Mengatasi Error The Parameter Is Incorrect di Windows

  • Bagikan
Mengatasi Error The Parameter Is Incorrect di Windows
Mengatasi Error The Parameter Is Incorrect di Windows
RajaBackLink.com

Jika Anda mencoba menyalin file di Windows, Anda mungkin menemukan kesalahan aneh yang berbunyi “The Parameter Is Incorrect” Berikut cara Mengatasinya.

Saat Anda mencoba menyalin file besar ke hard drive eksternal atau penyimpanan USB, “cannot copy file, the parameter is incorrect error” dapat terjadi. 

Kesalahan ini biasanya terjadi jika Anda telah memformat drive tujuan sebagai sistem file FAT32. Namun, ada alasan lain mengapa Anda mengalami kesalahan yang membingungkan ini.

Dalam panduan ini, kami telah mencantumkan beberapa metode untuk membantu Anda memperbaiki kesalahan “The Parameter Is Incorrect” saat menyalin file ke drive eksternal.

Apa Penyebab The Parameter Is Incorrect Saat Menyalin File di Windows

Saat Anda mencoba menyalin file yang lebih besar dari 4GB, Windows mungkin menampilkan kesalahan aneh ini. Jika Anda menyelidiki lebih lanjut, Anda mungkin menemukan bahwa drive tujuan Anda diformat sebagai FAT32 dan menyebabkan semua masalah.

Format FAT32 mengalami batas file 4GB untuk file individual. Akibatnya, ketika Anda mencoba untuk memindahkan file besar, Anda mungkin menemukan parameter yang salah atau kesalahan terkenal “file terlalu besar untuk sistem file tujuan”.

Alasan lain untuk kesalahan ini termasuk kerusakan hard drive, kesalahan disk, infeksi malware, dan masalah perangkat keras. Untungnya, Anda dapat memperbaiki kesalahan ini dengan memformat ulang cepat atau memeriksa pemindaian utilitas disk.

Baca Juga  Mengatasi Error "File Is Too Large for the Destination File System" di Windows

Konversi Drive Anda Dari FAT32 ke NTFS

Cara mudah untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan mengonversi drive tujuan Anda dari FAT32 ke NTFS. Dengan cara ini, Anda dapat mengubah sistem file tanpa menghapus data di drive Anda.

Untuk mengonversi sistem file drive tujuan ke NTFS:

  • Tekan tombol Windows + E untuk membuka File Explorer. Kemudian, klik pada This PC untuk melihat semua perangkat dan drive.
  • Temukan drive USB atau drive eksternal Anda dan catat huruf drive yang ditetapkan untuk drive tujuan Anda.
  • Selanjutnya, tekan tombol Windows dan ketik cmd. Kemudian, klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run as administrator.
  • Di jendela Command Prompt, ketik perintah berikut:
  • Pada perintah di atas, ganti I: dengan huruf drive tujuan yang dicatat pada langkah pertama.
  • Tekan Enter dan tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai, tutup Command Prompt dan coba pindahkan file lagi untuk melihat apakah kesalahan telah teratasi.

Format Ulang Drive Tujuan Sebagai NTFS

Solusi cepat lainnya untuk memperbaiki parameter kesalahan yang salah adalah memformat ulang drive tujuan Anda sebagai NTFS. OS Windows dilengkapi dengan utilitas format bawaan untuk melakukan format cepat. Ikuti langkah-langkah ini untuk memformat ulang drive:

Perhatikan bahwa proses format ulang akan menghapus semua data di drive Anda. Jadi, buat cadangan data Anda sebelum melanjutkan dengan langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka File Explorer (dengan tombol Windows + E) dan klik pada This PC.
  • Selanjutnya, klik kanan pada drive tujuan Anda dan pilih Format.
  • Di Format window, klik drop-down untuk File System dan pilih NTFS. Biarkan yang lainnya sebagai default.
  • Klik tombol Start dan kemudian klik OK untuk mengonfirmasi tindakan. Setelah format selesai, Anda dapat memindahkan file besar tanpa kesalahan.
Baca Juga  5 Pilihan Aplikasi Untuk Kirim File

Pindai Kesalahan Drive Dengan Chkdsk

Jika memformat ulang atau mengonversi drive tujuan ke format NTFS tidak membantu, cari kesalahan disk dengan Chkdsk. Ini adalah utilitas Windows untuk memeriksa integritas sistem file dan korupsi file.

