebook merubah namanya menjadi Meta, dengan berubahnya nama tersebut Facebook telah siap menjadi inisiator Metaverse. Dikabarkan Facebook juga telah memperkenalkan versi awalnya yakni Horizon World. Facebook juga telah menyiapkan berbagai teknologi yang dapat menunjang Metaverse seperti VR Messaging, Project Cambria, dan Horizon Marketplace.

Google

Dengan mengembankan produk Google Glass, Google pun tengah bersiap memulai Metaverse.

Microsoft

Microsoft memulai langkahnya dalam Metaverse dengan memperkenalkan Mesh for Teams yang dapat digunakan presentasi, rapat dan mengobrol melalui avatar tanpa harus bertemu secara langsung.

Bahkan salah satu game milik Epic Games sudah mengusung tema Metaverse yaitu Fortnite yang kini memiliki 350 juta pemain yang terdaftar. Epic Games mengembangkan konten VR, AR dan 3D agar lebih mudah diakses.

Baca Juga  Tujuh Teknologi Baru dalam Kehidupan Sehari-hari

Epic Games

Epic Games merupakan salah satu perusahaan game yang bersiap untuk membangun Metaverse. Epic Games telah mengumumkan kepada publik bahwa akan mendanai sebesar 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 14,3 triliun untuk membangun Metaverse.

Perkembangan teknologi tentunya akan membawa dapak positif dan negatif bagi para penggunanya, metaverse sendiri memiliki kelebihan dan kekurangannya yaitu :

Kelebihan Metaverse

Perkembangan teknologi ini membawa dampak yang baik untuk bisnis dan pendidikan diantaranya :

Menciptakan Peluang Usaha Baru, metaverse memiliki kelebihan membuka peluang pemasaran baru, pengguna yang diwakili oleh avatar dapat berbelanja, bersosialisasi, mengambil bagian dalam kegiatan rekreasi, dan belajar.

Mencipakan Ruang kantor Virtual, Selama pandemi Covid-19, kita sudah terbiasa menggunakan Zoom, Skype, Microsoft Teams, dan lainnya untuk berkomunikasi secara virtual. Tapi, manfaat metaverse dapat membawa kita ke tingkat selanjutnya dengan menyediakan ruang kantor virtual kepada pengguna yang akan membuatnya terasa seakan semua orang berada di ruangan yang sama.

Tak hanya di bidang bisnis, Metaverse juga memiliki manfaat di Dunia Pendidikan. Saat ini yang paling banyak mengembankan teknologi ini adalah universitas atau biasa disebut Metaverse University karena Metaverse sendiri  menjanjikan pengalaman online gabungan, Mahasiswa bisa menggunakan avatar untuk berpindah antar ruang – seperti dari ruang kuliah ke laboratorium sains.

Seperti halnya Metaverse Muhammadiyah. Mereka dapat meningkatkan kuliah atau memungkinkan mahasiswa jarak jauh untuk mengunjungi kampus secara virtual. Simulasi realitas virtual membantu mahasiswa dalam keterampilan praktik kedokteran atau arsitektur yang sulit untuk dilatih dalam kehidupan nyata.

Kekurangan Metaverse

Selain memiliki kelebihan, Metaverse sendiri memiliki beberapa kekurangan diantaranya dapat menimbulkan kecanduan dan lupa waktu seperti halnya bermain game dimana metaverse merupakan dunia virtual sehingga bisa membuat penggunanya lupa akan tugas dikehidupan nyata.

Baca Juga  Bulan Depan, Instagram Hapus Aplikasi Threads

Kekurangan lainnya teknologi ini dapat memisahkan manusia dari dunia nyata yang akan menimbulkan menurunnya interaksi sosial di kehidupan nyata.

  • Bagikan