Stok Terbatas, Kabupaten Kepahiang Belum Laksanakan Vaksin Booster

  • Bagikan
Rincian Vaksin Booster Sementara
Rincian Vaksin Booster Sementara
RajaBackLink.com

KepahiangPemerintah telah memulai vaksinasi dosis 3 atau vaksin booster kepada masyarakat per 12 Januari 2022 lalu. Masyarakat dapat langsung mengunjungi pos-pos atau lokasi vaksinasi terdekat.

Untuk diketahui, vaksin booster ini ditujukan untuk usia 18 tahun keatas dan telah menerima vaksin dosis kedua minimal 6 bulan.

Bagi Masyarakat Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu yang ingin melakukan vaksin booster masih harus bersabar menanti jadwal pelaksanaan vaksin booster tersebut.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kepahiang belum dapat memastikan kapan vaksinasi dosi 3 atau booster ini akan dilaksanakan dikarenakan stok vaksin yang menipis.

Disamping itu Dinkes Kepahiang juga masih berfokus pada pelaksaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun serta dewasa hingga target 100% terpenuhi.

Kepala Dinkes Kepahiang, Tajri Fauzan, SKM, M.Si melalui Kabid P2P, Wisnu Irawan, S.Kep, MM mengatakan pihaknya belum menentukan jumlah total target vaksin booster di Kabupaten Kepahiang, lantaran sekarang stok vaksin yang sangat tipis atau sedikit. “Pelaksanaan dan total targetnya belum kami tentukan, karena stok vaksin sangat tipis. Sementara kami dituntut untuk mengejar target 100 persen vaksin anak dan 100 persen vaksin orang dewasa,” kata Wisnu.

Sesuai dengan instruksi Kementerian Kesehatan RI, untuk vaksin booster akan disuntikan kepada masyarakat Kepahiang yang sudah mendapatkan vaksin dosis I dan II. Serta jarak vaksin antara dosis II tersebut sudah selama 6 bulan, itulah nantinya yang akan menjadi sasaran pihaknya untuk menyuntikan vaksin booster. “Kalau sudah vaksin lengkap dan berjarak 6 bulan dari vaksin dosis II, maka akan masuk dalam sasaran vaksin booster,” lanjutnya.

Untuk sekarang pihaknya akan fokus target 100 persen vaksin anak dan vaksin orang dewasa. Selanjutnya, barulah akan melakukan vaksinasi booster terhadap masyarakat Kepahiang.

Baca Juga  Korban Pemerasan Oknum Ngaku Wartawan Kemungkinan Bisa Bertambah

“Untuk ketentuannya kami mengikuti instruksi Kementerian Kesehatan RI. Ketika masyarakat vaksin lengkap Sinovac, maka vaksin boosternya setengah dosis vaksin Pfizer. Sementara untuk warga Kepahiang yang vaksin lengkap AstraZeneca, maka vaksin boosternya setengah dosis vaksin Moderna,” TutupWisnu.

  • Bagikan