WordPress 5.8.3 Sudah Dirilis

  • Bagikan
RajaBackLink.com

Bagi kalian yang memiliki website dengan basis Content Management System (CMS) WordPress, sudah dapat melakukan update ke versi 5.8.3.

Pada versi 5.8.3 ini ada banyak sekali fitur-fitur baru serta perbaikan masalah-masalah yang ada pada versi sebelumnya dan juga memperbaiki maslah keamanan.

Versi 5.8.3 mengatasi sejumlah isu keamanan. Untuk informasi lebih lanjut, lihatlah catatan rilis.

adapun fitur-fitur baru pada versi 8.5.3 seperti berikut :

Tiga Powerhouse Esensial

fitur baru wordpress 5.8.3

Kelola Widget dengan Blok

Setelah berbulan-bulan kerja keras, kekuatan blok akhirnya datang ke Editor Widget Blok dan Customizer. Sekarang Anda dapat menambahkan blok di area widget di seluruh situs Anda dan dengan pratinjau langsung melalui Customizer. Ini membuka kemungkinan baru untuk membuat konten: dari tata letak mini tanpa kode hingga perpustakaan besar blok inti dan pihak ketiga. Untuk pengembang kami, Anda dapat menemukan detail selengkapnya di Catatan pengembang widget.

Tampilkan Artikel dengan Blok dan Pola Baru

Blok Query Loop memungkinkan untuk menampilkan posting berdasarkan parameter yang ditentukan; seperti loop PHP tanpa kode. Menampilkan postingan dari kategori tertentu dengan mudah, untuk melakukan hal-hal seperti membuat portofolio atau halaman yang penuh dengan resep favorit Anda. Anggap saja sebagai Blok Postingan Terbaru yang lebih kompleks dan kuat! Plus, saran pola membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk membuat daftar posting dengan desain yang Anda inginkan.

Baca Juga  Apple Buat Aplikasi yang Mudahkan Pengguna Android Pindah ke iOS

Edit Templat di Sekitar Artikel

Anda dapat menggunakan editor blok yang sudah dikenal untuk mengedit template yang menyimpan konten Anda—cukup aktifkan tema blok atau tema yang telah memilih fitur ini. Beralih dari mengedit posting Anda ke mengedit halaman Anda dan kembali lagi, semuanya menggunakan editor blok yang sudah dikenal. Ada lebih dari 20 blok baru yang tersedia dalam tema yang kompatibel. Baca selengkapnya tentang fitur ini dan cara bereksperimen dengannya di catatan rilis.

Tiga Pembantu Alur Kerja

Ikhtisar Struktur Halaman

Terkadang Anda membutuhkan halaman arahan yang sederhana, tetapi terkadang Anda membutuhkan sesuatu yang sedikit lebih kuat. Saat blok meningkat, pola muncul, dan pembuatan konten menjadi lebih mudah, solusi baru diperlukan untuk membuat konten yang kompleks mudah dinavigasi. Tampilan Daftar adalah cara terbaik untuk melompat di antara lapisan konten dan blok bersarang. Karena Tampilan Daftar memberi Anda gambaran umum tentang semua blok di konten Anda, kini Anda dapat menavigasi dengan cepat ke blok tepat yang Anda butuhkan. Siap untuk fokus sepenuhnya pada konten Anda? Aktifkan atau nonaktifkan agar sesuai dengan alur kerja Anda.

Pola yang Disarankan untuk Blok

Mulai rilis ini, alat Transformasi Pola akan menyarankan pola blok berdasarkan blok yang Anda gunakan. Saat ini, Anda dapat mencobanya di Blok Kueri dan Blok Ikon Sosial. Saat lebih banyak pola ditambahkan, Anda akan bisa mendapatkan inspirasi tentang cara menata situs Anda tanpa harus meninggalkan editor!

Gaya dan Warnai Gambar

Warnai gambar Anda dan tutupi blok dengan filter duotone! Duotone dapat menambahkan semburat warna ke desain Anda dan menata gambar Anda (atau video di blok sampul) agar terintegrasi dengan baik dengan tema Anda. Anda dapat menganggap efek duotone sebagai filter hitam dan putih, tetapi alih-alih bayangan menjadi hitam dan sorotan menjadi putih, Anda memilih warna Anda sendiri untuk bayangan dan sorotan. Ada lebih banyak untuk dipelajari tentang cara kerjanya di dokumentasi.

Baca Juga  Cara Mengatasi Layar Laptop Window 10 Yang Berubah Menjadi Warna Pink

Untuk Digali Developer

Theme.json

Memperkenalkan Global Styles dan Global Settings API: mengontrol pengaturan editor, alat penyesuaian yang tersedia, dan blok gaya menggunakan file theme.json di tema aktif. File konfigurasi ini mengaktifkan atau menonaktifkan fitur dan menetapkan gaya default untuk situs web dan blok. Jika Anda membuat tema, Anda dapat bereksperimen dengan iterasi awal dari fitur baru yang berguna ini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang saat ini tersedia dan cara kerjanya, lihat catatan pengembang ini.

Menghentikan dukungan untuk Internet Explorer 11

Dukungan untuk Internet Explorer 11 telah dihentikan sejak rilis ini. Ini berarti Anda mungkin memiliki masalah dalam mengelola situs Anda yang tidak akan diperbaiki di masa mendatang. Jika saat ini Anda menggunakan IE11, sangat disarankan agar Anda beralih ke browser yang lebih modern.

Menambahkan dukungan untuk WebP

WebP adalah format gambar modern yang memberikan peningkatan kompresi lossless dan lossy untuk gambar di web. Gambar WebP rata-rata sekitar 30% lebih kecil daripada yang setara dengan JPEG atau PNG, menghasilkan situs yang lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit bandwidth.

Menambahkan Dukungan Blok Tambahan

Memperluas dukungan blok yang diterapkan sebelumnya di WordPress 5.6 dan 5.7, WordPress 5.8 memperkenalkan beberapa tanda dukungan blok baru dan opsi baru untuk menyesuaikan blok terdaftar Anda. Informasi lebih lanjut tersedia di dukungan blok catatan developer.

  • Bagikan