Perhatikan bahwa Chkdsk dapat menghapus beberapa data selama upaya perbaikan. Jadi, buat cadangan semua file Anda di drive sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Tekan tombol Windows, ketik cmd, dan klik Run as Administrator di bawah Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, ketik perintah berikut:
  • Pada perintah di atas, ganti I: dengan huruf drive yang terkait dengan drive eksternal Anda.
  • Kemudian, tekan Enter untuk menjalankan perintah. Chkdsk akan memindai disk untuk kesalahan dan memperbaiki masalah apa pun dengan integritas file. Tergantung pada ukuran drive Anda, mungkin perlu beberapa saat untuk menyelesaikan pemindaian. Jadi, tunggu hingga proses selesai untuk melihat apakah alat telah memperbaiki masalah apa pun.
  • Setelah selesai, restart PC Anda dan periksa apakah kesalahan menyalin file telah teratasi.

Atau, Anda juga dapat menjalankan utilitas Chkdsk dari properti drive eksternal. Berikut adalah cara melakukannya:

  • Buka File Explorer dan klik kanan pada drive eksternal Anda.
  • Selanjutnya, pilih Properties.
  • Di jendela Properties, buka tab Tools.
  • Kemudian, klik Check button di bagian Error checking.
  • Untuk memulai pemindaian, klik Scan and repair drive.

Windows akan memindai drive dan memperbaiki masalah apa pun. Jika tidak ada kesalahan yang ditemukan, klik Tutup.

Perbarui Driver Drive Eksternal Anda

Driver perangkat yang hilang atau kedaluwarsa dapat menyebabkan hard drive Anda tidak berfungsi. Dengan drive eksternal, masalah driver kurang umum.

Namun, jika Chkdsk gagal mendeteksi masalah dengan drive Anda, cari dan instal pembaruan driver yang tertunda untuk melihat apakah itu membantu.

Baca Juga  Gini Cara Mengubah Warna Folder di Windows 11

Untuk memperbarui driver drive eksternal Anda:

  • Tekan tombol Windows + R untuk membuka dialog Run.
  • Ketik devmgmt.msc dan klik OK untuk membuka Device Manager. Atau, tekan tombol Win + X untuk membuka menu WinX dan klik Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas bagian Disk drives.
  • Klik kanan pada drive eksternal Anda dan pilih Update driver.
  • Kemudian, pilih Search automatically for drivers. Windows akan memindai driver baru dan menginstalnya jika tersedia.

Terakhir, restart PC Anda dan periksa apakah ada perbaikan.

Cari Kegagalan Perangkat Keras

Putuskan sambungan dan sambungkan drive eksternal Anda ke port USB lain yang tersedia di PC Anda. Jika masalah berlanjut, periksa kegagalan hard drive. Seringkali, sering macet, kinerja berkurang, kesalahan sistem, dan kerusakan data adalah gejala dari drive yang akan rusak.

Jika Anda menentukan kesalahan karena kegagalan perangkat keras, pertimbangkan untuk mengganti drive untuk menghindari kerusakan data lengkap.

Mengatasi Kesalahan The Parameter Is Incorrect Saat Menyalin File di Windows

Banyak drive eksternal masih menggunakan FAT32 sebagai format sistem file default. Namun, karena keterbatasan yang terkait dengan format, kemungkinan besar Anda akan mengalami kesalahan saat menyalin file besar. 

  • Bagikan