Cara Membuat QR Code Check In PeduliLindungi di Sekolah

  • Bagikan
RajaBackLink.com

Sekolah dapat membuat QR Code sendiri untuk check in aplikasi PeduliLindungi di wilayahnya. Berikut 2 cara membuat QR Code check in PeduliLindungi di sekolah.

Langkah-langkah untuk membuat QR Code PeduliLindungi cukup mudah, karena pihak sekolah hanya perlu mengakses situs resmi milik pemerintah.

PeduliLindungi merupakan aplikasi pengawasan dan pelacakan untuk menanggulangi pandemi Covid-19 di Indonesia. Aplikasi ini juga menyertakan informasi vaksin serta tes Covid-19.

Setelah digunakan dalam waktu yang cukup lama, aplikasi PeduliLindungi terus mengalami pembaruan dan penambahan fungsi. Salah satu fungsi utama dari aplikasi ini adalah syarat untuk memasuki sebuah lokasi atau tempat yang ramai.

Saat memasuki ruang publik, pengguna akan diminta untuk melakukan check in pada aplikasi PeduliLindungi di gawai miliknya dengan men-scan QR Code yang tersedia di lokasi, dan atau memperlihatkan informasi vaksin yang telah diterima.

Sejumlah ruang publik yang belum memiliki QR Code dapat mengajukan pembuatan QR Code agar dapat terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, sekaligus membantu pemerintah dalam pengawasan dan pelacakan Covid-19.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membeberkan cara sebuah instansi perkantoran, mal, sekolah, atau otoritas ruang publik lain yang ingin mengajukan QR Code PeduliLindungi sebagai syarat agar masyarakat dapat memasuki area suatu lembaga atau tempat.

Berikut cara pertama untuk membuat QR code PeduliLindungi untuk keperluan sekolah:

1. Pendaftar mengajukan surat permohonan ke alamat surel pusdatin@kemkes.go.id.

2. Pendaftar kemudian akan menerima formulir yang perlu diisi. Isi dan kirim kembali formulir tersebut.

3. Pendaftar menerima surel balasan berisi username dan password untuk melakukan aktivasi.

4. Setelah melakukan aktivasi, pendaftaran akan dinyatakan selesai setelah pendaftar melakukan konfirmasi yang dikirim lewat surel. Untuk template surat dapat dicek di akun Instagram resmi Kemkominfo.

Baca Juga  Token Listrik Gagal ? Ini 5 Langkah Mengatasinya

Selain cara tersebut, ada pula cara lain yang dapat dilakukan untuk membuat QR Code PeduliLindungi sekolah, yakni melalui situs resmi milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Berikut cara membuat barcode PeduliLindungi milik Kemenkes RI:

1. Registrasi akun

Sebelum membuat QR code, otoritas lembaga sekolah bisa melakukan registrasi via https://cmsreg.dto.kemkes.go.id.

Lewat situs tersebut pemerintah secara resmi akan memberikan QR untuk lokasi yang diinginkan.

Kemudian lakukan pembuatan password untuk aktivasi akun, dan tunggu sampai akun diverifikasi.

2. Login akun dan download

Langkah selanjutnya pendaftar dapat melakukan login akun pada situs https://cms.pedulilindungi.id .

Di halaman ini pendaftar akan diminta untuk memasukkan detail informasi dari tempat atau lokasi yang hendak dibuatkan QR code.

3. Download dan cetak poster barcode

Jika telah selesai, pendaftar dapat mengunduh dan mencetak poster QR code PeduliLindungi untuk di sekolah, untuk kemudian dapat discan oleh siswa dan guru sebelum memulai kegiatan belajar mengajar.

Melansir CNNIndonesia.com

  • Bagikan