HUT Ke-18 Kabupaten Kepahiang, Bersiap Untuk Lebih Baik Lagi

  • Bagikan
Pidato Bupati Kepahiang Memperingati HUT Kabupaten Kepahiang ke-18 tahun 2022
Pidato Bupati Kepahiang Memperingati HUT Kabupaten Kepahiang ke-18 tahun 2022
RajaBackLink.com

Kepahiang — Hari ini, 7 Januari 2022, Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu Genap Berusia 18 Tahun semenjak diresmikan menjadi Kabupaten Pada 7 Januari 2004 silam berdasarkan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Lebong dan Kabupaten Kepahiang di Propinsi Bengkulu.

Pemekaran Kepahiang menjadi Kabupaten memberikan pengaruh yang signifikan dalam penyelenggaraan serta urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Mengutip laman Kepahiangkab.go.id, hingga berita ini diterbitkan, Kabupaten Kepahiang memiliki 8 Kecamatan, 12 Kelurahan, dan 105 Desa.

Meski telah berusia 18 tahun, namun Kabupaten Kepahiang daat dikategorikan masih muda untuk sebuah Kabupaten. Pada HUT ke-18 ini menjadi momentum yang tepat bagi Pemerintahan Daerah seta masyarakat Kabupaten Kepahiang untuk melakukan evaluasi terhadap capaian serta hasil penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan serta kemasyarakatan yang selama ini telah dilakukan sekaligus menjadi evaluasi terkait kekurangan atau kegagalan yang terjadi sehingga dapat menjadi acuan untuk perbaikan di masa yang akan datang.

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan hari jadi ke-18 Kabupaten kepahiang pada tahun ini tidak banyak kegiatan yang dilaksanakan mengingat Indonesia masih dalam proses pemulihan serta pencegahan terhadap virus Covid-19. Hanya ada dua agenda saja pada peringatan HUT ke-18 Kabupaten Kepahiang yang dilaksanakan.

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-18 Kabupaten Kepahiang

rangkaian sidang paripurna istimewa hut ke-18 kabupaten kepahiang
rangkaian sidang paripurna istimewa hut ke-18 kabupaten kepahiang ( foto dok RKOnline )

Pada rapat Paripurna Istimewa Hari Ulang Tahun Kabupaten Kepahiang, Ketua DPRD Kabupaten Kepahiang, Windra Purnawan, SP mengingatkan jika DPRD merupakan salah satu wadah untuk memperkokoh tali silaturahmi ASN, masyarakat maupun pihak-pihak lain.

Windra juga menambahkan, usia 18 tahun merupakan usia beranjak dewasa. Karena itu ke depan, semua pihak harus menjaga silaturahmi dan memperkokoh kesatuan untuk bersama membangun Kabupaten Kepahiang.

“Usia 18 tahun merupakan usia berenjak dewasa. Dengan kedewasaan yang dimiliki, kita harus bersatu untuk membangun Kabupaten Kepahiang. Kami yakin ke depan Kepahiang bisa Maju, Mandiri, Sejahtera (MMS) dan berdaya saing,” kata Windra.

Baca Juga  Perbaikan Jalan di Kota Metropolis Dikebut, Jadi Percontohan Nasional – cakrawalarafflesia

Windra juga menekankan jika membangun daerah merupakan tanggung jawab bersama. Karena pembangunan harus dilaksanakan dari semua sektor, bukan hanya infrastruktur. HUT Kabupaten Kepahiang ini juga menurutnya menjadi momentum bersama untuk intropeksi, evaluasi untuk melanjutkan pembangunan ke depan. Kepada Pemkab Kepahiang dalam hal ini bupati dan jajaran, termasuk DPRD sendiri harus bersatu, sejalan dalam menjalankan program-program yang sudah direncanakan.

“Izinkan saya berpantun. Naik sepeda ke pekan Sabtu, singgah sebentar di Pulau Papan. Ayo kita bersatu, bangun Kepahiang untuk masa depan,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattulah Sjahid, MM, IPU menyampaikan dengan usia yang sudah beranjak dewasa ini, harus ada intropeksi dan evaluasi berkaitan pencapaian dan apa saja yang belum tercapai dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Kepahiang.

“Ke depan, perlu dukungan semua pihak. Sama-sama berbenah menuju perbaikan. Kita juga patut bersyukur karena sudah usia daerah kita sudah memasuki usia ke 18 tahun. Semoga usaha-usaha kita ke depan bisa tercapai untuk Kabupaten Kepahiang yang lebih maju dan sejahtera,” kata Bupati.

Bupati juga mengakui jika masih ada beberapa pembangunan infrastruktur yang belum dapat terselesaikan. Hal tersebut disebabkan karena keterbatasan anggaran, termasuk rencana program dan kegiatan lainnya yang telah direncanakan tapi tidak dapat direalisasikan sepenuhnya. Meski demikian, beberapa ruas jalan masih dapat diselesaikan, antara lain jalan Desa Talang Sawah, jalan Desa Embung Ijuk dan jalan Desa Renah Kurung – Desa Warung Pojok. Disamping itu ada puluhan prestasi yang diraih atas pencapaian pembangunan yang telah dilakukan.

Dilanjutkan Dayat, infrastruktur menjadi salah satu yang belum terselesaikan. Masih banyak jalan antar desa yang belum terkoneksi antara satu dan yang lainnya. Namun dirinya memastikan kalau semua itu terjadi, karena anggaran terbatas.

Baca Juga  Seluruh ASN Kabupaten Kepahiang Wajib Vaksin Booster

“Sementara sektor lain saya rasa sudah berjalan. Seperti bidang pertanian, pendidikan dan kesehatan. Semuannya akan kita perbaiki tapi menyesuaikan kondisi anggaran yang ada,” Tutupnya.

Prestasi Yang Telah di Dapat Kabupaten Kepahiang Sepanjang 2021

1. Penghargaan dari Menteri Keuangan RI atas Keberhasilan Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2020 dengan Capaian Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK RI.

2. Penilaian Kinerja PTSP dan Percepatan Pelayanan Berusaha SANGAT BAIK Tahun 2021 dari Menteri Investasi/Kepala BKPM RI.

3. Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik (Zona Hijau) Tahun 2021 dari OMBUDSMAN RI.
4. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) atas Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Tahun 2021 dengan Mutu Pelayanan

Sangat Baik dari Universitas Bengkulu. 5. Penyelenggara Restocking Terbaik di Provinsi Bengkulu

Tahun 2021 dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Jambi.

6. Keberhasilan Dalam Pembinaan kepada Pelaku Usaha Perikanan sehingga Layak Menerima Bantuan Mobil Pendingin Roda 4 (Empat) Tahun 2021 dari Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

7. Penghargaan Kabupaten Terbanyak Mendapat Sertifikasi Produk Pangan Segar se-Provinsi Bengkulu Tahun 2021.

8. Peringkat I (Satu) Kinerja Terbaik Pengelolaan Anggaran Tugas Pembantuan Tahun 2021 dari Direktur Jenderal Holtikultura, Kementerian Pertanian RI.

9. Perpustakaan Terbaik Nasional di Provinsi Bengkulu Tahun 2021 Dalam Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dari Kepala Perpustakaan Nasional RI.

10. Perpustakaan Desa Terbaik 3 (tiga) Tingkat Provinsi Bengkulu.

11. Juara 3 (tiga) Lomba Bercerita/Bertutur SD/MI Tingkat Provinsi Bengkulu.
12. 12. Pembangunan TPA Berstandar Nasional di Provinsi Bengkulu melalui dana APBN yang dibangun oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bengkulu, Kementerian PUPR RI.

13. Pembangunan TPS 3R Cugung Lalang di Provinsi Bengkulu oleh Balai Permukiman Wilayah Bengkulu, Kementerian PUPR RI.

Baca Juga  Top... Dinas ini Terbaik Dalam Pelayanan – cakrawalarafflesia

14. SMPN 1 Ujan Mas Juara I se-Provinsi Bengkulu meraih Adiwiyata Tingkat Provinsi dan Terpilih untuk Ikut Seleksi Adiwiyata Tingkat Nasional.

15. Penghargaan UPP Kepahiang atas Kinerja Tim Satgas

Saber Pungli Terbaik I (Kesatu) Tahun 2021 dari

Gubernur Bengkulu.

16. Penghargaan Tim Satgas COVID-19 Kabupaten Kepahiang sebagai Penegak Hukum Terbaik dalam Penanganan COVID-19 se-Provinsi Bengkulu Tahun 2021 dari Gubernur Bengkulu.

17. Penganugerahan Paramakarya Produktivitas Tahun 2021 kepada IKM BATIK DIWO ADELLA Kepahiang dengan Kualifikasi Pemimpin Baru dari Menteri Ketenagakerjaan RI.

18. Peringkat I (Pertama) Penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Terbaik Tingkat Provinsi
19. engkulu Tahun 2021 dari Kepala BPKP Provinsi Bengkulu.

19. Kabupaten Terbaik Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Bengkulu dan masuk 5 (lima) Besar Terbaik Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Nasional Tahun 2021 (Posyantek Desa Taba Air Pauh) Kecamatan Tebat Karai dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

20. Penghargaan APE (Anugerah Parahita Ekapraya) dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak RI.

21. Peringkat 2 (Kedua) Penghargaan Pembangunan Daerah

(PPD) Tingkat Provinsi Bengkulu dari Gubernur Bengkulu.

22. Peringkat 3 (Ketiga) Indeks Inovasi Daerah se-Provinsi Bengkulu Tahun 2021 dari Menteri Dalam Negeri RI.

Sidang Dewan Yang Terhormat dan Undangan Yang Berbahagia,

Sumber Radarkepahiang, Semarakpost

  • Bagikan